_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/11/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-australia/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-australia/profil-negara-australia-2/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Kandungan Gizi Wortel dan Manfaat Wortel bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Wortel dan Manfaat Wortel bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Wortel dan Manfaat Wortel bagi Kesehatan – Wortel adalah jenis sayuran akar yang sering disebut sebagai makanan sehat karena mengandung berbagai nutrisi atau gizi yang tinggi. Sayuran akar yang dalam bahasa ilmiahnya dinamakan dengan Daucus carota ini mengandung Beta Karoten, Serat, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin K dan Kalium yang tinggi sehingga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi orang yang menkonsumsinya.

Beberapa manfaat kesehatan yang sering dikaitkan dengan konsumsi Wortel adalah menjaga kesehatan mata, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, mengatasi sembelit dan menurunkan risiko penyakit kanker.

Wortel dapat dimakan dengan berbagai cara, kita dapat memakannya langsung tanpa diolah lebih lanjut (dimakan segar) ataupun dibuat menjadi jus wortel serta dimasak untuk dijadikan hidangan yang enak dan bergizi. Pada umumnya, bagian Wortel yang dimakan adalah bagian umbinya saja (bagian akarnya). Meskipun sebagian besar Wortel yang kita temukan di pasaran adalah berwarna jingga (oren), namun sebenarnya Wortel yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Carrot ini memiliki warna lain seperti warna kuning, ungu, putih dan merah.

Kandungan Gizi Wortel (Carrot)

Wortel mengandung berbagai Vitamin, Mineral, Antioksidan dan Senyawa tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa senyawa tumbuhan yang penting bagi kesehatan tubuh manusia yang dikandung oleh Wortel diantaranya seperti Beta-Karoten, Alpha-Karoten, Likopen, Lutein, Polyacetylene dan Anthocyanin.

Berikut dibawah ini adalah tabel kandungan gizi wortel pada setiap 100 gram-nya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 41kal
Karbohidrat 9,6g
Air 88%
Protein 0,9g
Gula 4,7g
Serat 2,8g
Lemak 0,2g
Vitamin A 835µg 93%
Vitamin C 5,9mg 7%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,66mg 4%
Vitamin K 13,2µg 11%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,07mg 6%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,06mg 4%
Vitamin B3 (Niacin) 0,98mg 6%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,27mg 5%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,14mg 11%
Vitamin B9 (Folat) 19µg 5%
Vitamin B12 0µg
Cholin 8,8mg 2%
Kalsium 33mg 3%
Zat Besi 0,3mg 4%
Magnesium 12mg 3%
Fosfor 35mg 5%
Potassium (Kalium) 320mg 7%
Sodium 69mg 5%
Seng (Zinc) 0,24mg 2%
Tembaga (Copper) 0,05mg 5%
Manganese 0,14mg 6%
Selenium 0,1µg 0%

 

Manfaat Wortel bagi Kesehatan

Kandungan-kandungan Nutrisi atau Gizi dalam Wortel menjadikannya sebagai makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Dibawah ini adalah beberapa manfaat Wortel bagi kesehatan tubuh kita.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat Wortel bagi kesehatan yang paling sering kita dengar mungkin adalah manfaat wortel untuk menjaga kesehatan mata kita. Hal ini sangat beralasan karena Wortel mengandung sekitar 835µg Vitamin A pada setial 100gram-nya. Kandungan Vitamin A tersebut merupakan 93% dari kebutuhan harian kita terhadap Vitamin A. Seperti yang kita ketahui, Vitamin A merupakan vitamin yang sangat penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan alat indera penglihatan kita ini. Selain Vitamin A, Wortel juga mengandung Lutein dan Beta-Karoten yang bermanfaat bagi kesehatan mata kita.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Sejumlah penelitian menunjukan bahwa nutrisi atau gizi yang terkandung pada Wortel terutama Karoten dapat menurunkan risiko terkenanya kanker seperti kanker paru-paru, kanker prostat, kanker kolon dan kanker payudara.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menunjukan bahwa Karotenoid dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Karotenoid adalah golongan senyawa kimia organik bernutrisi yang terdapat pada pigmen alami tumbuhan dan hewan. Kandungan Beta-Karoten, Alpha-Karoten dan Lutein yang terdapat pada Wortel yang merupakan anggota dari Keluarga Karatenoid.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung juga dapat diturunkan dengan mengkonsumsi wortel secara teratur. Serat larut atau Soluble Fiber pada Wortel dapat mengikat lemak, kolesterol dan asam empedu sehingga tidak diserap dalam usus halus tetapi membuangnya melalui usus besar. Untuk menggantikan asam empedu yang hilang, hati akan menarik kolesterol dari darah. Dengan demikian, kadar kolesterol dalam darah akan menurun.

5. Menjaga Kesehatah Kulit

Vitamin A yang terkandung dalam Wortel dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi serta warna kulit yang tidak rata. Selain pada kulit, Kekurangan Vitamin A akan mengakibatkan kekeringan pada rambut dan kuku.

6. Memperlambat Penuaan

Tingginya Beta-karoten pada Wortel berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan sehingga membantu memperlambat penuaan.

7. Mengatasi Sembelit

Serat yang terkandung dalam Wortel dapat meningkatkan feses hingga 25% sehingga dapat mengatasi permasalahan sembelit.

Sumber referensi : Kandungan Gizi Wortel per 100 gram ini dikutip dari Authority Nutrition. Sedangkan Manfaat wortel bagi kesehatan diolah dari berbagai sumber.
Baca juga : Kandungan Gizi Tomat dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*