_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/08/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/38-cabang-olahraga-yang-dipertandingkan-di-sea-games-2017/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/38-cabang-olahraga-yang-dipertandingkan-di-sea-games-2017/cabang-olahraga-yang-dipertandingkan-di-sea-games-2017/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Kandungan Gizi Buah Zaitun dan Manfaatnya bagi Kesehatan



Kandungan Gizi Buah Zaitun dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Zaitun dan Manfaatnya bagi Kesehatan – Buah Zaitun adalah buah yang berbentuk oval dengan rata-rata berat perbuah sekitar 3 gram hingga 5 gram. Buah yang berasal dari pohon Zaitun ini berwarna hijau dan berwarna ungu atau hitam pada saat telah matang. Namun ada juga beberapa jenis buah Zaitun yang tetap berwarna hijau meskipun sudah mencapai kematangannya. Buah Zaitun yang dikenal dengan nama ilmiah Olea europaea ini pada awalnya berasal dari kawasan Mediterania ini telah banyak dibudidayakan diberbagai negara.

Buah Zaitun dapat dimakan secara mentah ataupun dimakan setelah diawetkan, namun kebanyakan adalah mengolahnya menjadi Minyak yang biasa kita kenal dengan Minyak Zaitun. Zaitun dalam bahasa Inggris disebut dengan Olive, jadi minyak yang dibuat dari buah Zaitun ini pada umumnya disebut dengan Olive Oil.
Baca juga : Kandungan Gizi Buah Pisang dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Buah Zaitun (Olive)

Buah Zaitun merupakan buah yang mengandung Vitamin E, Kalsium, Zat Besi dan kadar antioksidan yang tinggi. Selain mengandung Vitamin E yang tinggi, Buah Zaitun yang masak juga mengandung berbagai Vitamin dan Mineral yang dibutuhkan oleh Tubuh Manusia. Berikut ini adalah beberapa Vitamin dan Mineral yang dikandung oleh Buah Zaitun pada setiap 100 gram-nya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 115 kcal
Karbohidrat 6,3g
Air 80%
Protein 0,8g
Gula 0g
Serat 3,2g
Lemak 10,7g
Vitamin A 20µg 2%
Vitamin C 0,9mg 1%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 1,65mg 11%
Vitamin K 1,4µg 1%
Vitamin B1 (Thiamine) 0mg 0%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0mg
Vitamin B3 (Niacin) 0,04mg 0%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,02mg 0%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,01mg 1%
Vitamin B9 (Folat) 0µg
Vitamin B12 0µg
Kalsium 88mg 9%
Zat Besi 3,3mg 41%
Magnesium 4mg 1%
Fosfor 3mg 0%
Potassium (Kalium) 8mg 0%
Sodium 735mg 49%
Seng (Zinc) 0,22mg 2%

Manfaat Buah Zaitun / Minyak Zaitun bagi Kesehatan

Kandungan Gizi pada Buah Zaitun baik Vitamin ataupun Mineral memberikan beberapa manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Diantaranya seperti menjaga kesehatan jantung, mencegah Osteoporosis, mencegah kanker.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kadar Kolesterol yang tinggi dan Tekanan darah tinggi dikenal sebagai faktor utama penyebab penyakit jantung. Asam Oleat (Oleic Acid) yang merupakan Asam Lemak tak jenuh utama pada buah ataupun minyak Zaitun. Asam Oleat ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengatur kadar kolesteral dalam tubuh manusia. Beberapa penelitian juga menunjukan bahwa buah Zaitun ataupun minyak Zaitun (Olive Oil) dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh kita.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Karakteristik Osteoporosis adalah menurunnya massa tulang dan kualitas tulang. Buah Zaitun ataupun minyak zaitun yang mengandung Kalsium tinggi ini dapat membantu mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah penyakit Osteoporosis atau penyakit tulang lainnya pada usia lanjut.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan Antioksidan dan Anti Peradangan yang terdapat pada Buah Zaitun atau Minyak Zaitun menjadikannya sebagai makanan alami yang dapat mencegah penyakit Kanker. Hal ini dikarenakan Oksidasi Kronis dan Peradangan Kronis pada dasarnya merupakan penyebab utama perkembangan sel kanker di dalam tubuh manusia. Buah Zaitan juga merupakan sumber Vitamin E yang hebat, Vitamin E dapat menangkal radikal bebas yaitu salah satu penyebab berkembangnya sel kanker dalam tubuh manusia.

4. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Buah Zaitun mengandung antioksidan dan Asam lemak yang menyehatkan dan melindungi kulit dan rambut. Vitamin E yang terkandung dalam buah Zaitun terbukti dapat melindungi kulit dan rambut dari radiasi ultraviolet (radiasi UV) sehingga kulit dan rambut sehat serta menghindari kanker kulit dan penuaan dini.

5. Meredakan Peradangan

Senyawa-senyawa yang terkandung pada buah ataupun minyak zaitun tidak hanya sebagai antioksidan, namun juga berfungsi sebagai anti-peradangan atau anti-inflamasi. Buah dan Minyak Zaitun dapat mengurangi rasa sakit dan iritasi pada sendi, otot dan luka. Buah dan Minyak Zaitun juga dapat mengurangi rasa sakit yang dikarenakan oleh rematik dan asam urat.

6. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Vitamin C dan Asam Lemak tak jenuh yang terkandung dalam buah atau minyak zaitun dapat menurunkan risiko terkenanya kanker usus. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat menetralisirkan radikal bebas dan menurunkan risiko terbentuknya batu empedu.

Sumber referensi : Kandungan Gizi Buah Zaitun per 100 gram ini dikutip dari Authority Nutrition. Sedangkan Manfaat Buah Zaitun (Olive) bagi kesehatan ini diolah dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*