_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/08/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/38-cabang-olahraga-yang-dipertandingkan-di-sea-games-2017/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/38-cabang-olahraga-yang-dipertandingkan-di-sea-games-2017/cabang-olahraga-yang-dipertandingkan-di-sea-games-2017/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

10 Negara Penghasil Garam Terbesar di Dunia



10 Negara Penghasil Garam Terbesar di Dunia

10 Negara Penghasil Garam Terbesar di Dunia – Garam adalah jenis mineral yang memiliki rasa asin dan berbentuk kristal, padat dan berwarna putih. Garam yang dikonsumsi kita sehari-hari pada dasarnya adalah jenis Natrium Klorida (NaCl) yang berasal dari olahan air laut yang asin. Air Laut yang dikeringkan dengan sinar matahari akan berbentuk butiran-butiran kecil putih seperti kristal. Butiran kecil putih tersebut kemudian dibersihkan dengan air dan dikeringkan lagi sehingga layak untuk dikonsumsi. Garam yang kita konsumsi sebagai penambah cita rasa pada makanan ini biasanya disebut Garam Dapur.
Baca juga : 10 Negara Penghasil Minyak Sawit Terbesar di Dunia.

Garam merupakan komoditas penting bagi kehidupan manusia. Selain sebagai penambah cita rasa pada makanan, garam juga bermanfaat bagi tubuh manusia yaitu menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh kita. Namun kelebihan konsumsi garam juga akan mengakibatkan berbagai macam penyakit. Garam juga digunakan dalam industri-industri tertentu seperti industri farmasi, industri perminyakan, industri aneka pangan dan juga industri pengolahan air (water treatment).

Berdasarkan data yang dikutip dari USGS (United States Geological Survey), total produksi Garam di seluruh dunia adalah sebanyak 255 juta ton metrik pada tahun 2016, sedangkan Negara Penghasil Garam Terbesar di Dunia adalah China (Tiongkok) dengan jumlah produksi sebanyak 58 juta ton metrik. Negara penghasil garam terbesar kedua adalah Amerika Serikat yaitu sebanyak 42 juta ton metrik. Negara yang menduduki urutan ketiga sebagai penghasil garam terbesar adalah India yaitu sebanyak 19 juta ton metrik.

10 Negara Penghasil Garam Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah daftar 10 Negara Penghasil Garam Terbesar di Dunia berdasarkan data yang dikutip dari USGS untuk tahun 2016.

1. China (Tiongkok)

Jumlah Produksi : 58 juta ton
Panjang garis pantai : 14,500 km
Lokasi : Benua Asia

2. Amerika Serikat

Jumlah Produksi : 42 juta ton
Panjang garis pantai : 19.924 km
Lokasi : Benua Amerika Utara

3. India

Jumlah Produksi : 19 juta ton
Panjang garis pantai : 7.000 km
Lokasi : Benua Asia

4. Jerman

Jumlah Produksi : 12,5 juta ton
Panjang garis pantai : 2.389 km
Lokasi : Benua Eropa

5. Australia

Jumlah Produksi : 12 juta ton
Panjang garis pantai : 25.760 km
Lokasi : Benua Australia

6. Chili

Jumlah Produksi : 11 juta ton
Panjang garis pantai : 6.435 km
Lokasi : Benua Amerika Selatan

7. Meksiko

Jumlah Produksi : 10,5 juta ton
Panjang garis pantai : 9.330 km
Lokasi : Benua Amerika Utara

8. Kanada

Jumlah Produksi : 10 juta ton
Panjang garis pantai : 202.800 km
Lokasi : Benua Amerika Utara

9. Brasil

Jumlah Produksi : 7,5 juta ton
Panjang garis pantai : 7.491 km
Lokasi : Benua Amerika Selatan

10. Ukraina

Jumlah Produksi : 6,1 juta ton
Panjang garis pantai : 2.782 km
Lokasi : Benua Eropa

 

Sumber referensi : Data produksi garam dikutip USGS (United States Geological Survey) sedangkan panjang garis pantai dikutip dari CIA world factbook. Data tahun 2016.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*