_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/08/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/38-cabang-olahraga-yang-dipertandingkan-di-sea-games-2017/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/38-cabang-olahraga-yang-dipertandingkan-di-sea-games-2017/cabang-olahraga-yang-dipertandingkan-di-sea-games-2017/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

10 Negara Terkorup di Dunia



10 Negara Terkorup di Dunia

Daftar 10 Negara Terkorup di Dunia – Organisasi Anti Korupsi Global yang bernama Transparency International mempublikasikan suatu Indeks Korupsi terhadap Negara-negara di dunia ini dengan sebutan Corruption Perception Index (CPI). Corruption Perception Index ini merupakan hasil survey mengenai Korupsi menurut persepsi dari beberapa kalangan terutama pada kalangan para Analis, para ahli dan juga Pengusaha bisnis di dunia ini.

Sebanyak 168 Negara yang disurvey oleh Transparency International ini, nilai yang diberikan adalah mulai dari nilai 0 hingga nilai tertingginya adalah 100. Semakin tinggi nilainya, semakin bersih negara tersebut. Sebaliknya, semakin rendah nilainya, makin tinggi atau parah tingkat korupsinya.

Menurut daftar Corruption Perception Index yang dirilis untuk tahun 2015 ini, Negara Terkorup di Dunia adalah Somalia dengan nilai Indeks terendah yaitu 8. Nilai Indeks dan Urutan Somalia ini tidak pernah berubah selama 3 tahun terakhir ini. Peringkat kedua Negara Terkorup adalah Korea Utara dengan nilai Indeks yang sama dengan Somalia yaitu 8. Sedangkan Negara yang menempati urutan ketiga sebagai Negara Terkorup di Dunia adalah Afganistan dengan nilai Indeks 11.

Daftar 10 Negara Terkorup di Dunia

Berikut ini adalah daftar 10 Negara Terkorup di Dunia dengan nilai-nilai Indeks yang dipublikasikan oleh Transparency International pada tahun 2015.

1. Somalia

Nilai Indeks (CPI) : 8
Ibukota : Mogadishu
Lokasi : Benua Afrika

2. Korea Utara

Nilai Indeks (CPI) : 8
Ibukota : Pyongyang
Lokasi : Benua Asia

3. Afganistan

Nilai Indeks (CPI) : 11
Ibukota : Kabul
Lokasi : Benua Asia

4. Sudan

Nilai Indeks (CPI) : 12
Ibukota : Khartoum
Lokasi : Benua Afrika

5. Sudan Selatan

Nilai Indeks (CPI) : 15
Ibukota : Juba
Lokasi : Benua Afrika

6. Angola

Nilai Indeks (CPI) : 15
Ibukota : Luanda
Lokasi : Benua Afrika

7. Libya

Nilai Indeks (CPI) : 16
Ibukota : Tripoli
Lokasi : Benua Afrika

8. Irak

Nilai Indeks (CPI) : 16
Ibukota : Baghdad
Lokasi : Benua Asia

9. Venezuela

Nilai Indeks (CPI) : 17
Ibukota : Caracas
Lokasi : Benua Amerika Selatan

10. Guinea-Bissau

Nilai Indeks (CPI) : 17
Ibukota : Bissau
Lokasi : Benua Afrika

 

Sumber referensi : Data Nilai Indeks (CPI) dikutip dari transparency.org. Untuk daftar selengkapnya mengenai Daftar Corruption Perception Index, anda dapat mengunjungi : http://www.transparency.org/cpi2015

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*