_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/06/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-singapura-singapore/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-singapura-singapore/profil-negara-singapura-singapore/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Kandungan Gizi Sayur Brokoli dan Manfaat Sayur Brokoli bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Sayur Brokoli dan Manfaat Sayur Brokoli bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Sayur Brokoli dan Manfaat Sayur Brokoli bagi Kesehatan – Sayur Brokoli adalah jenis sayur-sayuran yang tergolong dalam keluarga kubis-kubisan (Brassicaceae). Sayur yang berwarna hijau ini berasal dari kawasan Laut Tengah dan telah dibudidayakan sejak Yunani kuno. Sayur Brokoli sering disebut sebagai “Sayuran Super” karena mengandung berbagai Nutrisi atau Gizi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. 

Sayur Brokoli dapat dimakan secara mentah ataupun dimasak, beberapa penelitian menunjukan bahwa sayur brokoli akan memberikan manfaat kesehatan yang maksimum apabila dikukus. Sayur Brokoli juga disering diolah menjadi Jus bersama dengan beberapa buah ataupun sayuran lainnya seperti Wortel dan Apel.
Baca juga : Kandungan Gizi buah Apel dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Sayur Brokoli (Broccoli)

Sayur Brokoli mengandung Folat, Vitamin C, Vitamin K, zat besi dan potasium (kalium) tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah kandungan gizi atau nutrisi pada setiap 100 gram sayur brokoli.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 34 kcal
Karbohidrat 6,6g
Air 89%
Protein 2,8g
Gula 1,7g
Serat 1,7g
Lemak 0,4g
Vitamin A 31µg 3%
Vitamin C 89,2mg 99%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,78mg 5%
Vitamin K 101,6µg 85%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,07mg 6%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,12mg 9%
Vitamin B3 (Niacin) 0,64mg 4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,57mg 11%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,18mg 13%
Vitamin B9 (Folat) 63µg 16%
Vitamin B12 0µg
Kalsium 47mg 5%
Zat Besi 0,73mg 9%
Magnesium 21mg 5%
Fosfor 66mg 9%
Potassium (Kalium) 316mg 7%
Sodium 33mg 2%
Seng (Zinc) 0,41mg 4%

 

Manfaat Sayur Brokoli bagi Kesehatan

Selain Vitamin dan Mineral, Sayur Brokoli juga mengandung berbagai senyawa tumbuhan yang bermanfaat bagi ksehatan tubuh kita, beberapa senyawa tumbuhan yang terkandung pada sayur brokoli ini diantaranya seperti Sulforaphane, Indole-3-Carbinol, Carotenoids, Kaempferol dan Quercetin. Berikut ini adalah beberapa manfaat sayur brokoli bagi kesehatan tubuh kita.

1. Mencegah Penyakit Kanker

Sayur Brokoli mengandung Sulforaphane dan Indole-3-Carbinol yaitu senyawa-senyawa tumbuhan atau fitokimia yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Senyawa-senyawa tersebut meningkatkan detoksifikasi dan bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas merupakan penyebab penyakit kanker. Penelitian menunjukan bahwa konsumsi sayur brokoli dapat menurunkan risiko kanker seperti kanker payudara, kanker usus, kanker perut, kanker prostat dan kanker serviks.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Sifat anti radang (anti-inflammatory) Sulforaphane yaitu salah satu senyawa tumbuhan pada sayur brokoli dapat mencegah (bahkan memperbaiki) beberapa kerusakan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh peradangan akibat gula darah kronis. Selain mengandung sulforaphane, sayur brokoli juga mengandung serat, asam lemak dan vitamin yang membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh dan juga membantu mengurangi kolesterol jahat sehingga jantung juga menjadi lebih sehat. Konsumsi Brokoli dengan rutin dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Sayur Brokoli mengandung Kalsium dan Vitamin K yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis. Brokoli juga mengandung nutrisi atau gizi lain seperti magnesium, seng dan fosfor yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak-anak seperti tulang dan gigi.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Zeaxanthin, beta-carotene, vitamin A, fospor dan Vitamin lainnya seperti Vitamin B kompleks, vitamin c, vitamin E yang ditemukan dalam brokoli merupakan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan mata. Zat-zat tersebut melindungi mata kita dari degenerasi Makular dan Katarak serta memperbaiki kerusakan-kerusakan yang diakibatkan oleh radiasi.

5. Mengurangi Reaksi Alergi dan Peradangan

Beberapa penelitian menunjukan bahwa Kaempferol yang terkandung dalam Brokoli mampu mengurangi dampak zat-zat yang menyebabkan alergi terhadap tubuh kita. Sayur Brokoli bahkan mengandung asam lemak Omega-3 dalam jumlah yang banyak, Omega-3 dikenal sebagai nutrisi untuk anti peradangan. Mengkonsumsi sayur brokoli juga dapat membantu meringankan radang sendi karena dalam brokoli terdapat senyawa Sulforaphane yaitu zat kimia yang dapat menghalangi enzim pengrusak sendi.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Sayur brokoli juga dapat membantu sistem pencernaan kita tetap dalam kondisi sehat. Brokoli yang kaya akan serat, magnesium dan vitamin dapat memperlancar sistem pencernaan dan membantu mengatasi sembelit.

7. Menjaga kesehatan kulit

Nutrisi atau gizi yang penting untuk menjaga kulit selalu sehat adalah antioksidan, vitamin C, beta karoten, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin A, vitamin K, asam lemak Omega 3 dan folat. Semua nutrisi yang disebut diatas dapat ditemukan di sayur brokoli.

Sumber referensi : Kandungan Gizi Sayur Brokoli per 100 gram ini dikutip dari Authority Nutrition. Sedangkan Manfaat sayur brokoli bagi kesehatan ini diolah dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*