_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/10/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-buah-pepaya-manfaat-buah-pepaya-bagi-kesehatan/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-buah-pepaya-manfaat-buah-pepaya-bagi-kesehatan/kandungan-gizi-buah-pepaya-nutrisi-pepaya-dan-manfaat-buah-pepaya-bagi-kesehatan/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

10 Makanan yang mengandung Serat Tertinggi

10 Makanan yang Mengandung Serat Tertinggi

Serat pada Makanan atau pada umumnya disebut dengan Serat Pangan yang dalam bahasa Inggris disebut dengan dietary fiber  adalah nutrisi penting bagi tubuh manusia yang berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mambantu menimbulkan rasa kenyang. Serat pangan juga memegang peranan penting dalam mengatur gula darah dan menurunkan kadar kolesterol, terutama pada kadar kolesterol LDL. Serat Pangan merupakan bagian tanaman yang dapat dimakan (edible portion), tidak dapat dicerna dalam usus halus tapi dapat difermentasi secara parsial atau keseluruhan dalam usus besar. Komponen serat pangan diantaranya adalah Polisakarida, Oligosakarida, lignin dan senyawa lainnya.

Kekurangan serat pada tubuh kita dapat menyebabkan Sembelit, kenaikan berat badan, ketidakstabilan gula darah serta penyakit-penyakit seperti Kanker Usus besar, Hipertensi, Wasir, Kencing Manis, Obesitas dan batu empedu. Pada umumnya Angka Kecukupan Gizi (AKG) Serat Pangan adalah 25gram per hari.

Daftar 10 Makanan yang Mengandung Serat Tertinggi

Bekatul atau Bran merupakan makanan yang mengandung Serat tertinggi diantara makanan-makanan lainnya. Mungkin banyak yang belum mengenal apa yang disebut dengan Bekatul atau Bran. Bekatul atau Bran adalah bagian terluar dari butir biji-bijian seperti padi, jagung dan gandum. Untuk lebih jelas mengenai Bekatul atau Bran, dibawah ini adalah gambar struktur dari biji jagung :

bekatul (bran) jagung

Berikut ini adalah 10 Makanan yang Mengandung Serat Tertinggi dalam setiap 100gram serta angka kecukupan gizinya.

Bekatul (Bran)

Kandungan Serat dalam 100 gram : 79 gram
Daily Value (DV) : 316%
Keterangan : Bekatul Jagung, Bekatul Gandung, Bekatul Padi

Raspberry

Kandungan Serat dalam 100 gram : 7 gram
Daily Value (DV) : 28%

Labu

Kandungan Serat dalam 100 gram : 5 gram
Daily Value (DV) : 20%

Sayur Kol (Kubis)

Kandungan Serat dalam 100 gram : 3 gram
Daily Value (DV) : 12%

Brokoli

Kandungan Serat dalam 100 gram : 2 gram
Daily Value (DV) : 8%

Selada Romaine

Kandungan Serat dalam 100 gram : 2 gram
Daily Value (DV) : 8%

Seledri

Kandungan Serat dalam 100 gram : 2 gram
Daily Value (DV) : 8%

Kacang Kidney Beans

Kandungan Serat dalam 100 gram : 2 gram
Daily Value (DV) : 8%

Jamur Kancing (yang dimasak)

Kandungan Serat dalam 100 gram : 2 gram
Daily Value (DV) : 8%

Jeruk Orange

Kandungan Serat dalam 100 gram : 2 gram
Daily Value (DV) : 8%

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*