_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/08/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-vietnam/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-vietnam/profil-negara-vietnam/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Kandungan Gizi Jagung dan Manfaat Jagung bagi Kesehatan



Kandungan Gizi Jagung dan Manfaat Jagung bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Jagung dan Manfaat Jagung bagi Kesehatan – Jagung yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Corn ini merupakan salah satu jenis makanan pokok manusia di dunia ini. Kandungan Karbohidratnya yang tinggi menyebabkan Jagung dijadikan sebagai makanan pokok bagi penduduk-penduduk di Amerika Tengah dan Selatan. Selain sebagai makanan pokok manusia, Jagung juga dijadikan sebagai bahan pakan ternak yang penting, sebagai minyak makan, tepung maizena bahkan pada industri-industri kimia dan kosmetika serta farmasi.
Baca juga : Kandungan Gizi Wortel dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Jagung merupakan tanaman pangan yang masih sekeluarga dengan rerumputan ini pada awalnya berasal Amerika Tengah namun saat ini telah banyak dibudidayakan diberbagai negara sebagai komoditas yang penting bagi kehidupan manusia. Jagung dapat dikonsumsi dengan banyak cara seperti dengan cara merebus, memanggang (bakar) ataupun diolah menjadi tepung jagung, sirup jagung dan sereal jagung.

Kandungan Gizi Jagung

Biji Jagung yang utuh mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat pada biji Jagung pada setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 96 kcal
Karbohidrat 21g
Air 73%
Protein 3,4g
Gula 4,5g
Serat 2,4g
Lemak 1,5g
Vitamin A 13µg 1%
Vitamin C 5,5mg 6%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,09mg 1%
Vitamin K 0,4µg 0%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,09mg 8%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,06mg 4%
Vitamin B3 (Niacin) 1,68mg 11%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,79mg 16%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,14mg 11%
Vitamin B9 (Folat) 23µg 6%
Vitamin B12 0µg
Kalsium 3mg 0%
Zat Besi 0,45mg 6%
Magnesium 26mg 7%
Fosfor 77mg 11%
Potassium (Kalium) 218mg 5%
Sodium 1mg 0%
Seng (Zinc) 0,62mg 6%

 

Manfaat Jagung bagi Kesehatan

Selain mengandung berbagai Vitamin dan Mineral, Jagung juga mengandung beberapa senyawa tanaman seperti Ferulic acid, Anthocyanins, Zeaxanthin, Lutein dan Phytic acid yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat jagung bagi kesehatan tubuh kita.

1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara. Jagung mengandung Vitamin B1 atau Thiamine yang dapat memegang peranan penting agar otak dapat bekerja dengan normal sehingga mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kernel atau tekstur biji jagung yang berwarna kuning mengandung zat Karotenoid yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula yaitu penurunan penglihatan di pusat garis mata. Beta Karoten membantu dalam memproduksi Vitamin A sehingga mendukung penglihatan menjadi lebih baik.

3. Mencegah Anemia

Anemia adalah berkurangnya sel darah merah atau kekurangan hemoglobin dalam darah. Jagung mengandung Zat Besi (Iron) yang merupakan mineral penting dalam pembentukan sel darah merah.  Kekurangan Zat Besi juga akan mengakibatkan Anemia.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Jagung merupakan makanan yang mengandung serat yang tinggi baik serat yang larut dalam lemak maupun serat yang tidak larut dalam lemak. Serat yang larut dalam lemak dapat membantu dalam memblokir penyerapan kolesterol sedangkan serat yang tidak larut dalam lemak dapat mencegah sembelit dan masalah usus lainnya dengan melunakkan tinja sehingga dapat dengan mudah bergerak dalam usus. Dengan demikian, kandungan serat yang tidak larut dalam lemak (insoluble fiber) dapat mencegah permasalahan di sistem pencernaan tubuh kita seperti sembelit, wasir dan kanker usus besar. Meskipun Jagung mengandung kedua jenis serat, namun kandungan serat tidak larut dalam lemak lebih tinggi daripada kandungan serat yang larut dalam lemak.

5. Menurunkan kadar Kolesterol

Kolesterol merupakan senyawa lemak berlilin yang diproduksi oleh Hati (liver) dan pada dasarnya terdiri dari dua jenis, yaitu kolesterol HDL yang sering disebut dengan kolesterol baik dan kolesterol LDL yang sering disebut dengan kolesterol jahat. Kolesterol LDL (jahat) meningkat karena asupan makanan lemak yang menyebabkan lemahnya fungsi hati  dan menyebabkan penyakit Kardiovaskular. Jagung yang kaya dengan Vitamin C, Karotenoid, Bioflavonoid dapat menjaga kesehatan jantung kita dengan mengendalikan kadar kolesterol dan memperlancar aliran darah dalam tubuh kita. Minyak Jagung mengandung Antiatherogenic yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan menangkal radikal bebas.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Beberapa penelitian menunjukan bahwa antioksidan yang terdapat pada jagung dapat mencegah penyakit kanker yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, biji-bijian ini merupakan sumber senyawa tumbuhan seperti senyawa fenolik dan asam ferulik yang dapat mencegah tumor di payudara dan hati.

7. Merawat Kesehatan Kulit

Kuning Jagung merupakan sumber beto-karoten yang membentuk Vitamin A yaitu Vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Vitamin C dan Likopen merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit yang dikarenakan oleh radiasi UV. Kuning Jagung juga dapat meningkatkan produksi Kalogen yang dapat membantu pemeliharan kulit menjadi halus.

Sumber referensi : Kandungan Gizi Jagung per 100 gram ini dikutip dari Authority Nutrition. Sedangkan Manfaat Jagung bagi kesehatan ini diolah dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*