_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/05/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-buah-stroberi-strawberry-manfaat-stroberi-bagi-kesehatan/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/?attachment_id=3208","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

10 Situs Jejaring Sosial Terpopuler di Dunia

10 Situs Jejaring Sosial Terpopuler di Dunia

10 Jejaring Sosial Terpopuler di Dunia – Situs Jejaring Sosial atau Social Network sites adalah sebuah media online yang mengizinkan para pengguna (user) untuk membuat Profil atau informasi pribadinya sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi yang dimaksud dapat berupa foto-foto, Video, data pribadi seperti nama, tempat/tanggal lahir, alamat, pendidikan, pekerjaan serta data-data pribadi lainnya. Situs Jejaring Sosial juga mengizinkan penggunanya untuk menuliskan kegiatan-kegiatan sehariannya ataupun berbagi berbagai hal yang dialami atau dirasakannya.

Di Indonesia, mungkin kita hanya mengenal beberapa situs Jejaring Sosial seperti Facebook, Twitter, Path, LinkedIn, Instagram dan Google plus. Namun pada kenyataannya, terdapat ratusan situs jejaring sosial di dunia maya ini dan diantara ratusan situs Jejaring Sosial tersebut, Facebook merupakan situs Jejaring Sosial Terpopuler di Dunia dengan pengguna aktifnya sebanyak 1,35 miliar user. Indonesia merupakan salah satu Negara dengan pengguna Facebook terbanyak di  Dunia yaitu menduduki urutan ke-4 dengan penggunanya sekitar 60,3 jiwa. Baca : 10 Negara dengan Pengguna Facebook Terbanyak di Dunia.

Posisi kedua situs jejaring sosial terpopuler di Dunia ini diduduki oleh QZone dengan pengguna aktifnya sekitar 629 juta orang. Qzone adalah situs Jejaring Sosial dari China yang sebagian besar penggunanya adalah warga Negara tersebut. Sedangkan Twitter yang cukup popular di Indonesia hanya menduduki peringkat ke-6 di Dunia.

Daftar 10 Situs Jejaring Sosial Terpopuler di Dunia

Berikut ini adalah daftar 10 Situs Jejaring Sosial Terpopuler di Dunia berdasarkan jumlah pengguna aktifnya.

1. Facebook

Jumlah Pengguna Aktif : 1,35 Miliar
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2004
Website : Facebook.com
Peringkat Alexa : 2

Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini berkantor pusat di Menlo Park Kalifornia dan telah menjadi Perusahaan Terbuka (Tbk) pada tahun 2012 dengan pendapatan US$7,87 Miliar di tahun 2013. Beberapa perusahaan Teknologi yang diakuisi oleh Facebook diantaranya seperti Instagram, Whatsapp, Oculus VR dan PrivateCore.

2. Qzone

Jumlah Pengguna Aktif : 629 Juta
Negara asal : China
Tahun Berdiri : 2005
Website : qzone.qq.com
Peringkat Alexa : 10

Qzone adalah situs Jejaring Sosial yang dibuat oleh perusahaan China yaitu Tencent Holding Limited pada tahun 2005. Meskipun merupakan Jejaring Sosial yang memiliki pengguna aktif terbanyak kedua di dunia, Namun Qzone hanya terkenal di China dengan sebagian besar penggunanya adalah Warga Negara China.

3. Google +

Jumlah Pengguna Aktif : 343 Juta
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun diluncurkan : 2011
Website : plus.google.com

Google + atau Google Plus merupakan produk dari perusahaan Raksasa Internet Google Inc yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Google Plus merupakan salah satu situs Jejaring sosial yang memiliki perkembangan terpesat, hanya dalam jangka waktu 3 tahun telah berhasil menarik 343 juta pengguna aktif. Hal ini sebenarnya memiliki keterkaitan yang kuat dengan semakin popularnya sistem operasi untuk ponsel yaitu Android dan juga posisi kuat Google dalam Mesin Pencari (Search Engine).

