_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/05/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-kuwait/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-kuwait/profil-negara-kuwait-2/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

10 Negara yang Paling Bersih dari Korupsi di Dunia

10 Negara yang Paling Bersih dari Korupsi di Dunia

10 Negara yang Paling Bersih dari Korupsi di Dunia – Transparency International adalah sebuah organisasi anti korupsi Internasional yang berkantor pusat di Kota Berlin, Jerman. Setiap tahunnya, Organisasi ini mempublikasikan daftar negara-negara yang paling bersih dari Korupsi hingga negara-negara yang terkorup di Dunia dengan sebuah Indeks yang diberi nama Corruption Perception Index atau disingkat dengan CPI. Jumlah Negara dan Daerah Teritorial yang di survey oleh Transparency International sebanyak 168 Negara/Daerah Teritorial.
Baca juga : 10 Negara Terkorup di Dunia berdasarkan publikasi Transparency International.

Nilai Indeks yang diberikan adalah angka nilai “0” yang menunjukkan “Negara Terkorup” hingga angka nilai “100” yang menunjukkan sebagai “Negara yang Paling Bersih dari Korupsi”. Nilai dari Corruption Perception Index ini adalah berdasarkan hasil survey dari kalangan para analisis dan pengusaha bisnis.

Berdasarkan Publikasi Transparency International tersebut, Negara yang Paling Bersih dari Korupsi di Dunia adalah Denmark dengan nilai indeks 91. Di posisi kedua adalah Finlandia dengan nilai indeks 90 sedangkan yang berada di urutan ketiga Negara yang paling bersih dari Korupsi adalah Swedia dengan nilai Indeks 89.

Berdasarkan Publikasi Transparency International ini juga, Negara kita yaitu Republik Indonesia menduduki urutan ke 88 dengan nilai indeks 36. Nilai indeks ini semakin meningkat dari tahun ke tahun, pada tahun 2013 adalah 32 sedangkan pada tahun 2014 meningkat menjadi 34 dan pada tahun 2015 menjadi 36.

Daftar 10 Negara yang Paling Bersih dari Korupsi di Dunia

Berikut ini adalah daftar 10 Negara yang paling bersih dari Korupsi di Dunia berdasarkan publikasi Transparency International untuk tahun 2015. Dalam daftar tersebut, 7 Negara berasal dari benua Eropa dan masing-masing 1 negara berasal dari benua Asia, Amerika Utara dan Australia/Oseania.

1. Denmark

Nilai Indeks (CPI) : 91
Ibukota : Kopenhagen
Lokasi : Benua Eropa

2. Finlandia

Nilai Indeks (CPI) : 90
Ibukota : Helsinki
Lokasi : Benua Eropa

3. Swedia

Nilai Indeks (CPI) : 89
Ibukota : Stockholm
Lokasi : Benua Eropa

4. Selandia Baru

Nilai Indeks (CPI) : 88
Ibukota : Wellington
Lokasi : Benua Australia & Oseania

5. Belanda

Nilai Indeks (CPI) : 87
Ibukota : Amsterdam
Lokasi : Benua Eropa

6. Norwegia

Nilai Indeks (CPI) : 87
Ibukota : Oslo
Lokasi : Benua Eropa

7. Swiss

Nilai Indeks (CPI) : 86
Ibukota : Bern
Lokasi : Benua Eropa

8. Singapura

Nilai Indeks (CPI) : 85
Ibukota : Singapura
Lokasi : Benua Asia

9. Kanada

Nilai Indeks (CPI) : 83
Ibukota : Ottawa
Lokasi : Benua Amerika Utara

10. Jerman

Nilai Indeks (CPI) : 81
Ibukota : Berlin
Lokasi : Benua Eropa

Sumber referensi : Data Nilai Indeks (CPI) dikutip dari transparency.org. Untuk daftar selengkapnya mengenai Daftar Corruption Perception Index, anda dapat mengunjungi : http://www.transparency.org/cpi2015

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*