_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2018/01/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-lengkap-susunan-kabinet-jokowi-jk/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/?attachment_id=3770","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee
January 19, 2018

Kandungan Gizi Jahe dan Manfaat Jahe bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Jahe dan Manfaat Jahe bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Jahe dan Manfaat Jahe bagi Kesehatan – Jahe adalah jenis makanan akar yang memiliki rasa pedas dan terasa hangat apabila dikonsumsi. Tanaman yang diperkirakan berasal dari India ini telah banyak dibudidayakan di berbagai negara seperti di Indonesia, India, Tiongkok dan negara-negara Afrika. Jahe merupakan tanaman rimpang ang tumbuhnya menjalar dibawah permukaan tanah serta dapat menghasilkan tunas dan akar baru dari ruas-ruasnya.

Jahe yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia ini dapat dikonsumsi secara segar maupun ditambahkan berbagai hidangan makanan sebagai penambah cita rasa makanan serta diolah menjadi jamu, dodol jahe, permen jahe, selai jahe dan teh jahe.
Baca juga : Kandungan Gizi Wortel dan Manfaat Wortel bagi Kesehatan.

Dalam bahasa Inggris, Jahe disebut dengan Ginger sedangkan dalam bahasa Ilmiahnya disebut dengan Zingiber officinale. Jahe termasuk dalam keluarga Zingiberaceae (temu-temuan).  Di pasaran, pada umumnya kita dapat menemukan beberapa jenis jahe yaitu jahe gajah atau jahe badak, jahe kuning dan jahe merah.

Kandungan Gizi Jahe (Ginger)

Jaher atau Ginger mengandung berbagai nutrisi atau gizi serta mineral dan senyawa tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah nutrisi-nutrisi atau gizi dan mineral yang dikandung oleh Jahe.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 80kcal
Karbohidrat 17,77g
Air 78,89g
Protein 1,82g
Gula 1,7g
Serat 1,7g
Lemak 0,75g
Vitamin A 0µg
Vitamin C 5mg 6%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0mg
Vitamin B1 (Thiamine) 0,025mg 2%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,034mg 3%
Vitamin B3 (Niacin) 0,75mg 5%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,203mg 4%
Vitamin B9 (Folat) 11µg 3%
Kalsium 16mg 2%
Zat Besi 0,6mg 5%
Magnesium 43mg 12%
Fosfor 34mg 5%
Potassium (Kalium) 415mg 9%
Sodium 13mg 1%
Seng (Zinc) 0,34mg 4%

 

Manfaat Jahe bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat Jahe bagi kesehatan tubuh kita.

1. Membantu mencegah Penyakit Kanker

Beberapa penelitian menunjukan bahwa Jahe memiliki senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan dan pengembangbiakan sel kanker pada usus besar dan sel-sel kanker pada lambung, pankreas dan kanker hati.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan

Jahe memiliki banyak khasiat dan manfaat dalam membantu kelancaran sistem pencernaan terutama dalam hal membersihkan usus besar, memperlancar buang air besar dan membuang gas yang beracun. Karena memilliki khasiat-khasiat ini, Jahe sering dijadikan obat alami dalam mengobati penyakit asam lambung (GERD) dan Sembelit.

3. Meredakan Rasa Mual

Penelitan menunjukan bahwa beberapa Kandungan yang terdapat didalam Jahe dapat secara efektif meredakan rasa mual seperti morning sickness, mabuk perjalanan dan mual pasca operasi.

4. Mengendalikan Tekanan Darah dan Kadar Kolesterol

Senyawa tumbuhan tertentu yang terkandung di dalam Jahe dapat membantu mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi dengan cara mencegah gumpalan darah terbentuk di arteri dan pembuluh darah. Kandungan dalam Jahe tersebut juga dapat menurunkan kadar kolesterol  darah secara keseluruhan terutama kadar kolesterol LDL yang biasanya kita sebut dengan kolesterol jahat.

5. Menghilangkan Bau Mulut

Air Jahe juga dapat menghilangkan bau mulut. Vitamin C yang terkandung dalam Jahe ini dapat membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan bau mulut. Caranya adalah dengan mencampurkan satu senduk air jahe ke dalam air hangat dan kumur selama beberapa menit.

6. Mengurangi Pembengkakan dan Peradangan

Gingerol yang dikandung oleh Jahe merupakan senyawa anti peradangan atau anti-inflamasi yang sangat ampuh. Kandungan tersebut dapat mengurangi gejala pembengkakan dan peradangan serta meredakan rasa nyeri di sendi dan otot.

Sumber referensi : Data Kandungan Gizi Jahe ini dikutip dari situs USDA (United States Department of Agriculture) sedangkan Manfaat Jahe bagi Kesehatan dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*