4. LinkedIn

Jumlah Pengguna Aktif : 332 Juta
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2003
Website : linkedin.com
Peringkat Alexa : 14

LinkedIn merupakan situs Jejaring Sosial yang berorientasi pada bisnis. Pada umumnya digunakan sebagai jejaring sosial untuk para profesional. LinkedIn yang berkantor pusat di Mountain View Kalifornia ini telah menjadi perusahaan terbuka pada tahun 2011 dengan pendapatan pada tahun 2013 sebesar US$1,52 Juta. LinkedIn tersedia dalam 20 bahasa dan salah satunya adalah bahasa Indonesia.

5. Instagram

Jumlah Pengguna Aktif : 300 Juta
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2010
Website : instagram.com
Peringkat Alexa : 30

Instagram adalah situs Jejaring sosial yang memperbolehkan penggunanya untuk mengambil Foto atau Video dan mengolahnya dengan berbagai filter digital kemudian membagikannya kebeberapa jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Flickr dan tentunya Instagram itu sendiri. Situs Jejaring Sosial yang hanya terdapat di sistem operasi iOS Apple dan Android Google ini telah diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012 seharga US$ 1 Miliar.

6. Twitter

Jumlah Pengguna Aktif : 284 Juta
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2006
Website : twitter.com
Peringkat Alexa : 8

Twitter merupakan situs Jejaring Sosial yang hanya mengizinkan para penggunannya megirimkan dan membaca teks sebanyak 140 karakter, pesan singkat Twitter ini sering disebut dengan Tweets atau kicauan. Twitter yang didirikan oleh Jack Dorsey, Evan Williams, Biz Stone dan Noah Glass pada tahun 2006 ini telah menjadi perusahaan terbuka pada tahun 2013 denganpendapatan US$664 Juta pada tahun 2013.

7. Tumblr

Jumlah Pengguna Aktif : 230 Juta
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2007
Website : tumblr.com
Peringkat Alexa : 35

Tumblr merupakan situs Jejaring sosial dan Micro Blogging yang didirikan oleh David Karp. Tumblr telah diakuisisi oleh Yahoo pada tahun 2013 dengan nilai US$ 1,1 Miliar.

8. Sina Weibo

Jumlah Pengguna Aktif : 157 Juta
Negara asal : China
Tahun Berdiri : 2009
Website : weibo.com
Peringkat Alexa : 15

Sama seperti Qzone, Sina Weibo atau lebih dikenal dengan Weibo merupakan situs Jejaring sosial yang berasal dari China dan hanya populer di Negara China. Hal ini dikarenakan bahasa yang didukungnya hanya bahasa Mandarin dan bahasa Inggris saja. Weibo juga sering disebut-sebut sebagai Twitter-nya China.

9. Vkontakte

Jumlah Pengguna Aktif : 100 Juta
Negara asal : Rusia
Tahun Berdiri : 2006
Website : vk.com
Peringkat Alexa : 22

Vkontakte atau disingkat dengan VK merupakan situs Jejaring Sosial yang berasal dari Rusia dengan mayoritas penggunanya adalah Negara-negara yang menggunakan bahasa Rusia seperti Rusia, Belarus, Kazakhstan, Uzbekistan dan Ukraina. Namun sebenarnya Vkontakte juga tersedia dalam 70 jenis bahasa termasuk bahasa Indonesia.

10. Snapchat

Jumlah Pengguna Aktif : 100 Juta
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2011
Website : snapchat.com
Peringkat Alexa : 10.549

Snapchat merupakan situs Jejaring Sosial yang mengizinkan penggunanya untuk mengambil Foto, Video dan menuliskan teks kemudian mengirimnya ke orang lain. Snapchat memiliki fitur yang cukup unik, yaitu dapat menghapus foto ataupun video dalam kurun waktu yang ditentukan.

Catatan :
– Jumlah Pengguna Aktif dikutip dari situs www.statista.com
– Peringkat Alexa diambil pada bulan Januari 2015.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*