_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/03/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-buah-nenas-manfaat-buah-nenas-bagi-kesehatan/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-buah-nenas-manfaat-buah-nenas-bagi-kesehatan/kandungan-gizi-buah-nenas-dan-manfaat-buah-nenas-bagi-kesehatan-2/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Mengapa Anjing suka menjulurkan Lidahnya ?

gambar anjing

Manusia dan juga hewan Mamalia lainnya memiliki suhu badan yang konstan dan tetap. Misalnya pada saat cuaca panas maupun cuaca dingin, suhu badan yang normal akan selalu berada di sekitar 36.5º celcius. Hewan Mamalia seperti anjing juga memiliki suhu badan yang tetap. Suhu Badan normal seekor anjing sekitar 38º ~ 39° celcius.

Untuk mengatur suhu badan agar tetap berada pada suhu normal saat cuaca panas, Manusia akan mengeluarkan cairan keringatnya untuk menurunkan suhu badannya dan menjaga suhu tetap berada pada suhu badan yang normal.  Hal ini dikarenakan manusia memiliki kelenjar keringat pada pori-pori kulit sehingga dapat mengeluarkan cairan keringat pada permukaan kulit saat cuaca panas maupun saat melakukan olahraga.

Berbeda dengan manusia, Kelenjar Keringat Anjing bukan berada di kulitnya, Kelenjar Keringat anjing berada di tapak kakinya sehingga kadang-kadang kita dapat menemui jejak anjing yang basah di lantai. Selain mengeluarkan keringat pada tapak kaki, Anjing juga menggunakan cara membuka mulut dan menjulurkan lidahnya untuk menyebarkan energi panasnya melalui lidah sehingga kelembaban di lidahnya dapat menguap dan suhu badannya pun dapat menjadi normal kembali.  Bukan hanya pada cuaca panas saja, tetapi saat anjing berlari atau melakukan aktivitas yang dapat menaikan panas badannya, anjing selalu menjulurkan lidahnya untuk mengatur suhu badannya agar selalu berada di suhu yang normal. Bagi Anjing, Cara menjulurkan Lidah merupakan cara yang efektif dan cepat untuk menurunkan suhu badan mereka ke level yang normal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*