_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/08/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-vietnam/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-vietnam/profil-negara-vietnam/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Profil Negara Korea Selatan (Republic of Korea)



Profil Negara Korea Selatan

Profil Negara Korea Selatan (Republic of Korea) – Korea Selatan adalah negara yang terletak di semenanjung Korea, Asia Timur.  Semenanjung Korea yang sebelumnya merupakan wilayah untuk satu negara yaitu negara Korea yang saat ini terpisah menjadi dua negara (Korea Selatan dan Korea Utara) karena perang saudara. Korea Selatan membentuk negara tersendiri dan menamakannya sebagai Republik Korea (Republik of Korea) pada tahun 1948.

Korea Selatan menganut sistem pemerintahan Republik Presidensil. Berdasarkan sistem Presidensil yang dianut oleh Korea Selatan ini, Kepala Negara dijabat oleh seorang Presiden yang dipilih oleh rakyat berdasarkan hasil Pemilihan Umum untuk masa jabatan 5 tahun. Sedangkan Kepala Pemerintahannya yang dipimpin oleh seorang Perdana Menteri yang ditunjuk oleh Presiden.

Luas wilayah Korea Selatan yang sebesar 99,720km2 ini berada di antara 124°BT- 130°BT dan 33°LU- 39°LU. Secara geografis, Korea Selatan berbatasan darat dengan Korea Utara disebelah utaranya sedangkan sebelah timur, selatan dan barat dikeliling oleh laut. Di sebelah barat dan selatan adalah Laut Kuning dan sebelah barat adalah laut Jepang sedangkan di sebelah tenggaranya adalah selat Korea yang berbatasan dengan Jepang.

Korea Selatan memiliki jumlah penduduk sebanyak 50.924.172 jiwa dengan bahasa resminya adalah bahasa Korea. Agama Kristen (Katolik, Protestan) dan Agama Buddha merupakan agama mayoritas di negara tersebut namun sebagian besar penduduk Korea Selatan memilih untuk tidak beragama atau atheisme. Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan angka kelahiran terendah di dunia yaitu sekitar 8,4 bayi per 1000 penduduk Korea Selatan.
Baca juga : 10 Negara dengan Angka Kelahiran Terendah di Dunia.

Di bidang perekonomian, Korea Selatan yang termasuk sebagai negara maju di dunia ini memiliki pendapatan domestik bruto (PDB) yang tinggi yaitu menduduki urutan ke-13 (tahun 2016) dengan nilai sebesar US$. 1,929 triliun sedangkan Pendapatan Perkapita Korea Selatan adalah US$. 37.900,-. Industri-industri yang menjadi tulang punggung perekonomian Korea Selatan diantaranya seperti produk Elektronik, Telekomunikasi, Otomotif, kimia, perkapalan dan industri baja. Merek-merek terkenal yang sering kita dengar seperti Samsung, LG, Hyundai, KIA, Daewoo dan Lotte adalah berasal dari Korea Selatan.

Di Hubungan Luar Negeri, Korea Selatan adalah anggota PBB dan lembaga-lembaga PBB lainnya. Ban Ki-moon yang sebelumnya merupakan Menteri Luar Negara Korea Selatan pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PBB selama dua periode yaitu dari 1 Januari 2007 – 31 Desember 2016. Selain sebagai anggota PBB, Korea Selatan juga berperan aktif dalam organisasi internasional seperti G-20, OECD, APEC dan Konferensi Tinggi Asia Timur.

Profil Negara Korea Selatan (Republic of Korea)

Berikut ini adalah Profil Negara Korea Selatan :

Nama Lengkap : Republik Korea (Republic of Korea)

Nama Lokal : Taehan-min’guk

Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil

Kepala Negara : Presiden MOON Jae-in (sejak 10 Mei 2017), menggantikan mantan Presiden PARK Geun-hye yang dimakzulkan oleh Majelis Nasional Korea Selatan.

Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri  HWANG Kyo-ahn (since 18 Juni 2015)

Ibukota : Seoul

Luas Wilayah : 99,720km2

Jumlah Penduduk : 50.924.172 jiwa

Pertumbuhan Penduduk : 0,53%

Angka Kelahiran : 8,4 bayi dari 1000 penduduk

Bahasa Resmi : Korea

Agama : Kristen (Katolik dan Protestan) 31,6%, Buddha 24,2% dan Tidak beragama43,3%

Mata Uang : Won Korea Selatan (KRW)

Hari Nasional : 15 Agustus 1945 (dari Jepang)

Lagu Kebangsaan : “Aegukga” (Patriotic Song)

Kode Domain Internet : .kr

Kode Telepon : 82

Pendapatan Per Kapita : US$. 37.900,-

Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$. 1,929 triliun

Lokasi : Benua Asia

 

Pembagian Wilayah Administrasi di Korea Selatan

Secara Administratif, Korea Selatan terbagi atas 9 Provinsi, 6 Kota Metropolitan, 1 Kota Istimewa dan 1 Kota Khusus Otonom.

No. Provinsi / Kota Tipe Ibukota
1 Seoul Kota Khusus Seoul
2 Sejong Kota Khusus otonom Sejong
3 Busan Kota Metropolitan Busan
4 Incheon Kota Metropolitan Incheon
5 Daegu Kota Metropolitan Daegu
6 Gwangju Kota Metropolitan Gwangju
7 Daejeon Kota Metropolitan Daejeon
8 Ulsan Kota Metropolitan Ulsan
9 Gyeonggi Provinsi Suwon
10 Gangwon Provinsi Chuncheon
11 Chungcheongbuk Provinsi Cheongju
12 Chungcheongnam Provinsi Daejeon
13 Jeollabuk Provinsi Jeonju
14 Jeollanam Provinsi Muan
15 Gyeongsangbuk Provinsi Daegu
16 Gyeongsangnam Provinsi Changwon
17 Jeju Provinsi Kota Jeju

 

Sumber referensi : data-data profil negara Korea Selatan ini dikutip dari CIA World Factbook (data untuk tahun 2016).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*