_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/04/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-mesir-egypt/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-mesir-egypt/profil-negara-mesir-egypt-2/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Profil Negara Kanada (Canada)

Profil Negara Kanada (Canada)

Profil Negara Kanada (Canada) – Kanada adalah salah satu negara terbesar di dunia yang terletak di Benua Amerika Utara. Luas wilayah yang sebesar 9.984.670 km2 ini menjadikannya sebagai negara terluas kedua di dunia ini setelah Rusia. Kanada merupakan Negara Realm Commonwealth dengan sistem pemerintahan Monarki Konstitusional Federal. Yang dimaksud dengan Realm Commonwealth adalah negara kerajaan persemakmuran Inggris  yang mengakui Ratu Britania Raya atau Ratu Inggris sebagai Kepala Negaranya sedangkan kepala pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri yang dipilih oleh Rakyat Kanada selama 5 tahun sekali. Di Kanada, Ratu Britania Raya (Ratu Inggris) diwakili oleh seorang Gubernur Jenderal.
Baca juga : Daftar Negara Persemakmuran Inggris (Commowealth of Nations).

Meskipun merupakan negara terbesar kedua di dunia, Kanada bukan merupakan negara dengan penduduk yang terpadat. Jumlah penduduk Kanada hanya sekitar 35,36 juta jiwa dan menduduki peringkat ke-39 di antara negara-negara di dunia. Kanada menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Perancis sebagai bahasa resminya.

Di bidang Ekonomi, Kanada merupakan salah satu negara maju yang memiliki Pendapatan Domestik Bruto Nominal yang tinggi, PDB nominal Kanada pada tahun 2016 mencapai US$1,53 triliun dengan Pendapatan Perkapitanya adalah sekitar US$ 46.200,-. Dengan Pendapatan Domestik Bruto dan Perkapita yang tinggi ini, Kanada termasuk 10 besar sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia dan juga negara terkaya di dunia. Pertumbuhan ekonomi Kanada yang pesat ini didukung oleh kekayaan sumber daya alam yang berlimpah terutama di sektor pertambangan minyak bumi dan gas alam serta industri-industri teknologi lainnya.

Secara geografis, Kanada berbatasan dengan Amerika Serikat di sebelah Barat dan Selatannya. Selain berbatasan dengan Amerika Serikat (Alaska), di sebelah Barat Kanada juga terdapat Samudera Pasifik. Sedangkan di sebelah Utara Kanada adalah Samudera Arktik dan sebelah Timurnya adalah Samudera Atlantik, Selat Davis dan Teluk Baffin.

Profil Negara Kanada (Canada)

Berikut ini adalah Profil Negara Kanada :

Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional Federal

Kepala Negara : Ratu ELIZABETH II (sejak 6 February 1952); diwakili oleh Gubenur Jenderal David JOHNSTON (sejak 1 Oktober 2010)

Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Justin Pierre James TRUDEAU (sejak 4 November 2015)

Ibukota : Ottawa

Luas Wilayah : 9.984.670 km2

Jumlah Penduduk : 35.362.905 jiwa (2016)

Pertumbuhan Penduduk : 0,74%

Bahasa Resmi : Inggris dan Perancis

Agama : Katolik 39%, Protestan 20.3%, Presbyterian 1.4%, Islam 3,2%, Hindu 1,5%, Sikh 1,4%, Buddha 1,1%,  Agama dan kepercayaan lainnya 32,1%.

Suku Bangsa : Kanada 32.2%, Inggris 19.8%, Perancis 15.5%, Scoklandia 14.4%, Irlandia 13.8%, Jerman 9.8%, Italia 4.5%, Tionghoa 4.5%, Indian Amerika Utara 4.2%, suku bangsa lainnya 50.9%

Mata Uang : Dolar Kanada (CAD)

Hari Nasional : 1 July 1867

Lagu Kebangsaan : “O Canada”

Kode Domain Internet : .ca

Kode Telepon : 1

Waktu : GMT -5

Pendapatan Domestik Bruto : US$ 1,532 triliun (2015)

Pendapatan Per Kapita : US$ 46.200,- (2016)

 

Negara Bagian / Provinsi di Kanada

Kanada yang merupakan Negara Federal ini menggunakan istilah Provinsi untuk negara bagiannya. Secara Administratif, Kanada terdiri dari 10 Provinsi dan 3 Wilayah Teritorial. Berikut ini adalah daftar 10 Provinsi dan 3 Wilayah Teritorial yang ada di Kanada.

10 Provinsi di Kanada

Dibawah ini adalah 10 Provinsi atau Negara Bagian di Kanada beserta ibukotanya.

No. Provinsi Ibu kota
1 Nova Scotia Halifax
2 New Brunswick Fredericton
3 Quebec Quebec City
4 Ontario Toronto
5 Manitoba Winnipeg
6 British Columbia Victoria
7 Prince Edward Island Charlottetown
8 Saskatchewan Regina
9 Alberta Edmonton
10 Newfoundland and Labrador St. John’s

 

3 Wilayah Teritorial di Kanada

Berikut ini adalah tiga wilayah teritorial di Kanada beserta ibukotanya.

No. Wilayah Teritorial Ibu kota
1 Northwest Territories Yellowknife
2 Yukon Territories Whitehorse
3 Nunavut Iqaluit

 

Sumber referensi : CIA World Factbook

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*