_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/11/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-australia/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-australia/profil-negara-australia-2/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Profil Negara Panama

Profil Negara Panama – Panama adalah sebuah negara Republik yang terletak di tenggara Amerika Tengah (Benua Amerika Utara, Sub Region Amerika Tengah). Dalam sejarahnya, Panama pernah merupakan koloni Spanyol dari abab ke-16 hingga pada tahun 1821 bergabung dengan Gran Colombia yang meliputi negara Persatuan Kolombia, Ekuador dan Venezuela. Dengan dukungan Amerika Serikat, Panama memisahkan diri dari Kolombia pada tahun 1903 dan mendeklarasikan kemerdekaan Panama sebagai negara Republik yang berdaulat. Dua minggu kemudian, perwakilan Republik Panama menandatangani perjanjian dengan Amerika Serikat yang isinya adalah mengizinkan Amerika Serikat untuk membangun sebuah kanal dan memberikan hak penuh untuk mengatur kanal tersebut.
Baca juga : Negara-negara di Benua Amerika Utara beserta Ibukotanya.

Kanal yang dikenal dengan nama Terusan Panama (Panama Canal) tersebut merupakan kanal yang memiliki letak strategis yang menghubungkan samudera Pasifik dan samudera Atlantik. Terusan Panama yang panjangnya 77km ini dibuka secara resmi pada tanggal 15 Agustus 1914. Hak Kontrol Amerika Serikat atas Terusan Panama ini berakhir pada tanggal 31 Desember 1999 berdasarkan perjanjian Torrijos-Carter. Saat ini, Terusan Panama dikontrol Otoritas Terusan Panama.

Secara astronomis, Panama terletak di antaran  7°LU – 9°LU dan 77°BB – 83°BB, Panama berbatasan darat dengan Kolombia di sebelah Timur dan Kosta Rika di sebelah Baratnya. Di sebelah Utara adalah Laut Karibia dan disebelah Selatan adalah Samudera Pasifik. Panama memiliki luas wilayah sebesar 75.420 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 3.753.142 (estimasi Juli 2017). Mayoritas penduduk Panama beragama Katolik Roma (85%) dan Protestant (15%). Bahasa resmi Panama adalah bahasa Spanyol.

Panama adalah negara yang menganut sistem pemerintahan Republik Presidensil yaitu sistem pemerintahan yang kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah Presiden. Presiden Panama dipilih oleh rakyatnya melalui Pemilihan Langsung. Masa Jabatan Presiden dan Wakil Presiden adalah 5 tahun. Presiden Panama saat ini adalah Presiden Juan Carlos VARELA yang dipilih sejak 1 Juli 2014. Ibukota Panama adalah Panama City (Kota Panama).

Di bidang Perekonomian, Pendapatan Domestik Bruto Panama adalah sebesar US$ 92,95 miliar dengan pendapatan perkapita sebesar US$ 23.000,-. 76,7% Pendapatan Domestik Bruto Panama berasal dari sektor Jasa yang meliputi jasa dalam pelayanan Terusan Panama, Logistik, Perbankan, Perdagangan bebas Colon, Asuransi, Pelabuhan Kontainer, Pendaftaran Kapal dan Pariwisata. Sektor penyumbang PDB kedua adalah sektor Industri yaitu sebesar 15,5%. Industri-industri utama di Panama diantaranya adalah Konstruksi, Semen dan bahan-bahan Konstruksi, penggilingan gula dan pembuatan bir. Di hubungan luar negeri, Panama juga merupakan negara anggota PBB dan lembaga-lembaga internasional lainnya yang berada di bawah PBB.

Profil Negara Panama (Republik Panama)

Profil Negara Panama

Berikut ini adalah Profil Negara Panama :

  • Nama Lengkap : Republik Panama (Republic of Panama)
  • Nama Lokal : Republica de Panama
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Juan Carlos VARELA (sejak 1 Juli 2014)
  • Kepala Pemerintahan : Presiden Juan Carlos VARELA (sejak 1 Juli 2014)
  • Ibukota : Kota Panama (Panama City)
  • Luas Wilayah : 75.420 km2
  • Jumlah Penduduk : 3.753.142 (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 1,27% (2017)
  • Angka Kelahiran : 17,9 bayi per 1000 penduduk (2017)
  • Suku Bangsa/Etnis : Mestizo (campuran Amerindian and white) 65%, Native American 12.3% (Ngabe 7.6%, Kuna 2.4%, Embera 0.9%, Bugle 0.8%, lain-lainnya 0.4%), keturunan Afrika 9.2%, mulatto 6.8%, Putih 6.7% (estimasi 2010)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Spanyol
  • Agama : Katolik Roma 85%, Protestan 15%
  • Mata Uang : Balboa Panama (PAB)
  • Hari Kemerdekaan : 3 November 1903 (dari Kolombia;  memisahkan diri dengan Spanyol pada tanggal  28 November 1821)
  • Hari Nasional : 3 November 1903 (Hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “Himno Istmeno” (Isthmus Hymn)
  • Kode Domain Internet : .pa
  • Kode Telepon : 507
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 23.000,-
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$ 92,95 miliar
  • Lokasi : Benua Amerika Utara

 

Pembagian Wilayah Administrasi Panama

Republik Panama terbagi atas 10 Provinsi dan 3 wilayah Pribumi. Berikut ini adalah daftar 10 Provinsi dan 3 wilayah Pribumi Panama beserta Ibukotanya.

Daftar 10 Provinsi di Panama beserta Ibukotanya

No. Nama Provinsi Ibukota
1 Bocas del Toro Bocas del Toro
2 Chiriqui David
3 Cocle Penonomé
4 Colon Colon
5 Darien La Palma
6 Herrera Chitré
7 Los Santos Las Tablas
8 Panama Panama City
9 Panama Oeste La Chorrera
10 Veraguas Santiago de Veraguas

 

Daftar 3 Wilayah Pribumi beserta Ibukotanya

No. Nama Wilayah Pribumi Ibukota
1 Embera-Wounaan Union Choco
2 Guna Yala El Porvenir
3 Ngobe-Bugle Chichica

 

Sumber referensi : Data-data pada Profil Negara Panama ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*