_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/04/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-amerika-serikat-united-states-amerika/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-amerika-serikat-united-states-amerika/profil-negara-amerika-serikat-united-states-of-america/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Daftar Kabupaten dan Kota di Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Daftar Kabupaten dan Kota di Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Daftar Kabupaten dan Kota di Daerah Khusus Ibukota Jakarta – Daerah Khusus Ibukota Jakarta atau sering disingkat dengan DKI Jakarta adalah Ibukota Negara Republik Indonesia. DKI Jakarta juga merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang berstatus setingkat dengan Provinsi dengan Kepala Daerah Gubernur. DKI Jakarta yang letak geografisnya berada di 6°12’ Lintang Selatan dan 106°48’ Bujur Timur ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat disebelah Timur dan Selatannya dan Provinsi Banten di sebelah Baratnya. Sedangkan di sebelah Utara DKI Jakarta adalah Laut Jawa.

Hari Jadi DKI Jakarta ditetapkan pada tanggal 22 Juni 1527, hari tersebut merupakan hari pendudukan pelabuhan Sunda Kelapa oleh Fatahillah pada tahun 1527 yang kemudian menggantikannya menjadi Kota Jayakarta yang artinya adalah “Kota Kemenangan”. Dalam sejarahnya, Kota Jakarta memiliki berbagai sebutan yang diantaranya adalah Sunda Kelapa (397-1527), Jayakarta (1527-1619), Batavia (1619-1942), Jakarta (1942 hingga sekarang). Kota Jakarta ini merupakan kota penting dalam sejarah Republik Indonesia, karena Kota ini juga merupakan tempat dilangsungkannya Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Luas Daerah Khusus Ibukota Jakarta adalah sebesar  664,01 Km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 9.988.495 jiwa. DKI Jakarta yang setingkat Provinsi ini juga merupakan Provinsi terkecil di Indonesia berdasarkan luas wilayahnya.

Seperti Provinsi-provinsi lainnya yang berada di Pulau Jawa, DKI Jakarta juga termasuk dalam wilayah zona Waktu Indonesia Barat atau WIB. Zona Waktu Indonesia Barat (WIB) ini sama dengan Waktu Internasional GMT +7 atau UTC +7.
Baca : Pembagian Zona Waktu di Wilayah Indonesia.

Daftar Kabupaten dan Kota di Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Secara Administratif, DKI Jakarta terdiri dari 1 Kabupaten dan 5 Kota. Berikut ini adalah daftar 1 Kabupaten dan 5 Kota di DKI Jakarta beserta luas wilayahnya.

No. Kabupaten/Kota Pusat Pemerintahan Luas Wilayah
1 Kabupaten Kep. Seribu Pulau Pramuka 10,18 km2
2 Kota Jakarta Barat Kembangan 124,44 km2
3 Kota Jakarta Pusat Menteng 52,38 km2
4 Kota Jakarta Selatan Kebayoran Baru 154,32 km2
5 Kota Jakarta Timur Cakung 182,70 km2
6 Kota Jakarta Utara Koja 139,99 km2

 

Sumber referensi :

Luas Wilayah dikutip dari Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan – situs www.kemendagri.go.id.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*