_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/08/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-vietnam/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-vietnam/profil-negara-vietnam/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Profil Negara Britania Raya (Great Britain)



Profil Negara Britania Raya (Great Britain) – Britania Raya (Great Britain) adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di laut lepas pantai barat laut benua Eropa. Negara yang memiliki nama lengkap United Kingdom of Great Britain dan Northern Ireland atau disingkat dengan United Kingdom (UK) ini pada dasarnya terdiri dari empat negara yang berada di dalam kedaulatan Britania Raya. Keempat negara tersebut adalah Inggris, Irlandia Utara, Wales dan Skotlandia. Selain keempat negara tersebut, Britania Raya juga memiliki beberapa Dependensi Mahkota dan wilayah-wilayah seberang laut Britania.

Di Indonesia, mungkin kita lebih kenal dengan nama Inggris daripada nama Britania Raya. Namun perlu diketahui bahwa Inggris hanya merupakan salah satu negara di dalam kedaulatan Britania Raya. Di PBB, hanya kedaulatan Britania Raya atau United Kindom (UK) yang diakui, sedangkan negara-negara lain yang berada didalamnya seperti Inggris, Wales, Irlandia Utara dan Skotlandia merupakan bagian dari Britania Raya atau United Kingdom (UK).

Britania Raya yang menganut sistem pemerintahan Monarki Konstitusional ini pernah merupakan Imperium Terbesar di dunia dengan menguasai seperempat wilayah di muka bumi ini. Imperium Britania atau British Empire dimulai pada abab ke-16 dan mulai melakukan dekolonisasi setelah perang dunia ke-2. Kepala Negara Britania Raya adalah seorang Ratu yaitu Ratu Elizabeth II yang berkuasa sejak tahun 1952. Sedangkan Kepala Pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri  yang dipilih oleh rakyatnya setiap lima tahun melalui pemilihan umum legislatif. Pemimpin Partai yang meraih suara terbanyak ataupun koalisi terbesar biasanya dipilih sebagai Perdana Menteri. Ibukota Britania Raya adalah London.
Baca juga : Daftar Negara-negara Monarki di Dunia.

Secara Astronomis, Britania Raya terletak diantara 49°LU – 61° LU dan 9° BB – 2° BT. Satu-satunya Negara yang berbatasan darat dengan Britania Raya yang terletak di kepulauan Britania adalah Negara Republik Irlandia dan selebihnya dikelilingi oleh laut yang diantaranya adalah Laut Utara, Selat Inggris, Laut Irlandia dan Samudera Atlantik.

Britania Raya merupakan salah satu negara maju di dunia dengan pendapatan perkapita sebesar US$ 42.500,-. Britania Raya atau United Kingdom ini juga merupakan negara yang memiliki ekonomi terbesar ke-9 di dunia dengan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebesar US$ 2,788 trilun. Di Eropa, Britania Raya menduduki urutan kedua setelah Jerman. Beberapa industri penting di Britania Raya diantaranya adalah Permesinan, peralatan listrik, perangkat elektronik dan komunikasi, industri otomotif, perkapalan, pesawat terbang, perminyakan dan pengolahan makanan. Merek-merek Internasional yang terkenal seperti perusahaan perminyakan BP, perusahaan Otomotif Roll Royce dan perusahaan perbankan HSBC merupakan perusahaan-perusahaan dari Inggris yang juga bagian dari Britania Raya.

Luas wilayah Britania Raya adalah sebesar 243.610 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 64.430.428 jiwa. Mayoritas penduduknya adalah etnis kulit putih yaitu sekitar 87,2% dan beragama Kristen (59,5%). Kota-kota besar Britania Raya diantaranya adalah London, Manchester, Birmingham, Glasgow, Southampton/Portsmouth dan Liverpool.

Di hubungan luar negeri, Britania Raya merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang memiliki Hak Veto. Inggris juga merupakan anggota Negara Persemakmuran (Commonwealth), NATO, OECD, G7, G8 dan G20.Profil Negara Britania Raya (Inggris)

Profil Negara Britania Raya (Great Britain)

Berikut ini adalah Profil Negara Britania Raya yang sering kita sebut sebagai Negara Inggris.

  • Nama Lengkap : Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara (United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional
  • Kepala Negara : Ratu Elizabeth II (6 Februari 1952)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Theresa MAY (sejak 13 Juli 2016)
  • Ibukota : London
  • Luas Wilayah : 243.610 km2
  • Jumlah Penduduk : 64.430.428 jiwa
  • Pertumbuhan Penduduk : 0.53%
  • Angka Kelahiran : 12,1 bayi per 1000 penduduk
  • Bahasa Resmi : Bahasa Inggris
  • Agama : Kriten (59,5%), Muslim (4,4%), Hindu (1,3%)
  • Mata Uang : Pound Britania Raya (GBP)
  • Lagu Kebangsaan : “God Save the Queen”
  • Kode Domain Internet : .uk
  • Kode Telepon : 44
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 42.500,-
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$ 2,788 trilun
  • Lokasi : Eropa

Pembagian Wilayah Britania Raya

Britania Raya (Great Britain atau United Kingdom) terdiri dari 4 Negara di dalamnya yaitu Inggris (England), Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara. Keempat Negara tersebut masing-masing memiliki wilayah administrasi tersendiri.

Nama Negara

Ibukota

Keterangan

Inggris (England) London 27 two-tier counties, 32 London boroughs and 1 City of London or Greater London, 36 metropolitan districts, 56 unitary authorities
Irlandia Utara Belfast 5 borough councils, 4 district councils, 2 city councils
Skotlandia Edinburgh 32 council areas
Wales Cardiff 22 unitary authorities

 

Sumber referensi : Data-data dalam Profil Negara Britania Raya ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*