_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/12/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-iran/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-iran/profil-negara-republik-islam-iran/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Profil Negara Irak (Iraq)

Profil Negara Irak (Iraq) – Irak adalah sebuah negara yang terletak di kawasan Timur Tengah benua Asia. Dalam sejarahnya, Irak lebih dikenal dengan nama Mesopotamia yang artinya adalah “di antara dua sungai” dalam bahasa Yunani. Negara yang dijuluki dengan Negeri 1001 malam ini pernah terlibat dalam perang teluk dengan menginvasi Kuwait pada tahun 1990, tepat pada tanggal 2 Agustus 1990. Kuwait kemudian dijadikan sebagai Provinsi atau Wilayah Gubernuran Irak yang ke-19. Namun pada tanggal 27 Februari 1991, Pasukan Koalisi yang terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman Barat, Bangladesh, Korea Selatan, Niger dan negara-negara Arab berhasil membebaskan Kuwait. Perang ini dikenal dengan nama “Perang Teluk I”.

Secara Astronomis, Irak berada diantara 29°LU – 38°LU dan 39°BT – 49°BT dan berbatasan dengan beberapa negara Arab seperti Arab Saudi dan Kuwait di sebelah selatan, Yordania di sebelah barat, Suriah di sebelah barat laut, Turki di sebelah Utara dan berbatasan dengan Iran di sebelah Timurnya. Sebagian besar wilayah Irak adalah Padang Pasir, daerah subur di Irak hanya terdapat di daratan Aluvial yang berada disekitar sungai Eufrat dan Tigris. Irak memiliki garis pantai yang sempit  berukuran 58km di sekitar Teluk Persia.
Baca juga : Daftar Negara di Kawasan Timur Tengah (Middle East).

Luas wilayah Irak adalah sebesar 438.317km dengan jumlah penduduk sebanyak 39.192.111 jiwa. Mayoritas penduduk Irak adalah etnis Arab dan etnis Kurdi. Bahsas dua etnis mayoritas ini juga merupakan bahasa resmi negara Irak. Sebanyak 99% penduduk Irak memeluk agama Islam. Agama Islam adalah agama resmi Irak.  Ibukota Irak adalah Baghdad.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Irak adalah sistem pemerintahan Republik Federal Parlementer. Dengan sistem pemerintahan ini, Kepala Negara adalah seorang Presiden yang dipilih secara tidak langsung oleh Dewan Perwakilan Rakyat Irak  dengan masa Jabatan 4 tahun (dapat diplih kembali). Sedangkan Kepala Pemerintahannya adalah Perdana Menteri yang pada dasarnya merupakan partai atau blok terbesar di Dewan Perwakilan Rakyat Irak.

Di bidang Perekonomian, Irak merupakan salah satu negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia pada 1 dekade terakhir ini. Pada tahun 2016, pertumbuhan ekonomi Irak adalah sebesar 11% dengan Pendapatan Domestik Brutonya sebesar US$652,3 miliar. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi ini dikarenakan naiknya harga minyak dan tentunya juga dikarenakan stabilitas keamanan dan keuangannya. Pendapatan perkapita Irak adalah sebesar US$17.200,-. Seperti negara-negara Timur Tengah lainnya, tulang punggung perekonomian Irak juga berasal dari hasil buminya yaitu Minyak bumi. Selain Minyak bumi, Industri lain yang penting bagi perekonomian Irak adalah produk-produk kimia, tekstil, bahan-bahan konstruksi, pengolahan makanan, pengolahan logam dan pupuk.

Di hubungan luar negeri, Irak adalah anggota PBB dan lembaga-lembaga internasional yang berada dibawah PBB seperti  IAEA, IBRD, ICAO, IFAD, ILO, IMF, IMO, UNCTAD, UNESCO, UNIDO, UNWTO, WHO, WIPO, WMO dan WTO. Selain itu, Irak juga merupakan negara anggota OPEC, Palang Merah dan bulan Sabit Merah dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Profil Negara Irak (Iraq)

Profil Negara Irak (Iraq)

Berikut ini adalah Profil Negara Irak, negara yang dalam bahasa Arab disebut dengan Jumhuriyat al-Iraq ini.

  • Nama Lengkap : Republik Irak (Republic of Iraq)
  • Nama Lokal : Jumhuriyat al-Iraq / Komar-i Eraq
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Federal Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Fuad MASUM (sejak 24 Juli 2014)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Haydar al-ABADI (sejak 8 September 2014)
  • Ibukota : Baghdad
  • Luas Wilayah : 438.317 km2
  • Jumlah Penduduk : 39.192.111 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 2.55% (2017)
  • Angka Kelahiran : 30,4 bayi per 1000 penduduk (2017)
  • Suku Bangsa/Etnis : Arab 75%-80%, Kurdi 15%-20%, etnis lainnya kurang dari 5%
  • Bahasa Resmi : Bahasa Arab, Bahasa Kurdi
  • Agama : Islam 99%, agama lainnya 1%
  • Mata Uang : Dinar Irak (IQD)
  • Hari Kemerdekaan : 3 Oktober 1932 (dari Inggris)
  • Hari Nasional : 3 Oktober 1932 (Hari Kemerdekaan), 14 Juli 1958 (Hari Republik)
  • Lagu Kebangsaan : “Mawtini” (My Homeland)
  • Kode Domain Internet : .iq
  • Kode Telepon : 964
  • Pendapatan Per Kapita : US$17.200,-
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$652,3 miliar
  • Lokasi : Benua Asia (Timur Tengah)

 

Pembagian Administrasi Wilayah di Irak (Iraq)

Irak merupakan negara Federal yang terbagi atas 18 wilayah Gubernuran (governorates) dan 1 wilayah Otonomi Kurdistan. Berikut ini daftar 18 wilayah Gubernuran dan 1 wilayah Otonomi Kurdistan di Irak.

No. Nama Gubernuran Ibukota
1 Al Anbar Ramadi
2 Babil Hillah
3 Baghdad Baghdad
4 Basra Basra
5 Dhi Qar Nasiriyah
6 Al-Qādisiyyah Al Diwaniyah
7 Diyala Baqubah
8 Dohuk Dohuk
9 Erbil Erbil
10 Karbala Karbala
11 Kirkuk Kirkuk
12 Maysan Amarah
13 Muthanna Samawah
14 Najaf Najaf
15 Nineveh Mosul
16 Saladin Tikrit
17 Sulaymaniyah Sulaymaniyah
18 Wasit Kut
19 Halabja (Otonomi Kurdistan) Halabja

 

Sumber referesi : Data-data Profil Negara Irak ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*