_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/12/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-iran/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-iran/profil-negara-republik-islam-iran/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Profil Negara Etiopia (Ethiopia)

Profil Negara Etiopia (Ethiopia) – Etiopia adalah sebuah negara yang terletak di benua Afrika, tepatnya di Afrika Timur. Etiopia yang merupakan salah satu negara tertua di dunia ini tidak pernah dijajah oleh negara Eropa selama masa perebutan wilayah Afrika yang terjadi di antara tahun 1880 hingga tahun 1914. Namun setelah masa perebutan wilayah Afrika tersebut, Etiopia pernah diduduki oleh Italia dalam waktu singkat yaitu pada tahun 1936 – 1941. Italia berhasil dikalahkan oleh pasukan Etiopia dan Britania Raya (Inggris Raya) pada tahun 1941. 

Etiopia adalah negara yang terkurung daratan, yaitu negara yang tidak memiliki wilayah laut dengan luas wilayahnya sebesar  1.104.300 km2. Secara astronomis, Etiopia terletak di antara 3°LU – 15°LU dan 33°BT – 45°BT. Etiopia berbatasan dengan Eritrea disebelah utara dan Kenya di sebelah selatannya. Disebelah Timur, Etiopia berbatasan dengan Somalia dan Djibouti sedangkan disebelah Baratnya Etiopia berbatasan dengan Sudan dan Sudan Selatan.

Jumlah penduduk Etiopia adalah sebanyak 105.350.020 jiwa. Etiopia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di benua Afrika setelah Nigeria. Sekitar 43,5% penduduk Etiopia adalah pemeluk kepercayaan Ortodok Etiopia dan agama Islam sekitar 33,9%. Etnis mayoritas Etiopia adalah Oromo (34,4%), Amara (27%), Somali (6,2%) dan Tigray (6,1%). Bahasa resmi Etiopia adalah bahasa Amharic (Bahasa resmi Nasional) dan tiga bahasa resmi negara bagian yaitu bahasa Oromo, bahasa Somali dan bahasa Tigrigna.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Etiopia adalah Republik Parlementer Federal. Dengan sistem pemerintahan ini, kepala negara Etiopia adalah seorang Presiden yang dipilih Majelis Parlemen setiap 6 tahun sekali. Sedangkan Kepala Pemerintahan Etiopia adalah Perdana Menteri ditunjuk oleh Partai Mayoritas setelah pemilihan legislatif. Ibukota negara yang memiliki nama lengkap Republik Demokratif Federal Etiopia ini adalah Addis Ababa.

Di bidang perekonomian, Etiopia merupakan salah satu negara terbelakang di dunia dengan pendapatan perkapita hanya sebesar US$1.900,-. Pendapatan Domestik Bruto adalah sebesar US$177,4 miliar. Sektor pertanian memberikan konstribusi PDB sebesar 37,2%. Komoditas pertanian atau agrikultur Etiopia diantaranya seperti Kopi, Sereal, biji minyak (oilseed), kapas, tebu, sayur-sayuran, kambing dan ikan. Berdasarkan data yang dikutip dari International Coffee Organizatio (ICO), Etiopia merupakan negara terbesar kelima penghasil Kopi di dunia yaitu sekitar 396.000 ton per tahun. Selain komoditas pertanian, beberapa Industri penting bagi perekonomian Etiopia adalah Industri Pengolah Makanan dan Minuman, Tekstil, garmen, kulit, kimia, semen dan pengolahan logam.
Baca juga : 10 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia.

Di hubungan luar negeri, Etiopia merupakan negara yang aktif memainkan peranannya dalam berbagai kerjasama internasional. Kantor pusat administrasi Uni Afrika terletak di kota Addis Ababa, yaitu Ibukota Etiopia.  Selain sebagai negara anggota Uni Afrika, Etiopia juga merupakan negara anggota PBB dan lembaga-lembaga dibawah PBB seperti ILO, FAO, IAEA, ICAO, IFAD, ILO, IMO, IMF, ITU, UNESCO, UPU, WBG, WIPO, WMO, UNWTO dan WHO.
Baca juga : Daftar Negara Anggota PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa).

Profil Negara Etiopia (ETHIOPIA)

Profil Negara Etiopia (Ethiopia)

Berikut dibawah ini adalah Profil Negara Etiopia (Ethiopia).

  • Nama Lengkap : Republik Demokratif Federal Etiopia (Federal Democratic Republic of Ethiopia)
  • Nama Lokal : Ityop’iya Federalawi Demokrasiyawi Ripeblik
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Parlementer Federal
  • Kepala Negara : Presiden MULATU Teshome Wirtu (sejak 7 Oktober 2013)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri HAILEMARIAM Desalegn (sejak 21 September 2012)
  • Ibukota : Addis Ababa
  • Luas Wilayah : 1.104.300 km2
  • Jumlah Penduduk : 105.350.020 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 2,85% (2017)
  • Angka Kelahiran : 36,5 bayi per 1000 penduduk (2017)
  • Suku Bangsa/Etnis : Oromo 34.4%, Amhara (Amara) 27%, Somali (Somalie) 6.2%, Tigray (Tigrinya) 6.1%, Sidama 4%, Gurage 2.5%, Welaita 2.3%, Hadiya 1.7%, Afar (Affar) 1.7%, Gamo 1.5%, Gedeo 1.3%, Silte 1.3%, Kefficho 1.2%, etnis lainnya 8.8% (estimasi 2007)
  • Bahasa Resmi : Amharic (bahasa resmi Nasional Etiopia), Oromo (bahasa resmi negara bagian Oromiya), Somali (bahasa resmi negara bagian Sumale), Tigrigna (Tigrinya) (bahasa resmi negara bagian Tigray)
  • Agama : Ortodok Etiopia 43.5%, Islam 33.9%, Protestan 18.5%, tradisional 2.7%, Katolik 0.7%, agama lainnya 0.6% (estimasi 2007)
  • Mata Uang : Birr Etiopia (ETB)
  • Hari Nasional : 28 Mei 1991 (Hari Derg Downfall,  mengalahkan rezim Mengistu)
  • Lagu Kebangsaan : “Whedefit Gesgeshi Woud Enat Ethiopia” (March Forward, Dear Mother Ethiopia)
  • Kode Domain Internet : .et
  • Kode Telepon : 251
  • Pendapatan Per Kapita : US$1.900,-
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$177,4 miliar
  • Lokasi : Benua Afrika (Afrika Timur)

 

Pembagian Wilayah Administrasi Etiopia (Ethiopia)

Secara Administratif, Etiopia terbagi atas 9 Negara Bagian yang berdasarkan etnisnya dan 2 wilayah administrasi khusus. Berikut ini adalah daftar 9 Negara Bagian dan 2 Wilayah Administrasi khusus Etiopia.

No.

Nama Provinsi

Ibukota

1 Afar Semera
2 Amhara Bahir Dar
3 Benishangul-Gumuz Asosa
4 Gambela Gambela
5 Harari Harar
6 Oromia Addis Ababa
7 Somali Jijiga
8 Southern Nations, Nationalities,
and Peoples’ Region
Awasa
9 Tigray Mek’ele
10 Dire Dawa (Administrasi Khusus) Dire Dawa
11 Addis Ababa (Administrasi Khusus) Addis Ababa

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Etiopia ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*