_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/08/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/negara-anggota-uni-afrika-african-union/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/?attachment_id=3385","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Negara-negara yang terletak di Garis Khatulistiwa



Negara yang terletak di Garis Khatulistiwa

Negara-negara yang terletak di Garis Khatulistiwa – Khatulistiwa yang didalam bahasa Inggris disebut dengan Equator adalah garis imajinasi keliling bumi yang membagi bumi menjadi dua belahan yang sama yaitu belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Garis Khatulistiwa yang juga disebut dengan Ekuator ini terletak di lintang nol derajat bumi dengan kepanjangan garisnya sekitar 40.075km, diantaranya 78.7% air dan 21,3% darat.

Pada umumnya, daerah-daerah yang terletak di garis Khatulistiwa memiliki Hutan Hujan Tropis atau Rainforest, hal ini dikarenakan curah hujannya yang tinggi yaitu sekitar 98 inci hingga 138 inci per tahun. Dalam setahun, terdapat 200 hari adalah hari Hujan. Sedangkan Rata-rata suhu di garis Khatulistiwa pada siang hari adalah sekitar 30˚C dan malam hari adalah 23˚C. Di Khatulistiwa, Matahari berada tepat di atas kepala pada tengah hari dalam Equinox. Peristiwa Equinox hanya terjadi dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan bulan September. Istilah Equinox berasal dari bahasa Latin yang artinya adalah “Malam yang sama Panjang”.

Terdapat 13 Negara yang terletak di Garis Khatulistiwa, salah satu diantaranya adalah Republik Indonesia. Indonesia memiliki sebuah Monumen yang menandakan titik garis Khatulistiwa yaitu Monumen yang terletak di Kota Pontianak bagian Utara Provinsi Kalimantan Barat. Monumen atau Tugu yang dinamakan dengan Tugu Khatulistiwa ini dibangun pada 1928 oleh seorang ahli geografi berkebangsaan Belanda yang pada saat itu hanya berbentuk sebuah tonggak dengan anak panah. Tugu Khatulistiwa ini kemudian di renovasi lagi pada tahun 1990. Kini, Tugu Khatulistiwa ini telah menjadi obyek Pariwisata yang banyak dikunjungi oleh Wisatawan Nusantara dan Mancanegara. Selain Indonesia, beberapa Negara yang berada di garis Khatulistiwa juga memiliki Monumen atau Tugu yang serupa. Diantaranya seperti Negara Ekuador yang terletak di benua Amerika Selatan, Tugu Khatulistiwa Ekuador tersebut yang diberi nama Mitad del Mundo.

Selain Negara, Garis Khatulistiwa juga melintang di Tiga Samudera yakni Samudera Pasifik, Samudera Hinda dan Samudera Atlantik.

Daftar 13 Negara yang Terletak di Garis Khatulistiwa

Negara-negara yang terletak di Garis Khatulistiwa sering disebut juga dengan “Negara Khatulistiwa”. Berikut ini adalah daftar Negara-negara yang terletak di Garis Khatulistiwa beserta Benua dimana negara tersebut berada.

No. Nama Negara Benua
1 Sao Tome dan Pricipe Afrika
2 Gabon Afrika
3 Republik Kongo Afrika
4 Republik Demokratif Kongo Afrika
5 Uganda Afrika
6 Kenya Afrika
7 Somalia Afrika
8 Maladewa Asia
9 Indonesia Asia
10 Kiribati Osenia
11 Ekuador Amerika Selatan
12 Kolombia Amerika Selatan
13 Brasil Amerika Selatan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*