_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/06/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/tari-tarian-tradisional-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/tari-tarian-tradisional-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/tari-tarian-tradisional-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

10 Hewan Terbesar di Dunia

10 Hewan Terbesar di Dunia – Dunia ini terdiri jutaan spesis yang dikategorikan sebagai binatang atau hewan.  Hewan-hewan tersebut ada yang bentuk ukurannya sangat kecil, adapula yang sangat besar bahkan beberapa kali lipat jika dibandingkan dengan ukuran tubuh manusia.

Besarnya seekor hewan dapat diukur dari kepanjangan, ketinggian ataupun ukuran beratnya. Jika dilihat dari berat dan panjangnya, maka Hewan Terbesar di Dunia ini adalah Paus Biru (Blue Whale). Berat Paus Biru mencapai 180 Ton sedangkan Hewan terbesar yang hidup di darat adalah Gajah dengan berat hingga 6,3 ton.

Daftar 10 Hewan Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah daftar 10 Hewan Terbesar di Dunia beserta berat dan panjangnya.

Paus Biru (Blue Whale)

Paus Biru (Blue Whale)

Paus Biru merupakan Hewan yang terbesar di Dunia ini, berat Paus Biru ini dapat mencapai 180 Ton dan panjang badannya hingga 30 meter.  Paus biru merupakan hewan mamalia laut yang hidup di samudra Antartika, samudra Pasifik, samudra Hindia dan samudra Atlantik.

Gajah Afrika (African Elephant)

Gajah Afrika (African Elephant)

Gajah Afrika adalah Hewan darat terbesar di dunia dengan berat 6,350kg, panjangnya Gajah Afrika 10,6 meter. Berdasarkan data dari World Wildlife Foundation, total populasi Gajah Afrika ini hanya sekitar 700.000 ekor pada tahun 2014.

Beruang Cokelat (Brown Bear)

Beruang Cokelat (Brown Bear)

Beruang Coklat adalah Hewan Karnivora terbesar di Dunia, Beruang Coklat ini dapat ditemukan di Amerika Utara dan bagian Utara Eropa-Asia. Berat Beruang Coklat dapat mencapai 1Ton dengan ketinggiannya hingga 3 meter.

Buaya Muara (Saltwater Crocodile)

Buaya Muara (Saltwater Crocodile)

Buaya Muara adalah jenis Buaya terbesar di dunia. Disebut dengan Buaya Muara karena ini hidup di sungai-sungai yang dekat dengan laut (muara). Dalam bahasa Inggris, Buaya Muara ini disebut dengan Saltwater Crocodile, sedangkan panggilan lainnya dalam bahasa Indonesia adalah Buaya Laut ataupun Buaya Air Asin. Berat Buaya Muara ini mencapai hingga 1.360kg dengan panjang tubuh dapat mencapai 6,3 meter. Buaya Muara dapat ditemukan di Asia Tenggara, Asia Selatan dan Australia. Buaya Muara merupakan hewan jenis reptile terbesar di bumi ini.

Jerapah (Giraffe)

Jerapah (Giraffe)

Jerapah merupakan hewan yang memiliki leher yang sangat panjang, ketinggian Jerapah dapat mencapai 5,8 meter dengan berat hingga 2.000kg. Ketinggian Jerapah ini menjadikannya sebagai Hewan tertinggi yang hidup di darat. Jerapah dapat ditemukan di benua Afrika.

Burung Unta (Ostrich)

Burung Unta

Burung Unta merupakan burung terbesar di muka bumi ini, ketinggian burung unta mencapai 2,7 meter dengan berat sekitar 156kg. Meskipun digolongkan sebagai Burung, Burung Unta pada dasarnya tidak dapat terbang di angkasa. Burung Unta hanya dapat lari di daratan dengan kecepatan yang sangat tinggi yaitu sekitar 70 km per jam.

Salamander Raksasa Tiongkok (Chinese Giant Salamander)

Salamander Raksasa Tiongkok (China Giant Salamander)

Salamander adalah hewan Amfibi  yang mirip dengan Kadal. Salamander memiliki tubuh yang ramping, hidung pendek dan ekor yang panjang. Salamander Raksasa Tiongkok ini memiliki kepanjangan  1,83 meter dan beratnya 64kg. Salamander Raksasa Tiongkok ini merupakan Hewan yang dilindungi karena populasinya berkurang dengan cepat. Salamander Raksasa Tiongkok ini hanya dapat ditemukan di daratan Tiongkok dan Taiwan dan merupakan Hewan jenis Amfibi yang terbesar di dunia ini.

Hiu Paus (Whale Shark)

Paus Hiu (Whale Shark)

Hiu Paus merupakan Ikan pemakan plankton yang memiliki panjang 13,6 meter dengan berat sekitar 22 ton.

Cumi-cumi Kolosal (Colossal squid)

Cumi-cumi Kolosal (Colossal Squid)

Cumi-cumi Kolosal adalah jenis cumi-cumi terbesar di bumi ini. Panjang Cumi-cumi kolosal dapat mencapai 14 meter dengan berat sekitar 494kg. Cumi-cumi Kolosal ini hanya ditemukan di perairan Benua Antartika.

Gajah Laut (Elephent Seal)

Gajah Laut (Elephant Seal)

Gajah Laut sebenarnya termasuk hewan jenis Karnivora yang masih dalam keluarga Anjing Laut. Dengan kata lain, Gajah Laut merupakan Anjing Laut yang berukuran sangat besar. Ukuran berat seekor Gajah Laut jantan dapat mencapai 4 ton.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*