_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/04/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-mesir-egypt/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-mesir-egypt/profil-negara-mesir-egypt-2/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Daftar Negara Bagian dan Wilayah Persekutuan di Malaysia

Daftar Negara Bagian dan Wilayah Persekutuan di Malaysia

Daftar Negara Bagian dan Wilayah Persekutuan di Malaysia – Malaysia adalah salah satu negara yang terletak di wilayah Asia Tenggara dan juga merupakan salah satu negara anggota ASEAN. Secara geografis, Malaysia yang terdiri dari dua kawasan yaitu kawasan semenajung Malaysia Barat dan Semenajung Malaysia Timur ini berada di koordinat 2°30’N – 112°30’E. Sebelah Utara, Malaysia berbatasan dengan Thailand, Brunei Darussalam dan Laut China Selatan. Sebelah Selatannya berbatasan dengan Indonesia dan Singapura. Sebelah Barat Malaysia adalah Selat Malaka dan Sebelah Timurnya adalah Laut Sulu dan Laut Sulawesi.

Berdasarkan data yang dikutip dari CIA World Factbook, Populasi Malaysia sebanyak 30.949.962 jiwa (2016). 50,1% diantaranya merupakan suku Melayu dan 22,6% adalah etnis Tionghoa. Sedangkan etnis India sebanyak 6,7%. Luas wilayah Malaysia adalah 329.847km2 dengan Ibukotanya di Kota Kuala Lumpur. Tanggal 31 Agustus 1957 diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Malaysia.

Malaysia menganut sistem pemerintahan Monarki Konstitusional Federal dengan kepala negaranya adalah seorang Raja atau Sultan, di Malaysia disebut dengan “Yang di-Pertuan Agong”. Jabatan “Yang di-Per-Tuan Agong” ini digilirkan setiap lima tahun diantara sembilan Sultan Negeri Melayu. Kesembilan Sultan Negeri Melayu yang dapat dipilih maupun memilih adalah Sultan Johor, Sultan Kedah, Sultan Kelantan, Yang Dipertuan Besar Negeri Sembilan, Sultan Pahang, Sultan Perak, Raja Perlis, Sultan Selangor dan Sultan Terengganu. Sedangkan kepala pemerintahannya dipimpin oleh seorang Perdana Menteri yang dipilih melalui Pemilihan Umum yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali.

Dengan Sistem Pemerintahaan Monarki Konstitusional Federal tersebut, Malaysia  dibagi menjadi 13 Negara Bagian dan 3 Wilayah Persekutuan. Setiap Negara Bagian dikepalai oleh seorang Sultan atau Raja atau Yang Dipertuan Besar serta seorang Menteri Besar atau Menteri Eksekutif.
Baca juga : Daftar Negara-negara Serikat (Federal) di Dunia.

Daftar Negara-negara Bagian dan Wilayah Persekutuan di Malaysia

Berikut ini adalah Daftar Negara-negara Bagian dan Wilayah Persekutuan di Malaysia beserta Ibukota dan gelar kepala negara bagiannya.

Negara-negara Bagian di Malaysia

No.

Negara Bagian Kepala Negara Bagian

Ibukota

1 Johor Sultan Johor Bahru
2 Kedah Sultan Alor Setar
3 Kelantan Sultan Kota Bahru
4 Melaka Yang Dipertua Negeri Kota Melaka
5 Negeri Sembilan Yang Dipertuan Besar Seremban
6 Pahang Sultan Kuantan
7 Perak Sultan Ipoh
8 Perlis Raja Kangar
9 Pulau Pinang Yang Dipertua Negeri George Town
10 Selangor Sultan Shah Alam
11 Terengganu Sultan Kuala Terengganu
12 Sarawak Yang Dipertua Negeri Kuching
13 Sabah Yang Dipertua Negeri Kota Kinabalu

 

Wilayah Persekutuan di Malaysia

No.

Wilayah Persekutuan Kepala Negara Bagian

Ibukota

1 Kuala Lumpur Sultan Malaysia Kuala Lumpur
2 Putrajaya Sultan Malaysia Putrajaya
3 Labuan Sultan Malaysia Victoria

Catatan : Kepala Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Putrajaya dan Labuan adalah berada langsung dibawah Sultan Malaysia (Yang Dipertuan Agong) dengan Menteri Besar atau Menteri Eksekutifnya adalah Perdana Menteri Malaysia.

Sumber referensi : Jumlah Penduduk dan Luas Wilayah Malaysia dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*