_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/09/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-bhutan/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/10-negara-paling-bahagia-di-dunia/daftar-10-negara-paling-bahagia-di-dunia/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Profil Negara Afrika Selatan (South Africa)

Profil Negara Afrika Selatan

Profil Negara Afrika Selatan (South Africa) – Afrika Selatan adalah sebuah negara yang terletak di bagian paling selatan benua Afrika. Negara yang secara astronomis berada di antara  23⁰ LS – 35⁰ LS dan 18⁰ BT – 33⁰ BT ini berbatasan dengan Namibia, Botswana dan Zimbabwe di sebelah utara serta berbatasan dengan Mozambik dan Swaziland di sebelah timur laut. Di sebelah timur dan selatan merupakan samudera Hindia sedangkan di sebelah baratnya adalah samudera Atlantik. Di dalam negara Afrika Selatan terdapat sebuah negara berdaulat yang terkurung daratan (tidak memiliki laut) yaitu negara Lesotho.

Negara memiliki nama lengkap Republik Afrika Selatan (Republic of South Africa) ini menganut sistem pemerintahan Republik yang kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah seorang Presiden. Presiden Afrika Selatan ini dipilih oleh Majelis Nasional (National Assembly) dan Majelis Provinsi-provinsi Nasional (National Council of Provinces) sedangkan anggota Majelis Nasional dan Majelis Provinsi-provinsi Nasional ini dipilih melalui Pemilihan Umum yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali. Ibukota Afrika Selatan adalah Pretoria (eksekutif), Cape Town (Legislatif) dan Bloemfontein (yudikatif).

Afrika Selatan memiliki luas wilayah sebesar 1.219.090 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 54.300.704 jiwa. Mayoritas penduduk Afrika Selatan adalah etnis Afrika yang berkulit hitam (80,2%), namun negara ini juga merupakan negara yang memiliki penduduk yang beretnis kulit putih terbanyak di benua Afrika yaitu sekitar 8,4% dari seluruh populasi Afrika Selatan. Negara yang sering disingkat dengan Afsel ini memiliki 11 bahasa resmi yaitu bahasa IsiZulu, bahasa IsiXhosa, bahasa Afrikaans, bahasa Inggris, bahasa Sepedi, bahasa Setswana, bahasa Sesotho, bahasa Xitsonga, bahasa siSwati, bahasa Tshivenda dan bahasa isiNdebele.

Afrika Selatan merupakan negara berkembang yang perekonomiannya sangat tergantung pada sumber daya alam terutama sektor pertambangan seperti emas, platinum dan berlian serta pertambangan logam dan mineral. Selain sektor pertambangan, Industri-industri yang memegang peranan penting bagi perekonomian Afrika Selatan diantaranya seperti industri perkapalan, tekstil, industri kimia dan perakitan automobil. Pendapatan Domestik Bruto Afrika Selatan adalah sebesar US$ 739,1 miliar dengan pendapatan perkapita sebesar US$ 13.500,-.

Di hubungan luar negeri, Afrika Selatan merupakan anggota PBB dan anggota lembaga-lambaga lainnya yang berada di bawah PBB serta beberapa organisasi Internasional seperti BRICS, OECD, IOC dan AU (African Union).
Baca juga : Daftar Negara di Benua Afrika beserta Ibukotanya.

Profil Negara Afrika Selatan (South Africa)

Berikut ini adalah Profil Negara Afrika Selatan (South Africa).

  • Nama Lengkap : Republic of South Africa (Republik Afrika Selatan)
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Jacob ZUMA (sejak 9 Mei 2009)
  • Kepala Pemerintahan : Presiden Jacob ZUMA (sejak 9 Mei 2009)
  • Ibukota : Pretoria (eksekutif), Cape Town (Legislatif) dan Bloemfontein (yudikatif)
  • Luas Wilayah : 1.219.090 km²
  • Jumlah Penduduk : 54.300.704 jiwa
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,99%
  • Angka Kelahiran : 20,5 bayi per 1000 penduduk
  • Suku Bangsa/Etnis : Afrika kulit hitam (80,2%), kulit putih (8,4%), India/Asia (2,5%), Lain-lain (7,9%)
  • Bahasa Resmi : bahasa IsiZulu, bahasa IsiXhosa, bahasa Afrikaans, bahasa Inggris, bahasa Sepedi, bahasa Setswana, bahasa Sesotho, bahasa Xitsonga, bahasa siSwati, bahasa Tshivenda dan bahasa isiNdebele.
  • Agama : Protestan (36,6%), Katolik (7,1%), Islam (1,5%), Kristen lainnya (36%), agama lainya (18,8%)
  • Mata Uang : Rand Afrika Selatan (ZAR)
  • Hari Nasional : 27 April 1994
  • Lagu Kebangsaan : “National Anthem of South Africa”
  • Kode Domain Internet : .za
  • Kode Telepon : 27
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 13.500,-.
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$ 739,1 miliar
  • Lokasi : Benua Afrika

 

Pembagian Wilayah Administrasi Afrika Selatan

Secara Administratif, Afrika Selatan terbagi menjadi 9 Provinsi. Berikut ini adalah 9 Provinsi di Afrika Selatan beserta Ibukotanya.

No. Provinsi

Ibukota

1 Eastern Cape Bhisho
2 Free State Bloemfontein
3 Gauteng Johannesburg
4 KwaZulu-Natal Pietermaritzburg
5 Limpopo Polokwane
6 Mpumalanga Nelspruit
7 North West Mahikeng
8 Northern Cape Kimberley
9 Western Cape Cape Town

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Afrika Selatan (South Africa) ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*