_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/06/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/tari-tarian-tradisional-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/tari-tarian-tradisional-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/tari-tarian-tradisional-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi DI Yogyakarta

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi DI Yogyakarta

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi DI Yogyakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I. Yogyakarta) adalah salah satu provinsi di Indonesia dan merupakan hasil peleburan dari Negara Kesultanan Yogyakarta (Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat) dan Negara Kadipaten Paku Alaman yang bergabung di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Gubernur D.I. Yogyakarta saat ini dijabat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur dijabat oleh Sri Paku Alam X. Provinsi Daerah Istimewa (D.I.) Yogyakarta ini didirikan berdasarkan Dasar Hukum UU No. 3 tahun 1950 dan UU No. 13 tahun 2012. Tanggal 4 Maret 1950 yaitu tanggal diundangkannya UU No. 3 tahun 1950 ini ditetapkan sebagai Hari Jadi Provinsi D.I. Yogyakarta.

Secara geografis, Provinsi DI Yogyakarta yang terletak di Tengah-Selatan Pulau Jawa ini berada di 8° 30′ – 7° 20′ Lintang Selatan, dan 109° 40′ – 111° 0′ Bujur Timur. Provinsi D.I. Yogyakarta berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah di sebelah Barat, Utara dan Timur sedangkan di Selatan Provinsi D.I. Yogyakarta adalah Samudera Hindia.

Provinsi D.I. Yogyakarta merupakan provinsi terkecil kedua setelah DKI Jakarta. Luas wilayah Provinsi D.I. Yogyakarta adalah 3.133,15  Km² dengan jumlah penduduk sebanyak 3.542.078 Jiwa. Ibukota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Kota Yogyakarta.

Seperti Provinsi-provinsi lainnya yang berada di Pulau Jawa, Provinsi DI Yogyakarta juga berada di zona waktu Indonesia Barat. Zona Waktu Indonesia Barat ini sama dengan Waktu Internasional GMT +7 atau UTC +7.
Baca juga : Pembagian Zona Waktu di Indonesia.

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi DI Yogyakarta

Secara Administratif, Provinsi D.I. Yogyakarta yang biasa disingkat dengan DIY ini terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 Kota. Berikut ini adalah daftar 4 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi DI Yogyakarta beserta Luas wilayah dan Ibukotanya.

No. Kabupaten/Kota Ibu kota Luas Wilayah
1 Kabupaten Bantul Bantul 508,13 km2
2 Kabupaten Gunungkidul Wonosari 1.431,42 km2
3 Kabupaten Kulon Progo Wates 586,28 km2
4 Kabupaten Sleman Sleman 574,82 km2
5 Kota Yogyakarta Yogyakarta 32,5 km2

 

Sumber referensi :

Luas Wilayah dikutip dari Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan – situs www.kemendagri.go.id.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*