_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/04/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-mesir-egypt/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-mesir-egypt/profil-negara-mesir-egypt-2/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

10 Hewan Tercepat di Dunia

10 Hewan Tercepat di dunia

10 Hewan Tercepat di Dunia – Berdasarkan penelitian para ilmuwan, maksimal kecepatan manusia berlari adalah 40mil/jam atau sekitar 64km/jam. Namun kecepatan tersebut sebenarnya tertinggal jauh dari kecepatan beberapa jenis hewan yang tergolong di dalam Hewan Tercepat dibawah ini.

Daftar 10 Hewan Tercepat di Dunia ini meliputi Hewan yang bergerak dengan Sayap (Terbang), bergerak dengan Kaki (Lari dan Lompat) dan juga yang bergerak dengan Sirip (Berenang). Di Bumi yang kita huni ini, Hewan yang dapat bergerak dengan kecepatan tertinggi atau tercepat adalah Hewan yang bergerak dengan sayapnya yaitu Burung Peregrine Falcon yang mampu terbang dengan kecepatan 389km/jam. Di darat, Hewan yang bergerak dengan kaki tercepat adalah Cheetah yang Kecepatan larinya mencapai  120km/jam. Sedangkan Hewan yang bergerak dengan sirip tercepat adalah Ikan Black Marlin dengan kecepat berenang hingga 130km/jam.

Daftar 10 Hewan Tercepat di Dunia

Berikut dibawah ini adalah daftar lengkap 10 Hewan Tercepat di Dunia :

1. Peregrine Falcon

Burung Peregrine Falcon merupakan hewan tercepat di planet ini, Peregrine Falcon dapat terbang dengan kecepatan tertinggi hingga 389km/jam. Burung yang disebut sebagai Alap-alap Kawah ini merupakan burung pemburu yang paling menakutkan karena memiliki kemampuan menukik dengan kecepatan yang sangat tinggi dan penglihatan yang tajam sehingga mangsanya tidak diberikan kesempatan untuk melakukan persiapan untuk melarikan diri.

2. Spine tailed Swift (Burung Kepinis Jarum)

Spine Tailed Swift atau disebut juga Needle-tailed swift (dalam bahasa Indonesia disebut dengan Burung Kepinis Jarum) adalah Hewan Tercepat kedua di dunia. Kecepatan terbang Burung Kepinis Jarum adalah 169km/jam dan merupakan burung pemakan serangga yang habitatnya di Hutan.

3. Frigate Bird

Nomor urut ketiga dalam daftar 10 Hewan tercepat di Dunia ini masih ditempati oleh Hewan yang bergerak cepat dengan sayap yaitu Burung Frigatebird. Frigate Bird mampu terbang dengan kecepatan tertingginya hingga 153km/jam. Frigate Bird umumnya hidup di Samudera yang berada di garis Khatulistiwa.

4. Black Marlin

Black Marlin adalah Ikan Tercepat di Dunia ini, kecepatannya mencapai 130km/jam. Ikan Black Marlin juga merupakan Ikan Terbesar dengan ukuran 4,65 meter dan berat 750kg. Ikan Black Marlin biasanya hidup di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik.

5. Cheetah

Cheetah adalah Hewan darat Tercepat di Dunia, kecepatan larinya dapat mencapai kecepatan hingga 120km/jam dengan akselerasi 0 -100km/jam dalam waktu 3,5 detik. Cheetah merupakan hewan pemburu yang pada umumnya hidup di wilayah Benua Afrika dan Asia Selatan serta Timur Tengah.

6. Sailfish (Ikan Layaran)

Seperti namanya, bentuk Ikan Sailfish memiliki sirip punggung tegak yang mirip dengan layar kapal sehingga dalam bahasa Indonesia  disebut dengan Ikan Layaran. Sirip punggung tersebut hanya terbuka lebar sangat merasa terancam atau sedang bersemangat. Ikan Sailfish yang dapat berenang dengan kecepatan yang tinggi hingga 110km/jam ini terdiri dari dua sepsis yaitu Sailfish Atlantik dan Sailfish Indo-Pasifik.

7. Swordfish (Todak)

Swordfish atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Todak adalah Ikan laut yang rahang atas dan moncongnya memanjang berbentuk seperti pedang pipih dan kuat. Moncongnya yang panjang ini dipergunakan untuk memukul dan melukai mangsanya sehingga mudah ditangkap. Panjang moncongnya ini berukuran hampir sepertiga panjang badan Ikan Todak (Swordfish). Todak yang berbobot 650kg ini dapat berenang dengan kecepatan tinggi hingga 97km/Jam.

8. Pronghorn Antelope (Kijang Pronghorn)

Pronghorn Antelope menduduki posisi kedua hewan darat tercepat di dunia setelah Cheetah, Pronghorn Antelope merupakan sejenis Kijang yang hidup di benua Amerika Utaran bagian Tengah dan Barat. Hewan Mamalia ini mampu berlari dengan kecepatan tinggi hingga 88,5km/jam.

9. Wildebeest

Wildebeest adalah Hewan Mamalia pemakan Tumbuh-tumbuhan, namun Wildebeest sering menjadi mangsa hewan pemburu seperti Cheetah, Singa ataupun anjing liar. Untuk tidak menjadi makanan hewan-hewan buas tersebut, Wildebeest harus berlari cepat. Oleh karena itu Wildebeest yang hidup di Afrika bagian selatan ini menjadi salah satu hewan darat yang dapat berlari dengan kecepatan tinggi. Kecepatan Lari Wildebeest mencapai 80,5km/jam.

10. Singa

Singa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan LION ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, Singa yang sering dijuluki Raja dari segala Pemburu ini mampu berlari dengan kecepatan tinggi hingga mencapai 80km/jam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*