_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/10/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-swiss-switzerland/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-swiss-switzerland/profil-negara-swiss-switzerland-2/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Profil Negara Korea Utara (Korut)

Profil Negara Korea Utara (Korut) – Korea Utara adalah sebuah negara yang terletak di bagian utara semenanjung Korea, Asia Timur. Negara yang pernah bersatu dengan Korea Selatan dengan nama negara Korea ini berpisah menjadi dua negara pada tahun 1948 karena Korea Utara menolak ikut serta dalam pemilihan umum yang diawasi oleh PBB. Penolakan tersebut pada akhirnya berujung pada perang saudara yang terjadi pada tahun 1950. Negara yang terbentuk secara resmi pada tanggal 9 September 1948 dengan nama lengkap Republik Rakyat Demokratik Korea ini menguasai bagian utara semenanjung korea sedangkan bagian selatan semananjung Korea dikuasai oleh Republik Korea yang pada umumnya disebut dengan Korea Selatan atau Korsel.
Baca juga : Profil Negara Korea Selatan.

Korea Utara merupakan negara komunis yang dikuasai oleh satu partai yaitu Front Demokratik untuk Reunifikasi Tanah Air atau Democratic Front for the Reunification of the Fatherland (DFRF). Pada dasarnya Front Demokratik untuk Reunifikasi Tanah Air merupakan koalisi 1 partai besar yaitu Partai Buruh Korea (Korean Worker Party) yang dipimpin oleh Kim Jong Un dan 2 Partai kecil yang masih dibawah kendali Partai Buruh Korea, kedua partai tersebut adalah Partai Demokratik Sosial Korea (Social Democratic Party) dan Partai Chongu Chondois (Chondoist Chongu Party).

Dengan Sistem Pemerintahan Komunis ini, Kepala Negaranya adalah Pemimpin tertinggi Partai yang saat dijabat oleh Kim Jong Un. Sedangkan Kepala Pemerintahannya adalah Perdana Menteri yang pilih secara tidak langsung melalui pemilihan di Majelis Tertinggi Rakyat. Ideologi yang dianut oleh Korea Utara adalah Ideologi Juche yang digagas oleh mantan pemimpin tertinggi Kim Il Sung pada tahun 1972. Ideologi Juche adalah Ideologi yang menyatakan percaya dan tergantung pada kekuatan sendiri.  Ibukota Korea Utara adalah Pyongyang.

Korea Utara atau sering disingkat dengan Korut ini memiliki luas wilayah sebesar 120.538 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 25.248.140 jiwa. Secara astronomis Korea Utara berada diantara 37°LU – 43°LU dan 124°BT – 131°BT. Korea Utara berbatasan dengan Korea Selatan di sebelah Selatannya, sedangkan di sebelah utaranya berbatasan dengan China dan Rusia. Di sebelah Barat Korea Utara adalah Laut Kuning dan Korea Bay sedangkan disebelah Timurnya adalah Laut Jepang.

Korea Utara merupakan negara yang perekonomiannya sangat terpusat dan kurang terbuka. Pendapatan Domestik Bruto berdasarkan Paritas Daya beli adalah sebesar US$40 miliar dengan pendapatan perkapitanya hanya sebesar US$1.700,- (data 2015). Komposisi Pendapatan Domestik Bruto (PDB) tersebut diantaranya berasal sektor Pertanian sekitar 21,6%, sektor Industri sekitar 46,2% dan Jasa 42,2%. Produk-produk pertanian yang dihasilkan oleh Korea Utara diantara adalah beras, jagung, gandum, kentang, kacang kedelai, daging sapi, daging babi dan telur sedangkan produk Industrinya adalah produk militer, kimia, pertambangan (batu bara, besi, tembaga, seng, timah, grafit, magnesite dan lain-lainnya), tekstil, pengolahan makanan, pembuatan mesin, listrik dan pariwisata.

Seperti negara-negara berdaulat lainnya, Korea Utara juga merupakan salah satu negara anggota PBB dan beberapa lembaga khusus dibawah PBB seperti ICAO, IFAD, IMO, ITU, UNCTAD, UNESCO, UNIDO, UNWTO, UPU, WHO, WMO dan WIPO.

Profil Negara Korea Utara (Korut) - North Korea

Profil Negara Korea Utara (KORUT)

Berikut ini adalah Profil Negara Korea Utara (Korut) yang dikutip dari CIA World Factbook.

  • Nama Lengkap : Republik Rakyat Demokratik Korea  (Democratic People’s Republic of Korea)
  • Nama Lokal : Choson-minjujuui-inmin-konghwaguk
  • Bentuk Pemerintahan : Negara Komunis
  • Kepala Negara : Pemimpin Tertinggi KIM Jong Un (sejak 17 Desember 2011)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri PAK Pong Ju (sejak 2 April 2013)
  • Ibukota : Pyongyang
  • Luas Wilayah : 120.538 km2
  • Jumlah Penduduk : 25.248.140 jiwa (estimasi di Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,5% (2017)
  • Angka Kelahiran : 14,6 bayi per 1000 penduduk (2017)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Korea
  • Agama : Tidak beragama (ideologi Juche), Buddha, Konghucu, Kristen dan Cheondogyo
  • Mata Uang : Won Korea Utara (KPW)
  • Hari Nasional : 9 September 1948 (Hari berdirinya Negara Republik Demokratik Korea)
  • Hari Kemerdekaan : 15 Agustus 1945 (dari Jepang)
  • Lagu Kebangsaan : “Aegukka” (Patriotic Song)
  • Kode Domain Internet : .kp
  • Kode Telepon : 850
  • Pendapatan Per Kapita : US$1.700,-
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$40 miliar
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Timur)

 

Pembagian Wilayah Provinsi dan Kota di Korea Utara (Korut)

Secara Administratif, Korea Utara terbagi atas 9 Provinsi dan 2 Kota. Berikut ini adalah daftar 9 Provinsi dan 2 Kota di Korea Utara beserta Ibukotanya.

No. Nama Divisi Ibukota
1 Kota Pyongyang Chung-guyok
2 Kota Rason Rajin-guyok
3 Provinsi Chagang Kanggye
4 Provinsi North Hamgyong Chongjin
5 Provinsi South Hamgyong Hamhung
6 Provinsi North Hwanghae Sariwon
7 Provinsi South Hwanghae Haeju
8 Provinsi Kangwon Wonsan
9 Provinsi North Pyongan Sinuiju
10 Provinsi South Pyongan Pyongsong
11 Provinsi Ryanggang Hyesan

 

Sumber referensi : Data-data di Profil Negara Korea Utara (Korut) ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*