_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/08/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/negara-anggota-uni-afrika-african-union/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/?attachment_id=3385","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

10 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia



Daftar 10 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia

10 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia – Beras yang setelah dimasak menjadi Nasi adalah makanan pokok bagi kebanyakan penduduk di berbagai Negara, terutama di negara-negara Asia seperti Tiongkok, Korea, Jepang, Malaysia, Thailand, India, Vietnam dan tentunya juga negara kita Republik Indonesia.  Setiap orang memerlukan makanan Pokok seperti beras untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuhnya. Oleh karena itu, Beras menjadi salah satu komoditas yang terpenting di dunia ini, lebih dari setengah populasi di dunia ini yaitu lebih dari 3,5 miliar jiwa menjadikan beras sebagai sumber makanan pokoknya. Diantara 3,5 miliar jiwa ini, 90% adalah penduduk dari Benua Asia.

Menurut laporan dari FAO (Food and Agriculture Organization) yang dipublikasikan pada Juli 2015, jumlah produksi beras yang masih berbentuk Padi adalah sebanyak 741,8 juta ton pada tahun 2014 dan diprediksikan akan meningkat hingga 749,1 juta ton pada tahun 2015. Di Tahun 2014, Negara Penghasil Beras Terbesar di dunia adalah Republik Rakyat Tiongkok yang memproduksi beras hingga 206,5 juta ton atau sekitar 27,8% dari total produksi seluruh dunia. Sedangkan Negara kedua penghasil Beras terbesar di Dunia adalah India dengan jumlah produksi sebanyak 153,9 juta Ton. India juga merupakan negara pengekspor beras terbesar di Dunia yaitu sebanyak 11,5 juta ton mengalahkan Thailand yang mengekspor beras sebanyak 11 juta ton.

Negara kita Republik Indonesia berada di posisi ketiga penghasil beras terbesar di Dunia dengan jumlah produksi hingga 75,6 juta ton. Namun untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, Indonesia juga harus mengimpor beras dari negara lain sebanyak 1 juta ton.

Daftar 10 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah daftar 10 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia berdasarkan data yang dipublikasikan oleh FAO beserta jumlah produksi dan Ekspor-Impornya.

1. China (Tiongkok)

Jumlah Produksi Beras : 206,5 juta ton
Jumlah Ekspor Beras : 0,4 juta ton
Jumlah Impor Beras : 2,5 juta ton
Lokasi : Benua Asia

2. India

Jumlah Produksi Beras : 153,8 juta ton
Jumlah Ekspor Beras : 11,5 juta ton
Jumlah Impor Beras : –
Lokasi : Benua Asia

3. Indonesia

Jumlah Produksi Beras : 70,8  juta ton
Jumlah Ekspor Beras : –
Jumlah Impor Beras : 1 juta ton
Lokasi : Benua Asia

4. Bangladesh

Jumlah Produksi Beras : 52,4  juta ton
Jumlah Ekspor Beras :
Jumlah Impor Beras : 1,3 juta ton
Lokasi : Benua Asia

5. Vietnam

Jumlah Produksi Beras : 45 juta ton
Jumlah Ekspor Beras : 6,5 juta ton
Jumlah Impor Beras : –
Lokasi : Benua Asia

6. Thailand

Jumlah Produksi Beras : 34,3 juta ton
Jumlah Ekspor Beras : 11 juta ton
Jumlah Impor Beras : –
Lokasi : Benua Asia

7. Myanmar

Jumlah Produksi Beras : 28,9 juta ton
Jumlah Ekspor Beras : 0,7 juta ton
Jumlah Impor Beras : –
Lokasi : Benua Asia

8. Filipina

Jumlah Produksi Beras : 18,9 juta ton
Jumlah Ekspor Beras : –
Jumlah Impor Beras : 1,9 juta ton
Lokasi : Benua Asia

9. Brasil

Jumlah Produksi Beras : 12,1 juta ton
Jumlah Ekspor Beras : 0,8 juta ton
Jumlah Impor Beras : 0,6 juta ton
Lokasi : Benua Amerika Selatan

10. Jepang

Jumlah Produksi Beras : 10,5 juta ton
Jumlah Ekspor Beras : –
Jumlah Impor Beras : 0,7 juta ton
Lokasi : Benua Asia

Sumber :
-Data Jumlah Produksi, Ekspor dan Impor dikutip dari Publikasi FAO (Food and Agriculture Organization) of the United Nations, Rice Market Monitor, Volume XVIII Issue No. 2, July 2015.
-FAO adalah Organisasi Pangan dan Pertanian yang berada dibawah naungan PBB.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*