_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/02/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/pengertian-atmosfer-struktur-lapisan-atmosfer/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/10-jembatan-terpanjang-di-indonesia/10-jembatan-terpanjang-di-indonesia-17/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/1084/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

10 Binatang Terpintar di Dunia

10 Binatang Terpintar di Dunia

10 Binatang Terpintar di Dunia – Berdasarkan hasil penelitian dari unep.org (United Nations Environment Programme) yang dipublikasikan pada tahun 2011, dikatakan bahwa dunia memiliki 8,7 spesis dan diantaranya terdapat sekitar 7,77 juta Spesies adalah binatang. UNEP adalah suatu program Lingkungan yang dibawah naungan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Dari kesekian banyak Spesies atau jenis binatang di dunia ini, terdapat 10 Jenis Binatang yang dikatakan merupakan Binatang Terpintar di Dunia menurut para ahli.

Daftar 10 Binatang Terpintar di Dunia

Berikut ini adalah daftar 10 Binatang Terpintar di Dunia dan juga keterangan dimana letak kepintaran Binatang tersebut.

1. Simpanse (Chimpanzees)

Simpanse merupakan keluarga Hominidae yang menurut para ahli adalah binatang terpintar di muka bumi ini. Keluarga Hominidae lainnya seperti Gorilla, Bonobo (kera besar) dan Orangutan. Simpanse mampu membuat peralatan yang kemudian menggunakannya untuk berburu makanan. Mereka menggunakan Strategi dan bekerjasama dalam berburu makanan yang diinginkan, memiliki status sosial dan tingkatan serta mampu mempengaruhi satu sama lainnya. Mereka juga mampu menipu dan belajar menggunakan Simbol. Simpanse bahkan mampu mengerti aspek bahasa manusia termasuk sintaks relasi, konsep angka dan urutan numerik serta mampu membuat perencanaan spontan untuk kejadian ataupun keadaan di masa depan.

 

2. Gajah (Elephant)

Gajah adalah Binatang darat terbesar di bumi ini, beratnya bisa mencapai 7000kg (7 ton) dengan ketinggian sekitar 4 meter. Gajah dikatakan pintar karena dapat mengenali dirinya di Cermin sehingga mengindikasikan kesadaran diri dan kognisi. Gajah mampu menggunakan peralatan meskipun tidak sehebat Simpanse. Kemampuan Gajah dalam mepergunakan peralatan biasanya digunakan oleh para pelatih Gajah di Kebun Binatang untuk atraksi menggambar. Gajah juga dianggap memiliki daya ingat yang sangat baik terutama dalam mengingat rute dan jarak tempuh perjalanan mereka.

 

3. Lumba-lumba (Dolphin)

Lumba-lumba adalah binatang mamalia laut yang terkenal dengan kecerdasannya. Lumba-lumba mempunyai kelebihan dalam berkomunikasi serta mampu berinteraksi dengan manusia. Beberapa kemampuan Lumba-lumba yang diterapkan dalam Teknologi manusia diantaranya seperti sistem pengiriman sinyal suara di dalam air untuk mencari jalan, mendeteksi mangsa dan peringatan bahaya. Sinyal suara yang dikirimkan tersebut jika mengenai suatu benda akan dipantulkan kembali sebagai gema. Sinyal suara ini disebut oleh Sonar oleh para ahli. Kemampuan Lumba-lumba inilah yang kemudian dikembangkan menjadi Radar Kapal Selam. Kecerdasan mereka ini juga sering digunakan oleh Kebun Binatang untuk melakukan atraksi-atraksi yang menarik perhatian pengunjung.

 

4. Burung Kakatua (Parrot)

Burung Kakatua adalah keluarga Burung yang pada umumnya terdapat di wilayah tropis dan hangat. Burung Kakatua memiliki kemampuan yang dapat meniru perkataan manusia, bahkan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan tentunya kemampuan ini diperlukan pelatihan terlebih dahulu. Kecerdasan Burung Kakatua ini sering digunakan oleh Kebun Binatang dalam menghibur pengunjungnya.

 

5. Domba (Sheep)

Domba atau disebut juga Biri-biri adalah salah satu binatang yang sering dipelihara oleh manusia untuk mendapatkan bulu, susu dan dagingnya. Domba memiliki kemampuan dalam mengenali wajah manusia dan mengingatnya selama beberapa tahun.

 

6. Tikus (Rat)

Tikus merupakan salah satu binatang yang cerdik dan pintar sehingga sering digunakan oleh para peneliti dalam menguji coba berbagai penelitiannya dalam laboratorium. Menurut para ahli, Tikus memiliki Psikologi yang hampir mirip dengan manusia. Tikus memiliki perasaaan sedih, gembira dan stress seperti manusia.

 

7. Anjing (Dog)

Anjing merupakan salah satu binatang cerdas yang selalu berada di sekitar manusia. Banyak orang yang suka memeliharanya. Anjing pada umumnya dipelihara manusia sebagai penjaga rumah, hal ini dikarenakan kemampuan anjing dalam mengenali Tuannya sehingga saat ada orang yang tidak dikenalnya mendekati, anjing akan mengonggong mengusirnya. Selain itu, Anjing memiliki naluri yang patuh dan penciuman yang tajam, jika dilatih dengan baik akan dapat membantu manusia dalam berbagai hal. Anjing sering dilatih dan digunakan sebagai pelacak dalam mencari korban saat terjadinya bencana alam serta dapat menjadi penuntun bagi Tuna Netra.  Salah satu Jenis Anjing yang paling cerdas menurut para ahli adalah Anjing Border Collie.

 

8. Gurita (Octopus)

Oktopus adalah binatang laut yang memiliki 8 lengan dengan bulatan-bulatan cekung penghisapnya. Gurita mempunyai daya ingat baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam Laboratorium, Gurita mempelajari dan mengamati bagiamana cara orang membuka tutup botol sehingga saat botol diberikan kepadanya, Gurita berhasil membuka Tutup Botol tersebut.

 

9. Burung Gagak (Crow)

Burung Gagak merupakan salah satu keluarga unggas yang memiliki kecerdasan dalam memecahkan masalah dengan mempergunakan sumber daya yang ada disekitarnya. Burung Gagak dapat membuat sendiri peralatan yang dapat membantu dalam kehidupannya. Burung Gagak bahkan mampu menggunakan Roti sebagai umpan untuk memancing ikan.

 

10. Burung Merpati (Pigeon)

Burung Merpati merupakan salah satu burung yang terpintar. Burung Merpati mampu mengingat jalan pulang setelah terbang jauh. Kemampuan Burung Merpati tersebut dipakai oleh orang zaman dulu sebagai pengirim surat. Burung Merpati mampu mengingat gambar atau foto yang berbeda dalam jumlah yang banyak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*