_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/04/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-mesir-egypt/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-mesir-egypt/profil-negara-mesir-egypt-2/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

10 Makanan Penurun Kolesterol

10 Makanan Penurun Kolesterol alami

10 Makanan Penurun Kolesterol – Kadar Kolesterol tinggi terutama kadar Kolesterol LDL yang biasanya disebut dengan Kolesterol jahat merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit Jantung Koroner dan Stroke. Oleh karena itu, kadar Kolesterol perlu dijaga sehingga selalu berada di batas normal yaitu dibawah 200mg/dL. Kadar Kolesterol yang tinggi tentunya dapat diturunkan dengan cara mengkonsumsi obat-obatan penurun kolesterol seperti Simvastatin,  Atorvastatin (Lipitor), dan juga Rosuvastatin (Crestor). Namun bagi sebagian orang, konsumsi obat-obat penurun kolesterol tersebut dapat menimbulkan efek samping seperti gangguan pada pencernaan, masalah pada liver dan nyeri otot. Jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang, obat-obat penurun kolesterol tersebut dapat meningkatkan resiko kerusakan pada organ tubuh seperti ginjal dan liver.

Selain mengkonsumsi obat-obatan penurun kolesterol yang disebut diatas, Kolesterol pada dasarnya dapat diturunkan dengan cara melakukan Olahraga secara rutin dan juga menjaga Pola makan yang sehat.

Daftar 10 Makanan Penurun Kolesterol

Berikut ini adalah 10 Jenis Makanan Penurun Kolesterol yang alami dan bebas dari efek samping obat-obatan.

1. Makanan yang mengandung Lemak Tak Jenuh

Lemak Tak Jenuh pada dasarnya terdiri dari 2 jenis, yaitu Lemak Tak Jenuh Tunggal (Monounsaturated Fat) dan Lemak Tak Jenuh Jamak (Polyunsaturated Fat). Kedua Lemak Tak Jenuh ini merupakan makanan yang bermanfaat bagi tubuh manusia untuk menurunkan Kadar Kolesterol dan mengurangi resiko terkenanya penyakit Jantung. Lemak Tak Jenuh baik berupa Tunggal maupun jamak pada umumnya terdapat di Minyak Zaitun, Minyak Kanola dan Buah Alpukat.

Mengkonsumsi Makanan yang mengandung Lemak Tak Jenuh dapat mengurangi kadar Kolesteral dalam Tubuh hingga 18%

2. Oat (Haver)

Oat atau Haver merupakan makanan yang mengandung serat yang dapat larut dalam air (Soluble Fiber) sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol secara efektif.

Mengkonsumsi Oat atau Haver ini dapat mengurangi kadar Kolesteral hingga 14%.

4. Flax seeds (Biji Bunga Flax)

Flax Seed merupakan Biji bunga Flax yang pada umumnya terdapat pada Amerika Serikat dan Kanada. Bentuk  dan ukuran Flax Seed mirip dengan biji wijen namun Flax Seed berwarna coklat tua dan keemasan. Flax seed atau biji bunga Flax ini mengandung Serat dan Omega-3 yang tinggi

Mengkonsumsi Flax Seed sebanyak 50gram setiap harinya dapat menurunkan kadar Kolesteral Jahat LDL sebesar 8% hingga 14%.

5. Bawang Putih

Bawang Putih merupakan bumbu makanan yang hampir dapat ditemukan pada setiap masakan Indonesia. Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi setengah suing bawah putih yang berukuran 900mg setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol sekitar 9% hingga 12%. Bawang Putih juga merupakan antibiotik alami bagi tubuh manusia.

6. Almond

Kacang Almond merupakan salah satu camilan sehat karena dapat menurunkan kadar kolesterol dan juga mengandung vitamin serat tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Kacang Almond juga cocok sebagai tambahan untuk sarapan sereal.

Beberapa penelitian melaporkan bahwa mengkonsumsi setengah cangkir kacang Almond dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10%.

7. Makanan Kaya Likopen (Lycopene Foods)

Likopen adalah pigmen karatenoid yang terdapat dalam buah atau sayuran. Fungsi Likopen adalah memberikan warna merah yang pada umumnya terdapat pada Tomat, Semangka dan pepaya. Beberapa penelitian melaporkan bahwa Makanan yang kaya dengan Likopen ini dapat menurunkan kadar Kolesterol sekitar 10% hingga 17%.

8. Kenari dan Pistachio

Beberapa penelitian melaporkan bahwa mengkonsumsi Kenari (Walnut) atau Pistachio dapat menurunkan kadar Kolesterol. Hal ini dikarenakan Lemak Kenari atau Pistachio ini dapat menggantikan konsumsi lemak yang mengandung kolesterol tinggi lainnya. Kenari ataupun Pistachio ini dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10%.

9. Barley (Jelai)

Barley atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Jelai merupakan keluarga padi-padian. Mengkonsumsi Barley dapat menurunkan Kolesterol apabila dijadikan pengganti makanan. Barley (Jelai) dapat mengurangi kadar kolesterol sekitar 7% hingga 10%.

10. Coklat Hitam (Dark Chocolate)

Coklat Hitam yang tidak mencampurkan produk susu dan gula didalamnya mengandung flavanol yang tinggi. Flavanol berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh manusia dan juga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi Coklat Hitam dapat menurunkan kolesterol sekitar 2% hingga 5%.

Teh Hijau (Green Tea)

Teh Hijau memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia dan diyakini dapat mencuci  lemak keluar dari tubuh manusia. Mengkonsumsi Teh Hijau tanpa gula secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol sekitar 2% hingga 5%.  Kandungan Kalori dalam Teh Hijau termasuk rendah sehingga sangat cocok dijadikan minuman penghilang haus dalam kehidupan sehari-hari.

 

Catatan :

Urutan peringkat dan Persentasi penurunan Kolesterol ini dikutip dari healthaliciousness.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*