_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/03/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-buah-nenas-manfaat-buah-nenas-bagi-kesehatan/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/?attachment_id=3005","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

10 Kota dengan Tingkat Polusi Udara Tertinggi di Dunia

10 Kota dengan Tingkat Polusi Udara Tertinggi di Dunia – Semua kita mengetahui bahwa udara merupakan sumber kehidupan bagi makhluk-makhluk hidup di dunia ini termasuk manusia, namun jika kita tidak menjaganya dengan baik, maka udara yang tercemar akan sangat membahayakan kesehatan kita sendiri. 

Salah satu indikator untuk mengukur Pencemaran atau Polusi Udara adalah dengan mengukur kadar PM 2,5 yang terkandung dalam udara. PM adalah singkatan dari Particle Matter yaitu Partikel-partikel halus yang terdapat dalam udara sedangkan 2,5 merupakan ukuran dari partikel tersebut yaitu 2,5 mikron (2,5µm). Jadi pada dasarnya PM2,5 adalah partikel-partikel halus yang terkandung dalam udara atau lebih tepatnya adalah Polutan halus yang berbentuk partikel dalam udara dengan ukuran dibawah 2,5 mikron.

Partikel yang berukuran kurang dari 2,5 mikron ini sangat membahayakan kesehatan manusia karena dapat menimbulkan iritasi pada mata, mengganggu sistem pernapasan manusia dan bahkan dapat masuk ke aliran darah. Selain menimbulkan masalah kesehatan, kandungan PM2,5 dalam udara dengan jumlah yang banyak juga akan menimbulkan kabut sehingga mengganggu jarak pandang kita yang akhirnya juga akan mengganggu kegiatan-kegiatan kita sehari-hari.

PM2,5 umumnya berasal dari asap kendaraan bermotor, asap pemrosesan logam dan juga asap kebakaran hutan.10 Kota dengan tingkat polusi udara tertinggi di Dunia

Menurut Agensi Perlindungan Lingkungan (Environmental Protection Agency) Amerika Serikat, PM2,5 akan mengganggu kesehatan jika melebihi 35,3µg/m3/hari.  Sedangkan WHO sebagai Badan Organisasi Internasional yang menangani permasalahan kesehatan menetapkan standar kualitas udara PM2,5µg/m3/hari atau 10µg/m3/tahun. Namun pada kenyataannya banyak daerah atau negara yang tidak memenuhi standar tersebut.

Berdasarkan hasil pantauan WHO terhadap 1600 kota di 91 Negara, Kota yang tingkat pencemarannya paling parah adalah Ibukota India yaitu New Delhi. Kadar PM2,5 yang terdapat di udara kota New Delhi adalah 153µg/m3. Berada di urutan nomor dua adalah Kota Patna yang juga merupakan wilayah India dengan kandungan PM2,5 dalam udara sebanyak 149µg/m3. Kota dengan tingkat pencemaran tertinggi ketiga di dunia juga merupakan Kota dari India yaitu Kota Gwalior dengan jumlah PM2,5 sebanyak 144µg/m3.

Menurut data dari WHO tersebut, kandungan PM2,5 dalam udara DKI Jakarta adalah 21µg/m3, lebih tinggi dari Singapura yang kandungan PM2,5-nya 17µg/m3 tetapi lebih rendah dari Bangkok yang mengandung PM2,5 sebanyak 35µg/m3 dalam udaranya.

Daftar 10 Kota dengan Tingkat Polusi udara tertinggi di Dunia

Berikut ini adalah daftar 10 Kota dengan tingkat polusi udara tertinggi di Dunia beserta jumlah kandungan PM2,5 dalam udaranya. 6 Kota diantaranya adalah Kota di India, 3 Kota di Pakistan dan 1 di Iran.

1. New Delhi

Kandungan PM2,5 dalam udara : 153µg/m3
Negara : India
Sumber Polusi : Asap Kendaraan Bermotor dan Pabrik-pabrik
Status : Sangat tidak Sehat

2. Patna

Kandungan PM2,5 dalam udara : 149µg/m3
Negara : India
Sumber Polusi : Asap Kendaraan Bermotor, Pembangkit listrik dan Pabrik-pabrik
Status : Tidak Sehat

3. Gwalior

Kandungan PM2,5 dalam udara : 144µg/m3
Negara : India
Sumber Polusi : Asap Kendaraan Bermotor, Pembangkit listrik Batu bara dan Pabrik-pabrik
Status : Tidak Sehat

4. Raipur

Kandungan PM2,5 dalam udara : 134µg/m3
Negara : India
Sumber Polusi : Pembangkit listrik Batu bara dan Pabrik Logam (Aluminium dan Besi)
Status : Tidak Sehat

5. Karachi

Kandungan PM2,5 dalam udara : 117µg/m3
Negara : Pakistan
Sumber Polusi : Asap Kendaraan Bermotor dan berbagai Emisi Industri
Status : Tidak Sehat

6. Peshawar

Kandungan PM2,5 dalam udara : 111µg/m3
Negara : Pakistan
Sumber Polusi : Asap Kendaraan Bermotor dan Emisi berbagai Industri terutama Industri Pembakaran Batu Bata.
Status : Tidak Sehat

7. Rawalpindi

Kandungan PM2,5 dalam udara : 107µg/m3
Negara : Pakistan
Sumber Polusi : Asap Kendaraan Bermotor.
Status : Tidak Sehat

8. Khorramabad

Kandungan PM2,5 dalam udara : 102µg/m3
Negara : Iran
Sumber Polusi : Asap Kendaraan Bermotor dan berbagai Emisi Industri
Status : Tidak Sehat

9. Ahmedabad

Kandungan PM2,5 dalam udara : 100µg/m3
Negara : India
Sumber Polusi : Berbagai Industri dan Konstruksi bangunan
Status : Tidak Sehat

10. Lucknow

Kandungan PM2,5 dalam udara : 96µg/m3
Negara : India
Sumber Polusi : Asap Kendaraan Bermotor
Status : Tidak Sehat

Sumber referensi :

  • Kandungan PM2,5 dalam udara dikutip dari World Health Organization (WHO).
  • Standar kualitas udara dikutip dari Environmental Protection Agency (EPA) Amerika Serikat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*