_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/08/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/negara-anggota-uni-afrika-african-union/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/?attachment_id=3385","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Kandungan Gizi Buah Stroberi (Strawberry) dan Manfaat Stroberi bagi Kesehatan



Kandungan Gizi buah Stroberi (Strawberry) dan Manfaat Stroberi bagi kesehatan

Kandungan Gizi Buah Stroberi (Strawberry) dan Manfaat Stroberi bagi Kesehatan –  Stroberi (Strawberry) atau dalam bahasa Indonesia dikenal juga dengan sebutan Arbei adalah buah yang berwarna kehijauan sangat berkembang dan berubah menjadi warna merah setelah matang. Buah yang aslinya berasal dari benua Eropa pada abab ke-18 ini telah banyak dibudidayakan di dunia terutama negara-negara di belahan utara bumi ini seperti negara-negara di Amerika Utara, Eropa, Asia Timur dan Rusia.

Buah Stroberi atau lebih tepatnya disebut dengan Buah Stroberi Kebun (Garden Strawberry) biasanya dimakan segar atau diolah menjadi Jus Stroberi, Selai dan penyedap makanan. Nama ilmiah Stroberi adalah Fragaria ananassa.
Baca juga : Kandungan Gizi Buah Apel dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Buah Stroberi (Strawberry)

Buah Stroberi (Strawberry) mengandung berbagai antioksidan, senyawa tumbuhan, mangan dan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Berikut dibawah ini adalah tabel kandungan gizi buah stroberi pada setiap 100 gram-nya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 32 kcal
Karbohidrat 7,7g
Air 91%
Protein 0,7g
Gula 4,9g
Serat 2g
Lemak 0,3g
Vitamin A 1µg 0%
Vitamin C 58,8mg 65%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,29mg 2%
Vitamin K 2,2µg 2%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,02mg 2%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,02mg 2%
Vitamin B3 (Niacin) 0,39mg 2%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,13mg 2%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,05mg 4%
Vitamin B9 (Folat) 24µg 6%
Vitamin B12 0µg
Kalsium 16mg 2%
Zat Besi 0,41mg 5%
Magnesium 13mg 3%
Fosfor 24mg 3%
Potassium (Kalium) 153mg 3%
Sodium 1mg 0%
Seng (Zinc) 0,14mg 1%

 

Manfaat Buah Stroberi (Strawberry) bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah Stroberi bagi kesehatan kita.

1. Menjaga kesehatan Mata

Beberapa penyebab terjadinya penyakit mata diantaranya adalah kurangnya nutrisi/gizi tertentu, radikal bebas dan bertambahnya usia. Antioksidan seperti Flavonoid, Fitokimia Fenolik dan Asam Elegat yang terdapat pada buah stroberi dapat membantu mencegah penyakit mata yang diakibatkan oleh radikal bebas tersebut. Satu lagi fungsi buah stroberi pada kesehatan mata ini adalah memperbaiki tekanan okular (ocular pressure) pada mata. Potassium atau Kalium yang terkandung oleh buah stroberi dapat membantu menjaga tekanan okular tersebut dengan benar.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Radikal bebas merupakan sumber dari penyakit kanker. Buah Stroberi mengandung berbagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah terbentuk sel kanker dan pertumbuhan tumor. Antioksidan yang terkandung dalam stroberi tersebut diantaranya seperti Vitamin C, Folat, Antosianin, Kuersetin dan Kaempferol.

3. Menjaga kesehatan Jantung

Kandungan serat yang tinggi, Folat, tidak berlemak dan memiliki tingkat antioksidan yang tinggi menjadikan buah stroberi sebagai buah yang ideal bagi kesehatan jantung. Kombinasi Vitamin, mineral, antioksidan dan senyawa tumbuhan ini dapat mengurangi kadar kolesterol dalam arteri dan pembuluh darah sehingga Jantung dapat bekerja dengan normal. Kandungan beberapa jenis Vitamin B di buah stroberi juga dapat memperkuat otot jantung dan menjaga kesehatan fungsi jantung.

4. Mencegah Arthritis (Radang Sendi) dan Asam Urat

Degenarasi otot dan jaringan, pengeringan cairan sendi, akumulasi racun dan radikal bebas merupakan penyebab utama Arthritis (radang sendi) dan asam urat. Stroberi mengandung antioksidan dan detoksifikasi dapat secara efektif membantu menghindari masalah kesehatan tersebut. Stroberi juga mengandung anti-inflamasi (anti peradangan) yang kuat untuk meredakan peradangan dan rasa sakit yang terkait dengan radang sendi dan asam urat. Sebagai informasi tambahan, yang dimaksud dengan Arthritis adalah pembengkakan dan kekakuan pada sendi yang menyebabkan gerakan tubuh menjadi sulit dan menyakitkan.

5. Memperkuat Fungsi Otak

Mulai menghilangnya ingatan dan pengendalian atas aktivitas tubuh merupakan masalah yang sering dihadapi oleh mereka yang telah menginjak usia tertentu. Hal ini dapat dikarenakan penuaan alami atau penuaan dini pada otak dan sistem sarafnya. Pada dasarnya, penyebab utama penuaan adalah dikarenakan oleh radikal bebas yang merusak jaringan otak dan saraf sehingga menjadi merosot dam melemah. Untungnya, Stroberi yang mengandung Vitamin C dan Fitokimia dapat menetralkan efek oksidan dan meremajakan sistem ini.

Stroberi juga mengandung Yodium (iodine) yang dapat membantu mengatur berfungsinya Otak dan sistem saraf dengan baik. Kandungan Kalium (Potassium) dalam jumlah signifikan yang ditemukan di buah stroberi juga dikaitkan dengan peningkatan aliran darah ke otak sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif seseorang. Sebuah penelitian menunjukan bahwa siswa-siswa yang memiliki tingkat potasium (kalium) tinggi akan memiliki konsentrasi dan daya ingat yang kuat juga. Oleh karena itu, Stroberi juga sering dianggap sebagai “makanan untuk otak”.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem Kekebalan Tubuh adalah pertahanan pertama tubuh kita dalam melawan berbagai macam infeksi, mikroba dan virus yang menyerang tubuh kita. Vitamin C yang telah dikenal luas sebagai Vitamin untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan mengobati pilek dan batuk ringan. Vitamin C merangsang aktivitas sel darah putih yang merupakan garis pertama pertahanan tubuh kita melawan racun dan benda-benda asing.  Vitamin C juga merupakan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

7. Mengurangi Peradangan

Buah Stroberi (Strawberry) mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Sumber referensi : Kandungan Gizi Buah Stroberi (Strawberry) per 100g ini dikutip dari Authority Nutrition sedangkan manfaat buah stroberi bagi kesehatan diolah dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*