_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/04/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-mesir-egypt/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-mesir-egypt/profil-negara-mesir-egypt-2/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Kandungan Gizi Jeruk Lemon dan Manfaat Jeruk Lemon bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Jeruk Lemon dan Manfaat Jeruk Lemon bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Jeruk Lemon dan Manfaat Jeruk Lemon bagi Kesehatan – Buah Jeruk Lemon atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Citrus limon adalah salah satu jenis buah-buahan yang paling populer di dunia. Rasa buah jeruk lemon sangat asam sehingga sangat jarang ada yang memakan isi buah lemon secara utuh seperti memakan buah jeruk atau buah apel. Namun banyak cara untuk mengkonsumsi buah yang asam dan banyak bermanfaat ini yaitu dengan mencampur dengan air sehingga menjadi air lemon, mengirisnya menjadi irisan yang tipis kemudian memakannya atau sebagai perasa asam dalam berbagai makanan dan masakan.
Baca juga : Kandungan Gizi Buah Apel dan Manfaatnya.

Buah Jeruk Lemon mengandung banyak Vitamin, mineral dan Senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa senyawa tanaman yang terdapat di buah jeruk lemon diantaranya seperti Asam Sitrat, Hesperidin, Diosmin, Eriocitrin dan d-Limonene.

Kandungan Gizi Jeruk Lemon per 100g

Berikut ini adalahkandungan gizi dalam buah Jeruk Lemon pada setiap 100 gramnya (3,5oz).

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 29 kal
Karbohidrat 9,3g
Air 89%
Protein 1,1g
Gula 2,5g
Serat 2,8g
Lemak 0,3g
Vitamin A 1µg 0%
Vitamin C 53mg 59%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,15mg 1%
Vitamin K 0µg 0%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,04mg 3%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,02mg 2%
Vitamin B3 (Niacin) 0,1mg 1%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,19mg 4%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,08mg 6%
Vitamin B9 (Folat) 11µg 3%
Vitamin B12 0µg
Cholin 5,1mg 1%
Kalsium 26mg 3%
Zat Besi 0,6mg 8%
Magnesium 8mg 2%
Fosfor 16mg 2%
Potassium (Kalium) 138mg 3%
Sodium 2mg 0%
Seng (Zinc) 0,06mg 1%
Tembaga (Copper) 0,04mg 4%
Manganese 0,03mg 1%
Selenium 0,4µg 1%

AKG% = Angka Kecukupan Gizi harian berdasarkan diet 2000 kalori. AKG dalam bahasa Inggris disebut dengan Daily Value (DV).

Manfaat Jeruk Lemon bagi Kesehatan

Buah Jeruk Lemon merupakan salah satu sumber Vitamin C dan Serat serta beberapa senyawa penting lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk lemon bagi kesehatan tubuh kita.

1. Memperlancar Sistem Pencernaan dan Mengatasi Sembelit

Jus atau sari lemon dapat membantu mempercepat penyembuhan gangguan pencernaan dan sembelit. Beberapa tetes sari lemon yang ditambahkan pada makanan (kecuali pada makanan yang mengandung produk susu) akan dapat membantu memperlancar sistem pencernaan kita.

2. Mengatasi Deman, Flu dan infeksi Tenggorokan

Sari Lemon dapat digunakan sebagai minuman untuk mengatasi demam, flu dan infeksi tenggorokan. Sari Lemon tersebut akan membantu menurunkan demam dengan cara meningkatkan perspirasi (keringat). Vitamin C yang terkandung pada buah jeruk lemon merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lemon juga mengandung antibakteri yang dapat mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan infeksi tenggorakan.

3. Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi serta menurunkan risiko gangguan Jantung dan Stroke

Lemon mengandung Potassium atau Kalium yang dapat membantu mereka yang terkena penyakit jantung. Potassium atau Kalium dapat mengendalikan Tekanan Darah Tinggi, pusing dan mual serta memberikan sensasi yang dapat menenangkan pikiran dan tubuh.

Kandungan senyawa pada jeruk lemon seperti Hesperidin dan Diosmin berfungsi sebagai antioksidan yang dapat memperkuat pembuluh darah dan mengurangi peradangan kronis pada pembuluh darah. Serat terisolasi yang terkandung dalam buah jeruk lemon dapat menurunkan kadar kolesterol LDL sedangkan minyak esensial Lemon dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL.

Tingginya kandungan Vitamin C pada buah Jeruk Lemon juga dapat menurunkan risiko terkenanya Stroke terutama bagi mereka yang berberat badan lebih (Overweight).

4. Mencegah pembentukan Batu Ginjal

Senyawa Asam Sitrat yang terkandung pada jeruk lemon dapat membantu meningkat volume urin sehingga dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.

5. Mencegah Anemia

Anemia atau dalam bahasa umum sering disebut dengan “kurang darah” adalah suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam sel darah merah berada dibawah normal. Salah satu penyebab Anemia adalah kurangnya zat besi pada tubuh kita. Buah Jeruk Lemon mengandung zat besi serta Vitamin C dan Asam Sitrat yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan lain sehingga dapat membantu mencegah Anemia.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan senyawa tanaman seperti Hesperidin dan d-limonene pada buah Jeruk Lemon dapat mencegah beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara.

Sumber referensi :Kandungan Gizi Jeruk Lemon per 100gram dikutip dari Authority Nutrition. Manfaat Jeruk Lemon bagi kesehatan diolah dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*