_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/04/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-mesir-egypt/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-mesir-egypt/profil-negara-mesir-egypt-2/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

10 Makanan yang Mengandung Protein Tertinggi

10 Makanan yang Mengandung Protein Tertinggi

10 Makanan yang Mengandung Protein Tertinggi – Protein adalah zat penting yang dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan dan memperbaiki jaringan tubuh manusia.  Di dalam Molekul Protein mengandung Oksigen, Karbon, Hidrogen, Nitrogen dan Sulfur serta kadang kala terdiri dari beberapa rantai Asam Animo. Protein ini memegang peranan yang sangat penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan juga Virus.

Mengenai Angka Kebutuhan Gizi Harian terhadap Protein yang dibutuhkan oleh seseorang, hingga saat masih diperdebatkan oleh para ahli Gizi. Namun secara umum, Angka Kebutuhan Gizi Protein yang ditetapkan adalah 46 gram setiap hari untuk wanita yang berusia 19 tahun hingga 70 tahun, sedangkan Angka Kebutuhan Gizi Protein pada Pria dengan usia yang sama adalah sekitar 56 gram. Kelebihan Protein akan dikonversi menjadi Energi oleh tubuh manusia, namun ada beberapa kontroversi yang menyatakan bahwa kelebihan Protein tersebut akan menyebabkan terjadinya ketegangan pada hati.

Defisiensi Protein atau kekurangan Protein pada tubuh manusia akan menyebabkan terjadinya gangguan pada pertumbuhan, kerontokan rambut, Penyakit Marasmus (penurunan berat badan yang signifikan) dan Kwasiorkor (Perut membesar, kelelahan yang berlebihan, kekurangan cairan dan emosi tidak stabil).

Daftar 10 Makanan yang Mengandung Protein Tertinggi

Berdasarkan informasi yang dikutip dari healthaliciousness.com, Sumber Makanan yang mengandung Protein tertinggi pada setiap 100gram-nya adalah daging sapi tanpa lemak , yaitu sekitar 36 gram. Sumber Makanan kedua yang mengandung Protein tertinggi adalah Biji-bijian seperti biji semangka dan biji labu dengan kandungan sekitar 33gram pada setiap 100gramnya.

Berikut ini adalah daftar 10 Makanan yang Mengandung Protein Tertinggi beserta kandungannya pada setiap 100gram makanan tersebut.

1. Daging Sapi tanpa Lemak

Kandungan Protein dalam setiap 100gram : 36 gram
Rasio Protein dengan Kalori :  1gram/5,3 kalori

2. Biji-bijian (Biji Labu dan Biji Semangka)

Kandungan Protein dalam setiap 100gram : 33 gram
Rasio Protein dengan Kalori :  1gram/15,8 kalori

3. Keju (Non-fat Mozzarella)

Kandungan Protein dalam setiap 100gram : 32 gram
Rasio Protein dengan Kalori :  1gram/4,7 kalori

4. Daging Babi tanpa lemak (daerah Pinggang/Loin)

Kandungan Protein dalam setiap 100gram : 30 gram
Rasio Protein dengan Kalori :  1gram/5,4 kalori

5. Ikan Salmon dan Ikan Tuna

Kandungan Protein dalam setiap 100gram : 26 gram
Rasio Protein dengan Kalori :  1gram/4,5 kalori

6. Daging Ayam (Bagian Dada)

Kandungan Protein dalam setiap 100gram : 18,3 gram
Rasio Protein dengan Kalori :  1gram/4,6 kalori

7. Kacang-kacangan (Kacang Soya Matang)

Kandungan Protein dalam setiap 100gram : 17 gram
Rasio Protein dengan Kalori :  1gram/10,4 kalori

8. Telur (terutama Putih Telur)

Kandungan Protein dalam setiap 100gram : 13 gram
Rasio Protein dengan Kalori :  1gram/12 kalori

9. Tahu

Kandungan Protein dalam setiap 100gram : 7 gram
Rasio Protein dengan Kalori :  1gram/7,4 kalori

10. Susu, Yogurt dan Minuman Soya

Kandungan Protein dalam setiap 100gram : 6 gram
Rasio Protein dengan Kalori :  1gram/9,8 kalori

Sumber referensi : Data Kandungan Protein dalam setiap 100gram dan Rasio Protein dengan Kalori dikutip dari healthaliciousness.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*