_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/09/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-papua-nugini-papua-new-guinea/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-papua-nugini-papua-new-guinea/profil-negara-papua-nugini-papua-new-guinea/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Kandungan Gizi Tomat dan Manfaat Tomat bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Tomat dan Manfaat Tomat bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Tomat dan Manfaat Tomat bagi Kesehatan – Tomat atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Tomato adalah tanaman berry yang termasuk dalam keluarga Solanaceae atau suku terung-terungan seperti Terung, Cabai dan Ranti. Tomat yang pada awalnya berasal dari Amerika Tengah dan Selatan ini dapat dimakan segar ataupun dimasak menjadi hidangan yang bernutrisi tinggi. Meskipun secara teknisnya berbentuk buah, tomat pada umumnya digolongkan sebagai sayur-sayuran. Tomat yang matang biasanya berwarna merah namun ada juga yang berwarna kuning, hijau dan jingga.

Buah Tomat merupakan sumber makanan yang mengandung nutrisi tinggi, beberapa nutrisi yang didapat dari tomat adalah antioksidan Likopen, Vitamin C, Potasium/Kalium, Folat dan Vitamin K. Antioksidan yang terkandung oleh Tomat sering dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker.
Baca juga : Kandungan Gizi Buah Alpukat dan Manfaat Alpukat bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Tomat

Buah Tomat mengandung berbagai Vitamin, Mineral dan senyawa tumbuhan. Senyawa Tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan yang terkandung dalam buah tomat adalah seperti Likopen, Beta-Karoten, Naringenin dan Asam Glorogenik. Berikut ini adalah kandungan Vitamin dan Mineral dalam setiap 100gram tomat.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 18 kal
Karbohidrat 3,9g
Air 95%
Protein 0,9g
Gula 2,6g
Serat 1,2g
Lemak 0,2g
Vitamin A 42µg 5%
Vitamin C 13,7mg 15%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,54mg 4%
Vitamin K 7,9µg 7%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,04mg 3%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,02mg 1%
Vitamin B3 (Niacin) 0,59mg 4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,09mg 2%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,08mg 6%
Vitamin B9 (Folat) 15µg 4%
Vitamin B12 0µg
Cholin 6.7mg 1%
Kalsium 10mg 1%
Zat Besi 0,27mg 3%
Magnesium 11mg 3%
Fosfor 24mg 3%
Potassium (Kalium) 237mg 5%
Sodium 5mg 0%
Seng (Zinc) 0,17mg 2%
Tembaga (Copper) 0,06mg 7%
Manganese 0,11mg 5%
Selenium 0µg 0%

Manfaat Tomat bagi kesehatan

Mengkonsumsi Tomat atau makanan yang terbuat dari Tomat dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat tomat bagi kesehatan orang yang mengkonsumsinya.

1. Menjaga kesehatan Mata

Tomat mengandung Vitamin A yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Vitamin A adalah antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya rabun senja serta degenerasi makula.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan

Tomat dapat menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan mencegah sembelit dan diare. Serat yang terkandung pada tomat dapat membantu merangsang gerakan peristaltik dalam otot pencernaan yang halus dan melepaskan cairan lambung sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Sebagai informasi, yang dimaksud dengan gerakan Peristaltik adalah gerakan yang terjadi pada otot-otot pada saluran pencernaan yang menimbulkan gerakan semacam gelombang sehingga menimbulkan efek menyedot atau menelan makanan yang masuk kedalam saluran pencernaan.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Likopen yang terkandung dalam tomat dapat mencegah oksidasi serum lipid sehingga memberikan efek perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular. Konsumsi buah Tomat secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan Trigliserida dalam darah. Seperti yang kita ketahui, Lipid atau Lemak adalah penyebab utama penyakit kardiovaskular. Penyakit Kardiovaskular adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Tomat juga mengandung Potassium atau Kalium yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Kolesterol yang tinggi dan tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama penyakit jantung dan Stroke.

4. Mencegah Kanker

Sejumlah penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa kadar Likopen yang tinggi pada Tomat dapat mengurangi risiko terkenanya kanker Prostat, kanker Kolorektal dan kanker perut. Likopen adalah antioksidan alami yang bekerja efektif dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker. Pada dasarnya, buah tomat yang dimasak dapat menghasilkan Likopen yang lebih banyak dibandingkan dengan tomat yang dimakan segar.

5. Membantu memperkuat Tulang

Buah Tomat mengandung sejumlah Kalsium dan Vitamin K yang berfungsi untuk memperkuat dan melakukan perbaikan massa dan jaringan tulang sehingga mencegah osteoporosis atau mengeroposnya tulang.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Likopen yang terkandung dalam buah tomat merupakan senyawa tumbuhan yang sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari dan sinar ultraviolet. Selain Likopen, Vitamin C yang merupakan antioksidan untuk mencegah kulit keriput dan kulit kendur.

7. Mencegah Depresi

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang mempengaruhi pola pikir, perasaan dan suasana hati. Orang yang mengalami depresi akan selalu merasa sedih, putus harapan dan tidak termotivasi dalam beraktivitas. Buah Tomat mengandung Asam Folat yang dapat mencegah kelebihan Homosistein terbentuk pada tubuh kita. Kelebihan homosistein ini akan menghambat darah dan nutrisi lainnya mencapai ke otak. Kelebihan Homosistein juga dapat menganggu pembentukan hormon bahagia seperti hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine yang mengatur suasana hati, tidur dan nafsu makan.

Sumber referensi : Kandungan Gizi Buah Tomat per 100 gram ini dikutip dari Authority Nutrition. Sedangkan Manfaat Tomat bagi kesehatan diolah dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*