_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/10/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/negara-negara-anggota-saarc-asosiasi-kerjasama-regional-asia-selatan/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/negara-negara-anggota-saarc-asosiasi-kerjasama-regional-asia-selatan/negara-anggota-saarc/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Profil Negara Malaysia

Profil Negara Malaysia

Profil Negara Malaysia – Malaysia adalah sebuah negara monarki konstitusional federal yang terletak di Asia Tenggara. Kepala Negara Malaysia adalah Yang di-Pertuan Agong yang digilirkan setiap lima tahun diantara sembilan Sultan Negeri Melayu. Kesembilan Sultan Negeri Melayu yang dapat dipilih menjadi Yang di-Pertuan Agong maupun memilih Yang di-Pertuan Agong adalah Sultan Johor, Sultan Kedah, Sultan Kelantan, Yang Dipertuan Besar Negeri Sembilan, Sultan Pahang, Sultan Perak, Raja Perlis, Sultan Selangor dan Sultan Terengganu. Sedangkan kepala pemerintahan Malaysia adalah seorang Perdana Menteri yang dipilih melalui Pemilihan Umum yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali. Secara Administratif, Malaysia yang merupakan negara berbentuk federasi ini terbagi atas 13 Negara Bagian dan 3 Wilayah Persekutuan.
Baca juga : Daftar Negara Bagian dan Wilayah Persekutuan di Malaysia.

Malaysia yang memiliki luas wilayah sebesar 329.847 km2 ini terpisah menjadi dua kawasan oleh Laut Tiongkok Selatan yaitu Malaysia Barat yang berada di semenanjung Malaysia benua Asia dan Malaysia Timur yang berada di Pulau Kalimantan. Di Malaysia Barat, Malaysia berbatasan darat dengan Thailand di sebelah utaranya, sedangkan di sebelah barat adalah selat Malaka dan sebelah timur adalah laut Tiongkok Selatan. Di Selatan Malaysia Barat adalah Singapura yang dipisahkan oleh selat Johor. Di Malaysia Timur, Malaysia berbatasan dengan Brunei Darussalam di sebelah Utaranya sedangkan di sebelah Selatan adalah Indonesia. Sebelah Timur Malaysia Timur adalah Laut Sulu dan Laut Sulawesi, sebelah utaranya adalah laut Tiongkok Selatan. Ibukota Malaysia adalah Kuala Lumpur sedangkan Putrajaya merupakan pusat pemerintahan persekutuan.

Jumlah penduduk Malaysia sebanyak 30.949.962 jiwa yang mayoritas penduduknya adalah beragama Islam (61,3%). Bahasa Malaysia yang pada dasarnya berasal dari Bahasa Melayu adalah bahasa resmi negara Malaysia.  Suku Melayu merupakan suku terbesar di Malaysia yaitu sebanyak 50,1% sedangkan suku lainnya seperti Tionghoa sebanyak 22,6%, suku asli Sabah/Sarawak (Indigenous) sebanyak 11,8% dan suku India sebanyak 6,7%. Angka pertumbuhan penduduk Malaysia adalah sekitar 1,4%.

Hubungan luar negeri, Malaysia merupakan salah satu negera pendiri ASEAN. Malaysia juga merupakan anggota APEC, PBB dan lembaga-lembaga dibawah PBB lainnya.

Di bidang Perekonomian, Malaysia merupakan negara penghasil Karet dan Minyak Sawit Terbesar di dunia. Pendapatan Domestik Bruto Malaysia berdasarkan Paritas Daya Beli adalah sebesar US$ 863,8 miliar. Sedangkan Pendapatan Perkapita Malaysia adalah sebesar US$ 27.200,-. Komoditas Agrikultur utama yang dihasilkan oleh Malaysia diantaranya adalah Minyak Sawit, Karet, Kakao, Beras dan Kayu. Di Perindustrian, beberapa Industri penting Malaysia diantaranya seperti pengolah minyak sawit dan karet, perminyakan dan gas bumi, farmasi dan produk-produk elektronika.

Profil Negara Malaysia

Berikut ini adalah profil negara Malaysia.

  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional Federal
  • Kepala Negara : Yang di-Pertuan Agong MUHAMMAD V (sebelumnya dikenal sebagai Tuanku Muhammad Faris Petra (sejak 13 Desember 2016)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Mohamed NAJIB bin Abdul Najib Razak (sejak 3 April 2009);
  • Ibukota : Kuala Lumpur
  • Luas Wilayah : 329.847 km2
  • Jumlah Penduduk : 30.949.962 jiwa
  • Pertumbuhan Penduduk : 1,4%.
  • Agama : Islam (61,3%), Buddha (19,8%), Kristen (9,2%), Hindu (6,3%) dan agama lainnya (3,4%)
  • Bahasa Resmi : Malaysia
  • Mata Uang : Ringgit Malaysia
  • Hari Nasional : 31 Agustus 1957 (dari Inggris)
  • Lagu Kebangsaan : “Negaraku” (My Country)
  • Kode Domain Internet : .my
  • Kode Telepon : 60
  • Pendapatan Domestik Bruto (PPP) : US$ 863,8 miliar
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 27.200,-

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Malaysia ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*