_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/09/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-papua-nugini-papua-new-guinea/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-papua-nugini-papua-new-guinea/profil-negara-papua-nugini-papua-new-guinea/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

10 Negara Peraih Penghargaan Nobel Terbanyak di Dunia

10 Negara Peraih Penghargaan Nobel Terbanyak di Dunia

10 Negara Peraih Penghargaan Nobel Terbanyak di Dunia – Penghargaan Nobel atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Nobel Prize (Hadiah Nobel) adalah suatu penghargaan internasional tahunan yang dianugrahkan kepada Individual atau organisasi yang memberikan konstribusi yang luar biasa dalam bidang kimia, fisika, sastra, fisiologi atau kedokteran, ekonomi dan perdamaian. Penghargaan Nobel ini diberikan oleh beberapa komite yang terpisah sesuai jenis penghargaannya. Komite-komite tersebut diantaranya adalah Komite Nobel Institut Karolinska yang memberikan Penghargaan Fisiologi atau Kedokteran, Komite Nobel Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia yang memberikan Penghargaan Fisika, Kimia dan Ekonomi, Akademi Swedia memberikan Penghargaan Sastra dan Komite Nobel Norwegia yang memberikan Penghargaan Perdamaian.

Istilah “NOBEL” berasal dari nama seorang penemu dinamit yaitu Alfred Bernhard Nobel yang mewakafkan uangnya untuk membuat Penghargaan Nobel ini. Hal ini dilakukannya karena melihat hasil temuan yaitu dinamit yang pada awalnya digunakan untuk membuka jalan dan tambang-tambang mineral namun saat peperangan dinamit yang diciptakannya tersebut digunakan untuk menjadi senjata yang dapat menghancurkan manusia itu sendiri.

Penghargaan Nobel ini dianugrahkan setiap tahunnya pada tanggal 10 Desember, tanggal tersebut merupakan tanggal wafatnya Alfred Bernhard Nobel pada tahun 1986. Penghargaan Nobel yang pertama diberikan pada tahun 1901 kepada Wilhelm Röntgen di bidang Fisika, Jacobus Henricus van ‘t Hoff di bidang kimia, Emil Adolf von Behring di fisiologi dan kedokteran, Sully Prudhomme di bidang sastra dan Henry Dunant & Frédéric Passy untuk perdamaian. Mulai dari tahun 1901 hingga 2016, penghargaan Nobel ini telah diberikan sebanyak 579 kali kepada 911 orang dan organisasi.

Daftar 10 Negara Peraih Penghargaan Nobel Terbanyak di Dunia

Negara Peraih Penghargaan Nobel Terbanyak di Dunia adalah Amerika Serikat, yaitu mendapatkan sebanyak 364 penghargaan Nobel.  Negara yang berada di urutan kedua sebagai negara peraih penghargaan Nobel terbanyak adalah Britania Raya (Inggris Raya). Britania Raya mendapatkan sebanyak 125 penghargaan Nobel. Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Jerman dengan jumlah penghargaan Nobel yang diterimanya adalah sebanyak 105.

Berikut ini adalah daftar 10 Negara Peraih Penghargaan Nobel Terbanyak di Dunia mulai dari tahun 1901 hingga tahun 2016 beserta bidangnya.

1. Amerika Serikat

Total Penghargaan Nobel yang diterima : 364
Ekonomi : 57
Sastra : 13
Kimia : 74
Fisika : 97
Perdamaian : 22
Fisiologi / Kedokteran : 101

Baca juga : Profil Negara Amerika Serikat.

2. Britania Raya (Inggris Raya)

Total Penghargaan Nobel yang diterima : 125
Ekonomi : 11
Sastra : 12
Kimia : 30
Fisika : 26
Perdamaian : 12
Fisiologi/Kedokteran : 34

3. Jerman

Total Penghargaan Nobel yang diterima : 105
Ekonomi : 1
Sastra : 10
Kimia : 31
Fisika : 32
Perdamaian : 6
Fisiologi/Kedokteran : 25

4. Perancis

Total Penghargaan Nobel yang diterima : 68
Ekonomi : 3
Sastra : 16
Kimia : 11
Fisika : 13
Perdamaian : 12
Fisiologi/Kedokteran : 13

5. Swedia

Total Penghargaan Nobel yang diterima : 31
Ekonomi : 2
Sastra : 8
Kimia : 5
Fisika : 4
Perdamaian : 5
Fisiologi/Kedokteran : 7

6. Swiss

Total Penghargaan Nobel yang diterima : 25
Ekonomi : 0
Sastra : 2
Kimia : 6
Fisika : 5
Perdamaian : 4
Fisiologi/Kedokteran : 8

7. Rusia (termasuk Uni Soviet)

Total Penghargaan Nobel yang diterima : 26
Ekonomi : 2
Sastra : 5
Kimia : 2
Fisika : 12
Perdamaian : 3
Fisiologi/Kedokteran : 2

8. Kanada

Total Penghargaan Nobel yang diterima : 25
Ekonomi : 3
Sastra : 2
Kimia : 8
Fisika : 4
Perdamaian : 2
Fisiologi/Kedokteran : 6

9. Jepang

Total Penghargaan Nobel yang diterima : 24
Ekonomi : 0
Sastra : 2
Kimia : 6
Fisika : 11
Perdamaian : 1
Fisiologi/Kedokteran : 4

10. Austria

Total Penghargaan Nobel yang diterima : 21
Ekonomi : 1
Sastra : 1
Kimia : 6
Fisika : 3
Perdamaian : 3
Fisiologi/Kedokteran : 7

Sumber referensi : Jumlah Penghargaan Nobel dirangkum dari “List of Nobel laureates by country” wikipedia.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*