_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/12/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-iran/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-iran/profil-negara-republik-islam-iran/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Profil Negara Australia

Profil Negara Australia

Profil Negara Australia – Australia adalah sebuah negara Federal yang terletak di Benua Australia dan juga merupakan satu-satunya negara yang berada di Benua terkecil di dunia ini. Secara astronomis, Australia berada diantara  9°LS – 44°LS dan 112°BT – 154°BT. Negara Australia yang memiliki luas wilayah sebesar 7.741.220 km2 ini berbatasan laut dengan Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste di sebelah Utaranya, berbatasan laut dengan Selandia Baru disebelah tenggaranya. Australia juga berbatasan laut dengan Kepulauan Solomon dan Vanuatu di sebelah timur laut.

Benua Australia ditemukan oleh penjelajah Belanda yang bernama Willems Jansz  pada tahun 1606, namun jauh sebelum kedatangan penjelajah Belanda ini, Australia telah dihuni oleh penduduk aslinya yaitu etnis atau suku Aborigin sejak 40.000 tahun yang lalu. Pada abad ke-18, Australia diduduki oleh Inggris Raya dan dijadikannya sebagai tempat pembuangan para pelaku kriminal hingga ditemukannya pertambangan emas yang besar pada pertengahan abad ke-19. Sejak ditemukannya pertambangan emas tersebut, banyak imigran-imigran dari seluruh dunia berkedatangan ke benua terkecil ini untuk bertambang emas. Pada tanggal 1 Januari 1901, Australia membentuk negara federal yang berdaulat  dengan sebutan  Persemakmuran Australia (Commonwealth of Australia).

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Australia adalah sistem pemerintahan Monarki Konstitusional Federal yang mengakui Ratu Inggris sebagai Kepala Negaranya atau sering disebut dengan Commowealth Realm. Berbeda dengan negara persemakmaran Inggris lainnya, Australia menyebut Ratu Inggris sebagai Ratu Australia. Ratu Australia ini diwakili oleh seorang Gubernur Jenderal yang ditunjuk oleh Ratu atas rekomendasi dari Perdana Menteri Australia. Sedangkan kepala pemerintahan Australia adalah Perdana Menteri yang pada dasarnya adalah pemimpin partai atau koalisi terbesar setelah pemilihan umum legislatif.

Jumlah penduduk Australia adalah sebanyak  23.232.413 jiwa (estimasi tahun 2017). Penduduk Australia terdiri dari berbagai estnis, dua etnis terbesar di Australia adalah etnis Inggris 25,9% dan etnis Australia 25,4%. Australia tidak memiliki bahasa resmi, namun bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa de facto nasional, sebanyak 76,8% penduduk Australia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi utamanya.

Di bidang perekonomian, Australia merupakan negara maju dengan pendapatan perkapita yang tinggi yaitu sebesar US$48.700,- dan angka kemiskinan yang sangat rendah. Sedangkan Pendapatan Domestik Bruto adalah sebesar US$1.188 triliun. Jumlah PDB Australia tersebut menduduki urutan ke-19 sebagai negara dengan PDB terbesar di Dunia. Komoditas ekspor utama Australia adalah batu baru, emas, alumina, daging, wol, gandum dan peralatan-peralatan transportasi. Australia menandatangani perdagangan bebas dengan beberapa negara seperti China (Tiongkok), Korea Selatan, Jepang, Chili, Malaysia, Singapura dan Selandia Baru. Australia juga berperan aktif dalam beberapa organisasi ekonomi internasional seperti WTO, APEC, G-20 dan beberapa forum-forum ekonomi internasional lainnya.

Di hubungan luar negeri, seperti negara berdaulat pada umumnya, Australia adalah negara anggota PBB dan lembaga-lembaga dibawah PBB. Australia juga merupakan negara anggota APEC, G-20, ADB dan OECD.

Profil Negara Australia

Berikut ini adalah profil negara Australia, negara yang namanya berasal dari bahasa Latih “australis” yang artinya adalah “Selatan”.

  • Nama Lengkap : Persemakmuran Australia (Commonwealth of Australia)
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional Federal
  • Kepala Negara : Ratu ELIZABETH II (sejak 06 Februari 1952)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Malcolm TURNBULL (sejak 15 September 2015)
  • Ibukota : Canberra
  • Luas Wilayah : 7.741.220 km2
  • Jumlah Penduduk : 23.232.413 jiwa (estimasi tahun 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 1.03% (2017)
  • Angka Kelahiran : 12,1 bayi per 1000 penduduk (2017)
  • Suku Bangsa/Etnis : Inggris 25.9%, Australia 25.4%, Irlandia 7.5%, Skotlandia 6.4%, Italia 3.3%, Jerman 3.2%, Tionghoa 3.1%, India 1.4%, Yunani 1.4%, Belanda 1.2%, etnis lainnya 15.8% (termasuk pribumi Australia Aboriginal).
  • Bahasa Resmi : Tidak memiliki bahasa resmi, namun bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa de facto nasional.
  • Agama : Protestan 23,1%, Katolik 22,6%, Kristen lainnya 4,2%, Islam 2,6%, Buddha 2,4%, Ortodok 2,3%, Hindu 1.9%, Tidak beragama 30,1%, agama lainnya 1,3%
  • Mata Uang : Dolar Australia (AUD)
  • Hari Kemerdekaan : 1 January 1901 (dari Inggris Raya)
  • Hari Nasional : 26 January 1788 (Hari Australia)
  • Lagu Kebangsaan : “Advance Australia Fair”
  • Kode Domain Internet : .au
  • Kode Telepon : 61
  • Pendapatan Per Kapita : US$48.700,-
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$1.188 triliun
  • Lokasi : Benua Australia (Oseania)

 

Pembagian Wilayah Administrasi di Australia

Secara Administratif, Australia terbagi atas 6 Negara Bagian dan 2 Wilayah Teritorial. Berikut ini adalah daftar 6 Negara Bagian dan 2 Wilayah Teritorial di Australia beserta Ibukotanya.
Baca juga : Daftar Teritorial dan Negara Bagian Australia.

No. Nama Provinsi Ibukota
1 New South Walles Sydney
2 Queensland Brisbane
3 Australia Barat Perth
4 Australia Selatan Adelaide
5 Victoria Melborne
6 Tasmania Hobart
7 Teritorial Ibukota Canbeera
8 Teritorial Utara Darwin

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Australia ini dikutip dari CIA World Factbook.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*