_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/03/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/10-orang-terkaya-di-dunia-2017-versi-forbes/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/10-orang-terkaya-di-dunia-2017-versi-forbes/10-orang-terkaya-di-dunia-2017-versi-forbes/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung – Seperti namanya, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan sebuah Provinsi yang terdiri dari 2 pulau besar utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Selain kedua pulau besar tersebut, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga memiliki beberapa pulau kecil disekitar 2 pulau utama tersebut yaitu pulau Pongok, pulau Lepar, pulau Mendanau, pulau Selat Nasik serta pulau-pulau lainnya. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terletak di sebelah Timurnya Pulau Sumatera berdekatan dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Secara Geografis, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berada di antara 1°50′ – 3°10′ Lintang Selatan dan 105° – 108° Bujur Timur. Provinsi yang terdiri dari dua pulau besar dan ratusan pulau kecil ini dikelilingi oleh laut, disebelah utara Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah Laut Natuna, di sebelah selatannya adalah Laut Jawa sedangkan di sebelah Timur adalah Laut Karimata dan di sebelah Baratnya adalah Selat Bangka.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini didirikan pada tanggal 21 November 2000 berdasarkan dasar hukum UU No. 27 Tahun 2000. Provinsi yang sering disingkat dengan Babel ini sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan hingga dimekarkan pada Tahun 2000.

Luas wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah 16.424,06 Km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 1.277.586 jiwa. Suku Bangsa aslinya adalah Suku Melayu. Ibukota Provinsi Bangka Belitung adalah Kota Pangkal Pinang.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung termasuk dalam zona waktu Indonesia Barat atau disingkat dengan WIB. Zona Waktu Indonesia Barat ini sama dengan Zona Waktu Internasional UTC +7 atau GMT +7.
Baca juga : Pembagian Zona Waktu di Indonesia.

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Secara Administratif, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini terdiri dari 6 Kabupaten dan 1 Kota. Berikut ini adalah daftar 6 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beserta Ibukota dan luas wilayahnya.

No. Kabupaten/Kota Ibu kota Luas Wilayah
1 Kabupaten Bangka Sungai Liat 2.950,68 km2
2 Kabupaten Bangka Barat Muntok 2.820,61 km2
3 Kabupaten Bangka Selatan Toboali 3.607,08 km2
4 Kabupaten Bangka Tengah Koba 2.155,77 km2
5 Kabupaten Belitung Tanjung Pandan 2.293,61 km2
6 Kabupaten Belitung Timur Manggar 2.506,91 km2
7 Kota Pangkal Pinang Pangkal Pinang 89,4 km2

 

Sumber referensi :

Luas Wilayah dikutip dari Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan – situs www.kemendagri.go.id.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*