_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/09/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-papua-nugini-papua-new-guinea/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-papua-nugini-papua-new-guinea/profil-negara-papua-nugini-papua-new-guinea/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Profil Negara Myanmar (Burma)

Profil Negara Myanmar (Burma) – Myanmar adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara. Negara yang secara astronomis berada di antara  11°LU – 28°LU dan 92°BT – 100°BT ini berbatasan dengan Bangladesh, India dan laut Benggala disebelah baratnya, sedangkan disebelah timurnya Myanmar berbatasan dengan Thailand, Laos dan China. Di sebelah Utara Myanmar adalah China dan disebelah Selatan adalah Laut Andaman.

Myanmar yang sebelumnya dikenal dengan nama negara Burma ini pernah diperintah oleh pemerintahan militer sejak tahun 1962 hingga tahun 2016 diadakannya pemilihan umum yang dimenangkan oleh Presiden yang bukan dari kalangan militer. Presiden terpilih ini berasal dari Liga Nasional untuk Demokrasi yang menang dalam pemilihan umum tahun 2015. Liga Nasional untuk Demokrasi (National League for Democracy) atau NLD merupakan partai yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi. Dalam pemerintahan baru ini, Aung San Suu Kyi menjabat sebagai kanselir negara yang setara dengan jabatan Perdana Menteri pada tanggal 6 April 2016. Aung San Suu Kyi juga pernah meraih penghargaan nobel di bidang perdamaian pada tahun 1991 karena perjuangannya dalam memajukan demokrasi di negaranya tanpa menggunakan kekerasan dalam menentang kekuasaan rezim militer.

Nama Burma digantikan menjadi Myanmar oleh pemerintah militer pada tanggal 18 Juni 1989 dengan tujuan agar etnis non-Burma juga merasa bagian dari negara ini. Myanmar merupakan sebuah negara multi-etnis yaitu terdiri dari etnis Burma, Karen, Kayah, Arakan, Mon, Kachin, Chin, Rohingya dan seratus lebih etnis minoritas lainnya. Pada tanggal 7 November 2005, Pemerintah militer juga memindahkan Ibukotanya dari Rangoon (Yangon) ke Naypyitaw. Selain nama negara dan Ibukota, pemerintahan militer Myanmar juga menggantikan bendera dan lagu kebangsaannya pada tanggal 21 Oktober 2010

Sistem pemerintahaan Myanmar adalah Republik Presidensil. Di Republik Presidensil Myanmar ini, kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah seorang Presiden yang dibantu oleh  dua orang wakil Presiden. Namun pada April 2016, Presiden membentuk jabatan baru yaitu Kanselir Negara (state counsellor) yang setara dengan jabatan Perdana Menteri. Saat ini, Kanselir Negara dijabat oleh Aung San Suu Kyi.

Luas wilayah Myanmar adalah sebesar 676.578 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak  55.123.814 jiwa. Mayoritas penduduk Myanmar adalah etnis Burma atau Bamar yaitu sebanyak 68%. Pemerintah Myanmar mengakui sebanyak 135 kelompok etnis asli di Myanmar. Kebanyakan penduduk Myanmar menganut agama Buddha yaitu sebanyak 87,9% sedangkan agama lainnya adalah agama Kristen sebanyak 6,2%, agama Islam sebanyak 4,3% serta agama-agama lainnya. Bahasa resmi Myanmar adalah bahasa Myanmar.

Di bidang perekonomian, Myanmar adalah negara berkembang yang memiliki pendapatan domestik bruto sebesar US$307,3 miliar dengan pendapatan perkapitanya sebesar US$6.000,- (2016). Tulang punggung perekonomian Myanmar adalah sektor pertanian seperti beras, kacang, tebu, produk perkayuan dan produk-produk perikanan. Selain sektor pertanian, industri lain yang penting bagi perekonomian Myanmar adalah garment, semen, bahan konstruksi, farmasi, pupuk serta sektor pertambangan seperti tembaga, besi, timah, minyak bumi, gas alam dan batu-batu mulia (permata dan giok).

Di hubungan luar negeri, Myanmar bergabung dengan ASEAN pada tahun 23 Juli 1997. Myanmar juga merupakan anggota PBB dan lembaga-lembaga dibawah PBB, anggota Asian Development Bank (ADB).
Baca juga : Negara-negara Anggota ASEAN.

Profil Negara Myanmar (Burma)

Profil Negara Myanmar (Burma)

Berikut ini adalah Profil Negara Myanmar (Burma).

  • Nama Lengkap : Republik Persatuan Myanmar (Republik of the Union of Myanmar)
  • Nama Lokal : Pyidaungzu Thammada Myanma Naingngandaw
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden HTIN KYAW (sejak 30 Maret 2016)
  • Kepala Pemerintahan : Presiden HTIN KYAW (sejak 30 Maret 2016)
  • Ibukota : Naypyitaw
  • Luas Wilayah : 676.578 km2
  • Jumlah Penduduk : 55.123.814 jiwa (estimasi tahun 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,9% (2017)
  • Angka Kelahiran : 18,1 bayi per 1000 penduduk (estimasi tahun 2017)
  • Suku Bangsa/Etnis : Burma (Bamar) 68%, Shan 9%, Karen 7%, Rakhine 4%, Tionghoa 3%, India 2%, Mon 2%, etnis lainnya 5%
  • Bahasa Resmi : Bahasa Myanmar (bahasa Burma)
  • Agama : Buddha 87.9%, Kristen 6.2%, Islam 4.3%, Animisme 0.8%, Hindu 0.5%, Agama lainnya 0.2%, tidak beragama 0.1%
  • Mata Uang : Kyat Myanmar (MMK)
  • Hari Nasional : 4 Januari 1948 (Hari Kemerdekaan), 12 Februari 1947 (Hari Persatuan/Union Day)
  • Hari Kemerdekaan : 4 Januari 1948 (dari Inggris)
  • Lagu Kebangsaan : “Kaba Ma Kyei” (Till the End of the World, Myanmar)
  • Kode Domain Internet : .nm
  • Kode Telepon : 95
  • Pendapatan Per Kapita : US$6.000,- (2016).
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$307,3 miliar (2016)
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Tenggara)

Pembagian Wilayah di Myanmar

Secara administratif, Myanmar terbagi atas 7 negara bagian (state), 7 wilayah Region dan 1 uni teritori (Union Territory). Berikut ini adalah daftar 7 negara bagian, 7 region dan 1 uni  teritori di Myanmar beserta Ibukotanya.

No. Name Capital
1 Ayeyarwady Region Pathein
2 Bago Region Bago
3 Magway Region Magwe
4 Mandalay Region Mandalay
5 Sagaing Region Sagaing
6 Tanintharyi Region Dawei
7 Yangon Region Yangon
8 Chin State Hakha
9 Kachin State Myitkyina
10 Kayah State Loikaw
11 Kayin State Pa-an
12 Mon State Mawlamyaing
13 Rakhine State Sittwe
14 Shan State Taunggyi
15 Naypyidaw Union Territory Naypyidaw

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Myanmar (Burma) ini dikutip dari CIA World Factbook dan Wikipedia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*