_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/01/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/10-negara-dengan-paspor-terkuat-di-dunia/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/10-negara-dengan-paspor-terkuat-di-dunia/10-negara-dengan-paspor-terkuat-di-dunia/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/1084/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Mengapa Mata Kita dapat Melihat ?

Bagian-bagian Penting Mata, Cara Kerja Mata dan Tips Merawat Mata

Cara Kerja Mata, bagian-bagian mata dan Tips merawat mata

Mata merupakan indera penglihatan, kita dapat melihat segala sesuatu disekitar kita karena adanya Bola Mata. Oleh karena itu, kita harus selalu merawat mata kita dengan baik agar tidak menyebabkan fungsi penglihatan mata kita menurun ataupun menghindari terjadinya penyakit mata seperti Rabun, Katarak, Buta Warna, Miopi, Hipermetropi, Presbiopi atau bahkan kebutaan. Jadi, Mengapa Mata kita dapat Melihat?

Berikut ini penjelasan singkat tentang Cara Kerja Mata beserta bagian-bagian pentingnya.

Di bagian terluar bola mata terdapat selaput bening yang disebut dengan Kornea yang berfungsi sebagai penerima cahaya. Ditengah bola mata terdapat sebuah lubang kecil yang bernama Pupil yang berfungsi untuk menentukan jumlah cahaya yang akan masuk ke bagian dalam mata. Bukaan Pupil akan berubah seiring dengan cahaya yang diterimanya. Jika Menerima cahaya yang terang, pupil akan menyempit untuk mencegah cahaya yang kuat masuk ke bagian dalam mata lainnya sedangkan dalam kondisi gelap, Pupil akan menyebar untuk menerima lebih banyak cahaya. Lebar atau sempitnya Pupil dipengaruhi oleh Iris yaitu bagian yang berwarna pada mata. Prinsip tersebutlah yang diadopsi oleh Kamera yang kita pakai saat ini.

Cahaya yang masuk dari Pupil akan diteruskan oleh Lensa Mata ke Retina (selaput jala). Lensa Mata berfungsi sebagai pengatur Fokus Cahaya agar penglihatan kita lebih jelas. Saat melihat Obyek yang jauh, lensa mata akan menipis sedangkan untuk melihat obyek yang jauh, lensa mata akan menebal.

Retina (selaput jala) menerima cahaya dari Pupil melalui lensa mata. Retina merupakan bagian mata yang terdiri dari sel-sel yang sangat peka terhadap cahaya. Setelah menerima cahaya, Retina akan mengirimkan sinyal-sinyal cahaya ke Otak melalui Saraf Optik.

Dengan demikian kita dapat melihat warna-warninya dunia ini melalui Mata kita.

Bagian-bagian penting Mata :

Diagram Mata (Bagian-bagian Mata)

Bagian Luar Mata

  1. Alis Mata
  2. Bulu Mata
  3. Kelopak Mata

Bagian Dalam Mata

  1. Kornea
  2. Sklera (Selaput Putih)
  3. Pupil
  4. Iris
  5. Lensa Mata
  6. Retina (Selaput Jala)
  7. Saraf Optik

Tips untuk menjaga agar mata tetap sehat :

  1. Jangan Membaca di kondisi yang cahayanya minim atau cahaya redup.
  2. Jangan Melihat Layar Komputer atau Tablet PC dalam waktu yang lama karena akan melelahkan mata.
  3. Jangan Melihat langsung Cahaya yang terlalu terang karena akan merusak mata.
  4. Banyak memakan buah-buahan dan sayuran terutama Wartel yang kaya akan beta karoten
  5. Pakailah kacamata pelindung saat berada di daerah yang berdebu, berasap atau daerah disekitar bahan kimia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*