_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/10/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-buah-pepaya-manfaat-buah-pepaya-bagi-kesehatan/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-buah-pepaya-manfaat-buah-pepaya-bagi-kesehatan/kandungan-gizi-buah-pepaya-nutrisi-pepaya-dan-manfaat-buah-pepaya-bagi-kesehatan/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Daftar Negara-negara Serikat (Federal) di Dunia

Daftar Negara-negara Serikat (Federal) di Dunia

Daftar Negara-negara Serikat (Federal) di Dunia – Negara Serikat atau sering disebut juga dengan Negara Federal merupakan salah satu bentuk pemerintahan yang dianut oleh beberapa negara di dunia ini. Yang dimaksud dengan Negara Serikat atau Negara Federal adalah Negara yang didalamnya terdapat beberapa negara bagian. Kekuasaan antara Pemerintah Federal dan Pemerintah Negara Bagian dibagi sedemikian rupa sehingga masing-masing pemerintah memiliki bidang kekuasaannya. Namun khusus untuk perjanjian-perjanjian dengan pihak asing atupun pihak luar negeri, harus melalui pemerintah pusatnya.

Secara umum, Negara Federal dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu Republik Federal dan Monarki Federal. Seperti namanya, Negara Republik Federal adalah Federasi dari beberapa negara bagian dengan bentuk pemerintahan Republik yang dikepalai oleh seorang Presiden, contoh Negara-negara Republik Federal seperti Amerika Serikat, Rusia dan Brasil. Sedangkan Negara Monarki Federal adalah Federasi dari beberapa Negara Bagian dengan bentuk pemerintahaan Monarki yang dikepalai oleh seorang Raja atau Ratu, contoh negara-negara Monarki Federal adalah Malaysia, Uni Emirat Arab dan Australia.

Daftar Negara Republik Federal

Berikut ini adalah negara-negara dengan bentuk pemerintahan Republik Federal beserta jumlah negara bagian dan teritori/distriknya :

No. Nama Negara Jumlah Negara Bagian dan Teritorial/Distrik
1 Argentina 23 Provinsi dan 1 Kota Otonomi
2 Austria 9 Negara Bagian
3 Bosnia dan Herzegovina 2 Entitas dan 1 Distrik
4 Brasil 26 Negara Bagian dan 1 Distrik
5 Komoro 3 Kepulauan dan 4 Munisipalitas
6 Ethiopia 9 Negara Bagian dan 2 Self-Governing Administative
7 Jerman 16 Negara Bagian
8 India 29 Negara Bagian dan 7 Uni Teritori
9 Irak 18 Gubernuran dan 1 Otonomi Kurdistan
10 Meksiko 31 Negara Bagian dan 1 Distrik
11 Federasi Mikronesia 4 Negara Bagian
12 Nepal 14 Zona
13 Nigeria 36 Negara Bagian dan 1 Teritori
14 Pakistan 4 Provinsi dan 1 Teritori
15 Rusia 21 Republik, 46 Oblast, 9 Krays, 4 Otonomi Okrug,
2 Tingkat kota Federal, 1 Otonomi Oblast.
16 Sudan Selatan 10 Negara Bagian
17 Somalia 18 Negara Bagian
18 Sudan 18 Negara Bagian
19 Swiss 26 Kanton
20 Amerika Serikat 50 Negara Bagian dan 1 Distrik
21 Venezuela 23 Negara Bagian dan 1 Distrik, 1 Dependesi

 

Daftar Negara Monarki Federal

Berikut ini adalah negara-negara dengan bentuk pemerintahan Monarki Federal beserta jumlah negara bagian dan teritori/distriknya :

No. Nama Negara Jumlah Negara Bagian dan Teritorial/Distrik
1  Australia 6 Negara Bagian dan 2 Teritori
2  Belgia 3 Regional
3  Kanada 10 Provinsi dan 3 Teritori
4  Malaysia 13 Negeri dan 3 Wilayah Persekutuan
5  Saint Kitts dan Nevis 14 Paroki
6  United Arab Emirates 7 Emirat

 

Sumber referensi : Jumlah negara bagian dan teritori/distrik di Negara Serikat yang bersangkutan dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*