_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/10/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-buah-pepaya-manfaat-buah-pepaya-bagi-kesehatan/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-buah-pepaya-manfaat-buah-pepaya-bagi-kesehatan/kandungan-gizi-buah-pepaya-nutrisi-pepaya-dan-manfaat-buah-pepaya-bagi-kesehatan/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Timur

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Timur

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Timur – Provinsi Kalimantan Timur adalah salah satu Provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan. Secara geografis, Provinsi yang sering disingkat dengan Kaltim ini berada di antara 2°33’ – 2°25′ Lintang Selatan dan 113°44′ – 119°00′ Bujur Timur. Provinsi Kalimantan Timur berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Utara di sebelah Utaranya dan berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Selatan di sebelah Selatannya. Di sebelah Baratnya, Kalimantan Timur berbatasan dengan salah satu negara bagian Malaysia yaitu Serawak serta 2 Provinsi lainnya yang terletak di Pulau Kalimantan yaitu Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Kalimantan Tengah. Sedangkan di sebelah Timurnya Kalimantan Timur adalah Selat Makasar dan Laut  Sulawesi.

Provinsi Kalimantan Timur merupakan Provinsi Terbesar ketiga di Indonesia setelah Provinsi Papua dan Provinsi Kalimantan Tengah. Luas Wilayah Provinsi Kalimantan Timur adalah 129.066,64 Km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 3.360.610 Jiwa. Jumlah Penduduk di Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu Provinsi dengan jumlah penduduk paling sedikit di Indonesia. Suku Bangsa di Kalimantan Timur adalah suku Dayak dan suku Banjar.

Provinsi Kalimantan Timur didirikan pada tanggal 1 Januari 1957 berdasarkan Dasar Hukum UU No. 25 Tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah-daerah otonom Propinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Ibukota Provinsi Kalimantan Timur adalah Kota Samarinda.

Provinsi Kalimantan Timur berada di zona Waktu Indonesia Tengah atau disingkat dengan zona waktu WITA. Zona Waktu Indonesia Tengah (WITA) sama dengan zona waktu International UTC +8 atau GMT +8.
Baca juga : Pembagian Zona Waktu di Indonesia. 

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Timur

Secara Administratif, Provinsi Kalimantan Timur terdiri dari 7 Kabupaten dan 3 Kota. Berikut ini adalah Daftar 7 Kabupaten dan 3 Kota di Provinsi Kalimantan Barat.

No. Kabupaten/Kota Ibu kota Luas Wilayah
1 Kabupaten Berau Tanjung Redeb 21.240 km2
2 Kabupaten Kutai Barat Sendawar 20.381,59 km2
3 Kabupaten Kutai Kartanegara Tenggarong 23.601,91 km2
4 Kabupaten Kutai Timur Sangatta 35.747,50 km2
5 Kabupaten Paser Tana Paser 7.730,88 km2
6 Kabupaten Penajam Paser Utara Penajam 3.333,06 km2
7 Kabupaten Mahakam Ulu Ujoh Bilang 15.315 km2
8 Kota Balikpapan Balikpapan 527 km2
9 Kota Bontang Bontang 406,7 km2
10 Kota Samarinda Samarinda 783 km2

Sumber referensi :
Luas Wilayah dikutip dari Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan (Permendagri No.56-2015) – situs www.kemendagri.go.id

Artikel Terkait : Daftar 34 Provinsi di Republik Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*