_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/04/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-mesir-egypt/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-mesir-egypt/profil-negara-mesir-egypt-2/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Mengapa di depan Perut Kangguru terdapat sebuah Kantong ?

Fungsi Kantong Kangguru

kangguru

Kangguru atau Kanguru adalah hewan Mamalia khas Australia yang memiliki sebuah kantong di depan perutnya. Kangguru memiliki 2 kaki belakang yang kuat dan telapak kaki yang besar sehingga dapat meloncat dengan kecepatan yang tinggi hingga 70km/jam. Tetapi biasanya Kangguru hanya meloncat dengan kecepatan sekitar 20 ~ 25 jam/km.

Jadi apa sebenarnya fungsi Kantong Kangguru tersebut ?
Kantong Kangguru tersebut memiliki fungsi khusus untuk tempat tinggal bayi Kangguru. Pada detik-detik hendak melahirkan bayi Kangguru, Ibu Kangguru akan membersihkan Kantong tersebut dengan cara menjilatnya agar bayi Kangguru dapat tinggal di dalamnya dengan nyaman.

Bagaimana Bayi Kangguru masuk ke Kantong Ibunyakangguru (kanguru)?

Bayi Kangguru yang baru dilahirkan tidak memiliki bulu dengan ukuran yang sangat kecil, yakni sekitar 2.5cm. Mata dan Telinga pun dalam kondisi tertutup. Kaki Belakang Bayi Kangguru masih sangat lemah tetapi kaki depannya telah memiliki Cakar. Dengan Cakar tersebutlah bayi Kangguru bergerak pelan-pelan dengan diiringi oleh Ekor Ibunya memasuki Kantong Ibunya. Perjalanan tersebut memakan waktu sekitar 5 menit. Sesampai di kantong Ibunya, Bayi Kangguru tersebut langsung mencari puting susu ibunya. Setelah mendapat salah satu dari 4 puting susu Ibunya, Bayi Kangguru menghisapnya dengan kuat dan menggantungkan badannya di dalam Kantong Ibunya hingga dewasa. Bayi Kangguru tinggal di Kantong Ibunya selama lebih kurang 235 hari.

Kangguru (Kanguru) dalam bahasa Inggris disebut dengan Kangaroo.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*