_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/11/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-australia/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-australia/profil-negara-australia-2/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Profil Negara Mongolia

Profil Negara Mongolia – Mongolia adalah sebuah negara Republik yang terletak di Asia Timur. Negara yang terkurung daratan ini hanya berbatasan darat dengan dua negara yaitu negara Rusia di sebelah utaranya dan China (Tiongkok) di sebelah selatannya. Pada abab ke-13, Mongolia merupakan pusat kekaisaran Mongol yang berhasil menaklukan sebagian besar wilayah Asia dan Eropa. Namun Kekaisaran Mongol yang didirikan oleh Genghis Khan ini mengalami kemunduran dan akhirnya kembali ke wilayah mereka sendiri yaitu daratan Mongolia pada akhir abab ke-14.
Baca juga : Profil Negara China (Tiongkok).

Pada Abab ke-17, wilayah Mongol ini dikuasai oleh China dibawah kekuasaan Dinasti Qing. Mongolia kemudian mendeklarasikan kemerdekaannya dari pemerintahan Dinasti Qing China pada tahun 1911 namun tidak diakui oleh pemerintahan China (pada kenyataanya adalah memperoleh kekuasaan otonomi). Pemerintahan China secara resmi mengakui kemerdekaan Mongolia pada tahun 1921. Saat ini, Mongolia menganut sistem pemerintahan Republik Parlementer yaitu sistem pemerintahan yang kepala negaranya adalah Presiden dan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Ibukota Mongolia adalah Ulan Bator.

Mongolia memiliki luas wilayah sebesar 1.564.116 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 3.068.243 jiwa. Mayoritas penduduk Mongolia adalah etnis Khalkha Mongol yaitu sebanyak 81,9% dan beragama Buddha (53%). Bahasa resmi Mongolia adalah bahasa Mongol. Gurun Gobi yang merupakan salah satu gurun atau padang pasir terbesar di dunia berada di negara ini. Secara astronomis, Mongolia terletak di antara 41°-52°LU (sebuah area kecil terletak di 52°) dan 87°-120°BT.

Di bidang Perekonomian, Mongolia memiliki pendapatan domestik bruto sebesar US$ 37 miliar dengan pendapatan perkapita sebesar US$ 12.300,-. Sekitar 85,1% komoditas Mongolia diekspor ke negara tetangga yaitu Tiongkok. Komoditas-komoditas ekspor Mongolia diantaranya seperti tembaga, pakaian, peternakan, wol, cahsmere, logam non-ferro, batu bara dan minyak. Mayoritas penduduk Mongolia bermata pencaharian di sektor pertanian dan peternakan yaitu sekitar 31,1%. Produk-produk agrikultur tersebut diantara seperti Kuda, domba, kambing, sapi, unta, gandum dan sayur-sayuran.

Di hubungan luar negeri, Mongolia yang merupakan negara berdaulat juga adalah negara anggota PBB serta negara anggota lembaga-lembaga yang berada di bawah PBB.

Profil Negara Mongolia dan bendera Mongolia

Profil Negara Mongolia

Berikut ini adalah Profil Negara Mongolia.

  • Nama Lengkap : Mongolia
  • Nama Lokal : Mongol Uls
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Parlemeter
  • Kepala Negara : Presiden Khaltmaa BATTULGA (sejak 10 Juli 2017)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Ukhnaa KHURELSUKH (sejak 4 Oktober 2017)
  • Ibukota : Ulan Bator
  • Luas Wilayah : 1.564.116 km2
  • Jumlah Penduduk : 3.068.243 jiwa
  • Pertumbuhan Penduduk : 1,2% (2017)
  • Angka Kelahiran : 18,9 bayi per 1000 penduduk (2017)
  • Suku Bangsa/Etnis : Khalkha 81.9%, Kazak 3.8%, Dorvod 2.7%, Bayad 2.1%, Buryat-Bouriates 1.7%, Zakhchin 1.2%, Dariganga 1%, Uriankhai 1%, etnis lainnya 4.6% (estimasi pada tahun 2010)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Mongol
  • Agama : Buddha 53%, Islam 3%, Shamanisme 2.9%, Kristen 2.2%, agama lainnya 0.4%, tidak beragama 38.6% (estimasi tahun 2010)
  • Mata Uang : Togrog/Tugriks Mongolia (MNT)
  • Hari Kemerdekaan : 29 Desember 1911 (Deklarasi kemerdekaan dari China; namun pada kenyataannya adalah perolehan otonomi); 11 Juli 1921 (hari kemerdekaan resmi diakui oleh China)
  • Lagu Kebangsaan : “Mongol ulsyn toriin duulal” (National Anthem of Mongolia)
  • Kode Domain Internet : .mn
  • Kode Telepon : 976
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 12.300,-
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$ 37 miliar
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Timur)

 

Pembagian Wilayah Administrasi Mongolia

Secara Administrasi, Mongolia terbagi atas 21 Provinsi dan 1 kota Munisipalitas Ibukota. Berikut ini adalah daftar 21 Provinsi dan 1 kota Munisipalitas di Mongolia.

No. Nama Provinsi Ibukota
1 Provinsi Arkhangai Tsetserleg
2 Provinsi Bayankhongor Bayankhongor
3 Provinsi Bayan-Ölgii Ölgii
4 Provinsi Bulgan Bulgan
5 Provinsi Darkhan-Uul Darkhan
6 Provinsi Dornod Choibalsan
7 Provinsi Dornogovi Sainshand
8 Provinsi Dundgovi Mandalgovi
9 Provinsi Govi-Altai Altai
10 Provinsi Govisümber Choir
11 Provinsi Khentii Öndörkhaan
12 Provinsi Khovd Khovd
13 Provinsi Khövsgöl Mörön
14 Provinsi Orkhon Erdenet
15 Provinsi Selenge Sükhbaatar
16 Provinsi Sükhbaatar Baruun-Urt
17 Provinsi Töv Zuunmod
18 Provinsi Ömnögovi Dalanzadgad
19 Provinsi Uvs Ulaangom
20 Provinsi Övörkhangai Arvaikheer
21 Provinsi Zavkhan Uliastai
22 Kota Munisipalitas Ulaanbaatar Ulaanbaatar

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Mongolia ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*