_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/10/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-swiss-switzerland/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-swiss-switzerland/profil-negara-swiss-switzerland-2/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Profil Negara Italia (Italy)

Profil Negara Italia (Italy) – Italia adalah sebuah negara yang terletak di Benua Eropa, tepatnya di semenanjung Apenina atau semenanjung Italia Eropa Selatan. Italia yang secara astronomis berada di antara 35°LU-47°LU dan 6°BT-19°BT ini berbatasan darat dengan Perancis, Swiss, Austria, Slovenia disebelah utaranya sedangkan disebelah Timur, Barat dan Selatan dikelilingi oleh laut. Laut Adriatik disebelah timur, laut Tirenia disebelah Barat dan laut Ionia di sebelah selatan Italia. Dua negara berdaulat yaitu negara San Marino dan Vatikan terkurung dalam daratan wilayah Italia. Italia juga memiliki beberapa pulau di sekitar semenanjung Italia, di antara pulau-pulau tersebut terdapat dua pulau besar yaitu pulau Sisilia dan pulau Sardinia.
Baca juga : Daftar Negara-negara di Benua Eropa beserta Ibukotanya.

Titik tertinggi Italia terletak di Gunung Mont Blanc yaitu setinggi  4.810m sedangkan danau terbesar di Italia adalah Danau Garda seluas 367,94km2 dan Sungai Terpanjangnya adalah Sungai Po dengan kepanjangan 652km. Sungai Po mengalir dari Gunung Alpen di perbatasan barat dengan Perancis yang melintasi lembah Lembah Po menuju Laut Adriatik.

Negara yang pernah memiliki pengaruh yang cukup besar pada masa kekaisaran Romawi ini mulai menganut sistem pemerintahan Republik Parlementer pada tanggal 2 Juni 1946. Tanggal tersebut kemudian diperingati sebagai Hari Republik. Republik Parlementer adalah sistem pemerintahan yang kepala negaranya adalah seorang Presiden dan kepala pemerintahaannya adalah seorang Perdana Menteri. Presiden Republik Italia dipilih secara tidak langsung oleh Parlemen dalam sidang bersama dengan tiga utusan dari setiap wilayah untuk masa jabatan 7 tahun. Parlemen Italia terdiri dari Dewan Perwakilan Rakyat yang beranggotakan 630 orang dan Senat Republik yang beranggotakan 315 orang.  Sedangkan Perdana Menteri ditunjuk oleh Presiden setelah Pemilihan Umum. Perdana Menteri Italia disebut juga sebagai Presiden Dewan Menteri.

Italia memiliki luas wilayah sebesar 301.340 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 62.137.802 jiwa (estimasi Juli 2017). Italia merupakan negara dengan penduduk terbanyak keempat di Benua Eropa. Mayoritas penduduk Italia adalah etnis Italia dan sebagian besar adalah pemeluk agama Kristen (sekitar 80%). Bahasa Resminya adalah Bahasa Italia. Ibukota Italia adalah Kota Roma.

Di bidang Perekonomian, Italia merupakan negara dengan Ekonomi terbesar ke-12 di dunia atau terbesar ke-4 di Benua Eropa. Pendapatan Domestik Bruto Italia berdasarkan Paritas Daya Beli adalah sebesar US$2,23 trliun dengan Pendapatan Perkapita sebesar US$36.800,-. Industri-industri penting bagi perekonomian Italia diantaranya adalah Pariwisata, permesinan, besi dan baja, kimia, pengolahan makanan, tekstil, kendaraan bermotor, pakaian dan keramik. Italia juga menghasilkan beberapa komoditas pertanian seperti anggur, kentang, kacang kedelai, ikan, produk susu, zaitun dan biji-bijian.

Di Hubungan luar negari, Italia adalah salah satu negara pendiri Komunitas Eropa yang saat ini menjadi Uni Eropa (European Union atau EU). Selain sebagai anggota Uni-Eropa, Italia juga merupakan negara anggota PBB dan lembaga-lembaga di bawah PBB, negara anggota NATO, OECD, G-7, G-8 dan G-20.
Baca juga : Negara-negara anggot Uni Eropa (European Union).

Profil Negara Italia (Italy)

Profil Negara Italia (Italy)

Berikut ini adalah profil negara Italia (Italy).

  • Nama Lengkap : Repulbik Italia (Italian Republic)
  • Nama Lokal : Repubblica Italiana
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Sergio MATTARELLA (sejak 3 Februari 2015)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Paolo GENTILONI (sejak 12 Desember 2016)
  • Ibukota : Roma
  • Luas Wilayah : 301.340 km2
  • Jumlah Penduduk : 62.137.802 jiwa (estimasi di Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,2% (2017)
  • Angka Kelahiran : 8,6 bayi per 1000 penduduk
  • Suku Bangsa/Etnis : Etnis Italia
  • Bahasa Resmi : Bahasa Italia
  • Agama : Kristen 80%, Atheis dan Agnostisisme 20%
  • Mata Uang : Euro (EUR)
  • Hari Kemerdekaan : 17 Maret 1861 (Proklamasi Kerajaan Italia)
  • Hari Nasional : 2 Januari 1946 (Hari Republik)
  • Lagu Kebangsaan : “Il Canto degli Italiani” (The Song of the Italians)
  • Kode Domain Internet : .it
  • Kode Telepon : 39
  • Pendapatan Per Kapita : US$36.800,-
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$2,23 trliun
  • Lokasi : Benua Eropa (Eropa Selatan)

 

Pembagian Wilayah Administrasi Italia

Republik Italia terbagi atas 20 Region yang diantaranya terdapat 5 Region Otonomi khusus. Berikut ini adalah daftar 20 Region di Italia beserta Ibukotanya.

No. Nama Region Ibukota
1 Region Abruzzo L’Aquila
2 Region Basilicata Potenza
3 Region Calabria Catanzaro
4 Region Campania Napoli
5 Region Emilia-Romagna Bologna
6 Region Langobardi Milan
7 Region Lazio Roma
8 Region Liguria Genoa
9 Region Marche Ancona
10 Region Molise Campobasso
11 Region Piemonte Torino
12 Region Puglia Bari
13 Region Toskana Firenze
14 Region Umbria Perugia
15 Region Veneto Venesia
16 Region Otonomi Friuli-Venezia Giulia Trieste
17 Region Otonomi Sardinia Cagliari
18 Region Otonomi Sisilia Palermo
19 Region Otonomi Trentino-Alto Adige Trento
20 Regional Otonomi Valle d’Aosta Aosta

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Italia (Italy) ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*