_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/09/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-papua-nugini-papua-new-guinea/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-papua-nugini-papua-new-guinea/profil-negara-papua-nugini-papua-new-guinea/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Profil Negara Amerika Serikat (United States of Amerika)

Profil Negara Amerika Serikat (United States of America)

Profil Negara Amerika Serikat (United States of Amerika) – Amerika Serikat adalah sebuah negara Republik Konstitusional Federal yang terletak di Benua Amerika Utara. Negara yang biasanya disebut dengan United Stated of Amerika atau USA dalam bahasa Inggris ini memiliki luas wilayah sebesar 9.833.517 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 323.995.528 jiwa. Luas Wilayah yang besar dan Jumlah penduduk yang banyak tersebut menjadikan Amerika Serikat sebagai negara terbesar ketiga di dunia dan negara dengan jumlah penduduk terbanyak ketiga di dunia.

Secara Geografis, Amerika Serikat berbatasan darat dengan Kanada di sebelah utaranya dan Meksiko di sebelah selatannya. Sedangkan di sebelah Timur adalah Samudera Atlantik dan sebelah baratnya adalah Samudera Pasifik. Terdapat dua negara bagian yang letaknya terpisah dengan daratan Amerika Serikat yaitu negara bagian Alaska yang terletak di sebelah ujung laut benua Amerika Utara dan berada sangat dekat dengan bagian barat Rusia. Jarak Alaska dan Rusia yang terdekat adalah 82 km dan dipisahkan oleh selat Bering. Sedangkan negara bagian Hawaii berada di Samudera Pasifik. Ibukota Amerika Serikat adalah Washington, DC.

Sistem Pemerintahan Amerika Serikat adalah Republik Konstitusional Federal yaitu sistem pemerintahan yang kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah seorang Presiden yang dipilih setiap 4 tahun sekali dan dapat dipilih kembali dengan maksimal 2 kali periode. Presiden juga merupakan Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Nasional Amerika Serikat. Sejak mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 4 Juli 1776 hingga saat ini, Amerika Serikat telah dipimpin oleh 45 Presiden. Daftar nama 45 Presiden yang pernah memimpin Amerika Serikat ini dapat dibaca di artikel : Daftar Nama Presiden Amerika Serikat.

Sedangkan sebagai negara yang berbentuk Federal, Amerika Serikat memiliki 50 Negara Bagian dan 1 wilayah Distrik. Setiap Negara Bagian dipimpin oleh Gubernur yang menjabat sebagai Kepala Negara Bagian dan Kepala Pemerintahan Negara Bagian.
Baca juga : Negara-negara Bagian di Amerika Serikat.

50 Negara Bagian Amerika Serikat

Amerika Serikat tergolong sebagai negara dengan perekonomian termaju di dunia, beberapa merek-merek terkenal di dunia teknologi berasal dari negara yang memiliki Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebesar US$ 18,56 triliun ini. Merek-merek tersebut diantaranya seperti Microsoft, Apple, Google, Amazon, Twitter, Facebook dan masih banyak lagi. Selain terdepan di produk-produk teknologi, telekomunikasi dan produk-produk elektronik, Amerika Serikat juga merupakan produsen pesawat terbang, minyak dan gas serta produk-produk agrikultur seperti kacang kedelai, jagung, buah-buahan, sayur-sayuran, gandum, produk susu dan daging. Pendapatan perkapita Amerika Serikat berdasarkan Paritas Daya Beli (PPP) adalah sebesar US$ 57.300,- dan menduduki urutan ke-18 tertinggi di dunia.

Di bidang Kemiliteran, Amerika Serikat yang merupakan salah satu negara pemenang perang  dunia kedua ini menjadi negara pertama yang mengembangkan senjata nuklir dan juga sebagai salah satu dari 5 negara yang diperbolehkan memiliki senjata nuklir saat ini. Pengeluaran Militer Amerika Serikat merupakan yang terbesar di dunia ini, yaitu sebesar US$ 596,02 miliar pada tahun 2015.

Setelah selesainya Perang Dunia kedua, Amerika Serikat dan Uni Soviet yang kedua-duanya merupakan negara adidaya pemenang perang dunia kedua ini saling berebut kekuasaan dan pengaruh di dunia yang pada saat itu dikenal dengan istilah Perang Dingin. Seiring dengan runtuhnya Uni Soviet dan akhirnya perang dingin pada tahun 1990-an, Amerika Serikat menjadi satu-satunya negara Adidaya di Dunia.

Di Hubungan Luar Negeri, Amerika Serikat merupakan anggota PBB yang menjabat sebagai Dewan Keamanan PBB dan memiliki Hak Veto, yaitu Hak untuk membatalkan keputusan, ketetapan, rancangan peraturan dan undang-undang atau resolusi di PBB. Amerika Serikat juga merupakan anggota dari lembaga-lembaga lainnya yang dibawah PBB serta anggota dari NATO, APEC, G7, G8, G20 dan OECD.

Profil Negara Amerika Serikat (United States of America)

Berikut ini adalah profil negara Amerika Serikat (United States of America) :

Nama Lengkap : Amerika Serikat (United States of America)

Bentuk Pemerintahan : Republik Konstitusional Federal

Kepala Negara : Presiden Donald J. TRUMP (sejak 20 Januari 2017)

Kepala Pemerintahan : Presiden Donald J. TRUMP (sejak 20 Januari 2017)

Ibukota : Washington, DC

Luas Wilayah : 9.833.517 km2

Pembagian Wilayah Administrasi : 50 Negara Bagian dan 1 Wilayah Distrik

Jumlah Penduduk : 323.995.528 jiwa

Pertumbuhan Penduduk : 0.81%

Angka Kelahiran : 12,5 bayi per 1000 penduduk

Suku Bangsa/Etnis : Putih 79,96%, Hitam 12,85%, Asia 4,43%, Indian Amerika dan Alaska 0,97%, Etnis lainnya 1,79%.

Bahasa Resmi : Inggris (pada dasarnya, tidak ada bahasa resmi di Amerika Serikat namun bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa resmi oleh 31 negara bagian, bahasa Hawaii adalah bahasa resmi di negara bagian Hawaii.

Agama : Kristen Protestan 46,5%, Katolik Roma 20,8%, Mormon 1,6%, Yahudi 1,9%, Islam 0,9%, Buddha 0,7%, Hindu 0,7% dan agama-agama lainnya.

Mata Uang : Dolar Amerika Serikat (USD)

Hari Nasional : 4 Juli 1776 (Hari Kemerdekaan)

Lagu Kebangsaan : “The Star-Spangled Banner”

Kode Domain Internet : .us

Kode Telepon : 1

Pendapatan Per Kapita : US$ 57.300,-

Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$ 18,56 triliun

Lokasi : Benua Amerika Utara

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Amerika Serikat dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*