_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/08/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/negara-anggota-uni-afrika-african-union/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/?attachment_id=3385","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Kandungan Gizi Buah Pisang dan Manfaat Buah Pisang



Kandungan Gizi Buah Pisang dan Manfaat Buah Pisang bagi kesehatan

Kandungan Gizi Buah Pisang dan Manfaat Buah Pisang – Buah Pisang adalah salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan di kawasan yang memiliki iklim panas dan lembab seperti Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, Papua, Amerika Selatan dan Afrika. Tanaman Pisang yang berdaun besar dan memanjang ini menghasilkan buah yang tersusun tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut dengan sisir. Buah Pisang yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Banana ini merupakan sumber makanan yang bergizi tinggi, banyak gizi atau nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia terdapat pada buah pisang ini.

Baca juga : Pengertian Piramida Makanan (Gizi Seimbang).

Kandungan Gizi Buah Pisang per 100g

Berikut ini adalah kandungan gizi dalam buah Pisang pada setiap 100 gramnya (3,5oz).

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 89 kal
Karbohidrat 22,8g
Air 75%
Protein 1,1g
Gula 12,2g
Serat 2,6g
Lemak 0,3g
Vitamin A 3µg 0%
Vitamin C 8,7mg 10%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,1mg 1%
Vitamin K 0,5µg 0%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,03mg 3%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,07mg 6%
Vitamin B3 (Niacin) 0,67mg 4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,33mg 7%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,37mg 28%
Vitamin B9 (Folat) 20µg 5%
Vitamin B12 0µg
Cholin 9,8mg 2%
Kalsium 5mg 1%
Zat Besi 0,26mg 3%
Magnesium 27mg 7%
Fosfor 22mg 3%
Potassium (Kalium) 358mg 8%
Sodium 1mg 0%
Seng (Zinc) 0,15mg 1%
Tembaga (Copper) 0,08mg 9%
Manganese 0,27mg 12%
Selenium 1µg 2%

 

Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

Buah Pisang yang kaya akan Serat, Vitamin B6, Vitamin C, Potassium (Kalium) banyak memberikan manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan manusia.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit Jantung adalah salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian. Pisang yang kaya akan Potassium (Kalium) ini dapat menjaga kesehatan jantung dan juga menjaga tekanan darah berada dalam kondisi yang stabil. Menurut beberapa penelitian, asupan kalium sebanyak 1,3g hingga 1,4g per hari dapat menurunkan 26% risiko terkenanya penyakit jantung. Di samping itu, buah pisang juga mengandung Antioksidan yang dapat menurunkan risiko terkenanya penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung.

2. Membantu saluran pencernaan

Serat tinggi yang dimiliki buah Pisang dapat membantu memperlancar saluran pencernaan. Buah Pisang mengandung Pati Resisten (Resistant Starch) dan Pektin merupakan prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik sehingga dapat membantu sistem pencernaan pada saluran usus.  Konsumsi Pisang juga dapat menghindari pengerasan feses yang pada dasarnya merupakan gejala awal dari sembelit.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Vitamin C yang terdapat pada buah Pisang dapat menangkal pembentukan radikal bebas. Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas merupakan penyebab penyakit kanker. Selain Vitamin C, buah pisang juga mengandung serat yang dapat mencegah kanker kolorekterum. Kanker Kolorekterum adalah kanker yang yang berkembang dari sel-sel usus besar.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Seperti buah-buahan lainnya, buah Pisang juga mengandung antioksidan dan Karotenoid yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Katarak, Rabun senja dan Glaukoma dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah pisang yang cukup.

5. Menurunkan Risiko Gangguan Ginjal

Buah Pisang mengandung potassium atau kalium yang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi Kalium yang cukup, kita dapat menjaga kesehatan ginjal dan mencegah penyakit kegagalan ginjal. Suatu penelitian menyatakan bahwa seseorang yang mengkomsumsi pisang 4 – 6 kali dalam seminggu dapat menurunkan 50% risiko terkenanya penyakit ginjal jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi buah pisang secara rutin tersebut.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan Piridoksin atau Pyridoxine (Vitamin B6) yang tinggi pada buah pisang juga dapat menjaga kesehatan kulit dan menyembuhkan berbagai masalah kulit seperti ketombe, jerawat dan kulit kering.

Sumber referensi :Kandungan Gizi buah Pisang per 100gram dikutip dari Authority Nutrition. Manfaat buah Pisang bagi kesehatan diolah dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*