_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/06/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/tari-tarian-tradisional-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/tari-tarian-tradisional-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/tari-tarian-tradisional-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Utara

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Utara

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Utara – Provinsi Kalimantan Utara adalah salah satu Provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan tepatnya di bagian utara pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Utara yang didirikan pada tanggal 25 Oktober 2015 berdasarkan dasar Hukum UU No. 20 Tahun 2012 ini merupakan Provinsi yang ke-34 dan menjadikannya sebagai Provinsi Termuda di Republik Indonesia. Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2012 tersebut, Kalimantan Utara secara resmi berpisah dengan Provinsi Kalimantan Timur dengan Irianto Lambrie sebagai Pejabat Gubernurnya. Di sebelah Utara, Provinsi Kalimantan Utara berbatasan dengan Sabah dan Sarawak yang merupakan Negara bagian dari Malaysia, sedangkan di sebelah Selatannya berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Timur.

Luas wilayah Provinsi Kalimantan Utara adalah 75.467,70km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 588.791 jiwa. Penduduk asli Kalimantan Utara adalah Suku Bulungan, Suku Dayak, Suku Banjar, Suku Kutai dan Suku Tidung. Ibukota Provinsi Kalimantan Utara adalah Tanjung Selor yang terletak di Kabupaten Bulungan.

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Utara

Secara Administratif, Provinsi Kalimantan Utara terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 Kota. Berikut ini adalah daftar 4 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Kalimantan Utara beserta Ibukota dan luas wilayahnya.

No. Kabupaten / Kota Ibu kota Luas Wilayah
1 Kabupaten Nunukan Nunukan 13.841,90 km2
2 Kabupaten Malinau Malinau 42.620,70 km2
3 Kabupaten Bulungan Tanjung Selor 13.925,72 km2
4 Kabupaten Tana Tidung Tideng Pale 4.828,58 km2
5 Kota Tarakan Tarakan 250,8 km2

Sumber :

Luas Wilayah Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Utara ini dikutip dari Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan (Permendagri No.56-2015) – situs www.kemendagri.go.id.

Baca juga : Daftar 34 Provinsi di Republik Indonesia

1 Comment on Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*