_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/12/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-iran/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-iran/profil-negara-republik-islam-iran/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Profil Negara Bangladesh

Profil Negara Bangladesh – Bangladesh adalah sebuah negara yang secara geografisnya terletak di Benua Asia Selatan. Secara astronomis, Bangladesh berada diantara 21,69°-26,64°LU dan 87,9°-92,46°BT. Negara yang memiliki luas wilayah sebesar 148.460km2 ini berbatasan dengan India di sebelah Barat, Utara dan Timur. Sedangkan sebelah tenggaranya berbatasan dengan Myanmar. Sebelah Selatan Myanmar adalah Teluk Benggala. Ibukota Bangladesh adalah kota Dhaka.

Bangladesh yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 157.826.578 jiwa ini merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-8 di dunia. Hampir semua penduduk Bangladesh adalah etnis Bengali (lebih dari 98%) dan mayoritas penduduknya adalah pemeluk agama Islam (sekitar 89,1%). Bangladesh juga merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk yang beragama Islam terbesar ke-4 di dunia.
Baca juga : 10 Negara dengan Jumlah Penduduk Islam Terbanyak di Dunia.

Negara yang lepas dari pemerintahan Pakistan pada tanggal 16 Desember 1971 ini merupakan salah satu negara yang tingkat kemiskinannya sangat tinggi yaitu sekitar 31,5% rakyat berada di garis kemiskinan (data World Factbook di tahun 2010). Bahasa resmi Bangladesh adalah bahasa Bengali.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Bangladesh adalah sistem pemerintahan Republik Parlementer yaitu sistem pemerintahan yang kepala negaranya adalah seorang Presiden yang dipilih oleh badan legislatif untuk masa jabatan 5 tahun dan dapat dipilih kembali untuk masa jabatan 5 tahun kedua kalinya. sedangkan kepala pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri yang pemimpin partai yang memiliki kursi mayoritas di parlemen.

Di bidang perekonomian, Bangladesh yang termasuk sebagai negara berkembang ini memiliki pendapatan domestik bruto atau PDB berdasarkan paritas daya beli adalah sebesar US$628,4 miliar dengan pendapatan perkapitanya hanya sebesar US$3.900,-. Tulang punggung perekonomian Bangladesh adalah Industri Garment yang memiliki kontribusi sekitar 75% dari total pendapatan ekspor. Ekspor Garment Bangladesh mencapai US$25 miliar dari total US$33,32 miliar penerimaan ekspor Bangladesh.

Selain Garment, Penduduk Bangladesh yang sebagian besar adalah Petani ini juga menghasilkan tanaman Yute yaitu tanaman yang kulit pohonnya dapat dijadikan tali untuk karung/goni. Komoditas agrikultur lainnya yang penting bagi perekonomian Bangladesh diantaranya seperti beras, teh, gandum, tebu, kentang, tembakau dan buah-buahan. Sedangkan industri-industri penting bagi perekonomian Bangladesh diantaranya adalah Industri garment, yute, farmasi, keramik, kertas, kulit, pupuk, semen, baja, minyak bumi dan gas alam.

Di hubungan luar negeri, Bangladesh yang merupakan negara anggota PBB dan lembaga-lembaga dibawah PBB ini telah banyak menyumbangkan tentaranya bagi misi penjagaan perdamaian dunia diseluruh dunia seperi misi perdamaian di Republik Demokratik Kongo, Liberia, Sudan, Timor Leste dan Pantai Gading. Bangladesh merupakan penyumbang tentara terbesar ke-2 untuk misi perdamaian.

Profil Negara Bangladesh

Profil Negara Bangladesh

Berikut ini adalah Profil Negara Bangladesh yang dikutip dari CIA World Factbook.

  • Nama Lengkap : Republik Rakyat Bangladesh (People’s Republic of Bangladesh)
  • Nama Lokal : Gana Prajatantri Bangladesh
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Abdul HAMID (sejak 24 April 2013)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Sheikh HASINA (sejak 6 Januari 2009)
  • Ibukota : Dhaka
  • Luas Wilayah : 148.460km2
  • Jumlah Penduduk : 157.826.578 jiwa (estimasi di Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 1% (2017)
  • Angka Kelahiran : 18,8 bayi per 1000 penduduk (2017)
  • Suku Bangsa/Etnis : Bengali (minimal 98%)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Bengali
  • Agama : Islam 89.1%, Hindu 10%, agama lainnya 0.9% (2013)
  • Mata Uang : Taka Bangladesh (BDT)
  • Hari Nasional : 26 Maret 1971 (Hari Pendeklarasian Kemerdekaan); 16 Desember 1971 (Hari Kemerdekaan)
  • Hari Kemerdekaan : 16 Desember 1971 (dari Pakistan (Pakistan Barat)
  • Lagu Kebangsaan : “Amar Shonar Bangla” (My Golden Bengal)
  • Kode Domain Internet : .bd
  • Kode Telepon : 880
  • Pendapatan Per Kapita : US$3.900,-
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$628,4 miliar
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Selatan)

 

Pembagian Wilayah Administrasi di Bangladesh

Secara Administratif, Bangladesh terbagi atas 8 divisi. Berikut ini adalah 8 Divisi di Bangladesh beserta ibukotanya.

No. Nama Divisi Ibukota
1 Barisal Division Barisal
2 Chittagong Division Chittagong
3 Dhaka Division Dhaka
4 Khulna Division Khulna
5 Mymensingh Division Mymensingh
6 Rajshahi Division Rajshahi
7 Rangpur Division Rangpur
8 Sylhet Division Sylhet

 

Sumber referensi : Data-data di Profil Negara Bangladesh ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*