_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/07/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/lagu-lagu-daerah-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/lagu-lagu-daerah-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/lagu-lagu-daerah-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Kandungan Gizi Buah Kiwi dan Manfaat Buah Kiwi bagi Kesehatan



Kandungan Gizi Buah Kiwi dan Manfaat Buah Kiwi bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Kiwi dan Manfaat Buah Kiwi bagi Kesehatan – Buah Kiwi adalah buah yang bernutrisi tinggi, Vitamin C yang terkandung dalam buah Kiwi hampir dua kali lebih tinggi dari buah jeruk. Selain Vitamin C, Buah yang aslinya berasal dari daratan China dengan sebutan Gosberi China (Chinese Gooseberry) ini juga mengandung berbagai antioksidan, serat, mineral dan vitamin-vitamin lainnya. Beberapa penelitian menunjukan bahwa konsumsi Buah Kiwi dapat menurunkan risiko penyakit jantung, mengatasi sembelit dan membantu memperlancar sistem pencernaan.

Buah Kiwi yang memiliki nama ilmiah Actinidia deliciosa ini berbentuk oval dengan warna kulit hijau kecoklatan, sedangkan daging buah kiwi berwarna hijau atau keemasan dengan biji kecil hitam yang dapat dimakan bersamaan dengan dagingnya. Buah Kiwi mulai ditanam dan diproduksi secara komersil pada tahun 1930an oleh Selandia Baru. Nama Kiwi tersebut berasal dari nama burung Kiwi yaitu burung  yang tidak bisa terbang dari Selandia Baru.

Kandungan Gizi Buah Kiwi

Berikut ini adalah kandungan Gizi buah kiwi pada setiap 100gramnya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 61 kal
Karbohidrat 14,7g
Air 83%
Protein 1,1g
Gula 9g
Serat 3g
Lemak 0,5g
Vitamin A 4µg 0%
Vitamin C 92,7mg 103%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 1,46mg 10%
Vitamin K 40,3µg 34%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,03mg 2%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,03mg 2%
Vitamin B3 (Niacin) 0,34mg 2%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,18mg 4%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,06mg 5%
Vitamin B9 (Folat) 25µg 6%
Vitamin B12 0µg
Cholin 7,8mg 1%
Kalsium 34mg 3%
Zat Besi 0,31mg 4%
Magnesium 17mg 4%
Fosfor 34mg 5%
Potassium (Kalium) 312mg 7%
Sodium 3mg 0%
Seng (Zinc) 0,14mg 1%
Tembaga (Copper) 0,13mg 14%
Manganese 0,1mg 4%
Selenium 0,2µg 0%

 

Manfaat Buah Kiwi bagi Kesehatan

Selain mengandung Vitamin dan Mineral yang tertera pada tabel diatas, Buah Kiwi juga mengandung beberapa senyawa tumbuhan seperti Quercetin, Lutein dan Actinidin yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah Kiwi bagi kesehatan kita.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah Kiwi merupakan buah yang kaya akan Vitamin C. Setiap 100gram buah kiwi mengandung 92,7mg Vitamin C yang dapat memenuhi angka kebutuhan gizi harian hingga 103%. Seperti yang kita ketahui, Vitamin C merupakan nutrisi penting bagi tubuh kita untuk meningkatkan sistem kekebalannya.
Baca juga : 10 Makanan yang mengandung Vitamin C Tertinggi.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Degenerasi Makula adalah salah satu penyebab utama kehilangan penglihatan. Buah Kiwi mengandung senyawa tumbuhan Lutein yang dapat membantu mencegah terjadi degenerasi makula tersebut. Sebuah penelitian menunjukan bahwa  mengkonsumsi tiga porsi buah kiwi sehari dapat menurunkan degenerasi makula sebesar 36%. Sebagai pengetahuan tambahan, Makula adalah daerah kecil yang berbentuk bulat dan terletak di bagian belakang retina.

3. Mengendalikan Tekanan Darah dan menurunkan resiko serangan jantung

Buah Kiwi mengandung Potassium atau Kalium yang tinggi sehingga dapat membantu tubuh kita mengendalikan tekanan darah. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 menunjukan bahwa zat bioaktif pada tiga buah kiwi dapat menurunkan tekanan darah dengan hasil yang lebih baik daripada mengkonsumsi buah apel setiap hari. Dalam jangka panjang, buah kita juga dapat menurunkan risiko terkenanya penyakit-penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi seperti stroke ataupun serangan jantung. Kandungan Quercetin yang terpadat pada buah kiwi juga merupakan senyawa tumbuhan yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Salah satu penyebab Kanker adalah radikal bebas dan kerusakan DNA. Sebuah Penelitian menunjukan bahwa kombinasi antioksidan yang terdapat pada buah kiwi dapat membantu melindungi sel DNA dari pengrusakan oksidasi sehingga dapat mencegah atau menurunkan risiko terkenanya penyakit kanker.

 5. Memperlancar sistem pencernaan

Buah Kiwi merupakan sumber Serat yang baik. Serat terbukti dapat mencegah sembelit dan memperlancar sistem pencernaan kita.

6. Mengobati Panyakit Asma

Vitamin C dan antioksidan tinggi yang terkandung oleh buah kiwi dapat membantu mengobati penyakit Asma. Suatu penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi buah-buahan termasuk buah kiwi secara teratur dapat memberikan manfaat yang baik bagi fungsi paru-paru. Buah-buahan segar termasuk buah kiwi dapat mengurangi mengi (wheezing) pada anak-anak. Sebagai informasi, mengi atau wheezing adalah suara bernada tinggi yang terjadi akibat aliran udara yang melalui saluran napas yang sempit.

7. Menjaga kesehatan kulit

Buah Kiwi mengandung Vitamin E yang tinggi, Vitamin E merupakan antioksidan untuk melindungi kulit dari polusi, sinar matahari, debu dan denegerasi.

 

Sumber referensi : Kandungan Gizi Buah Kiwi per 100 gram ini dikutip dari Authority Nutrition. Manfaat Buah Kiwi bagi kesehatan diolah dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*