_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/12/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-iran/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-iran/profil-negara-republik-islam-iran/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Profil Negara Papua Nugini (Papua New Guinea)

Profil Negara Papua Nugini (Papua New Guinea)

Profil Negara Papua Nugini (Papua New Guinea) – Papua Nugini adalah sebuah negara yang terletak di pulau Papua, tepatnya di bagian Timur pulau Papua. Negara yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Papua New Guinea (Papua Guinea Baru) ini berbatasan darat dengan provinsi Papua milik Indonesia disebelah baratnya. Sebelah utara dan timur Papua Nugini adalah Samudera Pasifik sedangkan disebelah selatannya adalah Laut Koral dan Laut Torres.

Secara astronomis, Papua Nugini berada diantara 1⁰LS – 12⁰LS dan 141⁰BT – 157⁰BT. Dalam pengelompokan geografis dan geopolitis, Papua Nugini yang merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di Dunia ini termasuk ke dalam kawasan Benua Australia dan Oseania.
Baca juga : Negara-negara di Benua Australia dan Oseania beserta Ibukotanya.

Luas wilayah negara Papua Nugini adalah sebesar 462.840 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 6.909.701 jiwa (estimasi bulan Juli 2017). Mayoritas penduduk Papua Nugini memeluk agama Kristen yang diantaranya 69,4% adalah Protestan dan 27% adalah Katolik Roma. Papua Nugini memiliki 839 bahasa penduduk asli namun bahasa yang diakui sebagai bahasa resmi adalah bahasa Tok Pisin, bahasa Inggris dan bahasa Hiri Motu. Sebagian besar penduduk Papua Nugini adalah etnis  Melanesia, Papua, Negrito, Micronesia dan Polynesia.

Papua Nugini adalah salah satu negara Persemakmuran Inggris (Commonwealth) yang menganut sistem pemerintahan Monarki Konstitusional Realm Commonwealth yaitu sistem pemerintahan yang mengakui Ratu Inggris Raya sebagai Kepala Negaranya. Ratu Inggris Raya (Britania Raya) diwakili oleh seorang Gubernur Jenderal Papua Nugini. Sedangkan Kepala Pemerintahannya adalah Perdana Menteri yang saat ini dijabat oleh Peter Paire O’NEILL sejak 2 August 2011. Ibukota Papua Nugini adalah Port Moresby.

Di bidang Perekonomian, Papua Nugini memiliki pendapatan domestik bruto berdasarkan paritas daya beli sebesar US$28,01 miliar dengan Pendapatan Perkapitanya sebesar US$3.500,-. Papua Nugini sebenarnya merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, namun eksploitasinya terhambat oleh bentuk geografis yang rumit, permasalahan kepemilikan lahan dan tingginya biaya pembangunan infrastruktur sehingga sektor-sektor pertambangan dan perminyakan tidak dikembangkan secara optimal. Sekitar 85% penduduk Papua mendapatkan penghasilannya dari sektor pertanian (agrikultur). Komoditas-komiditas pertanian yang penting bagi perekonomian Papua Nugini diantaranya seperti Kokoa, Kopi, Kopra, Gula, Teh, karet, buah-buahan, kentang, vanila, daging dan sayur-sayuran. Meskipun tidak dikembangkan secara optimal, Papua Nugini masih memiliki beberapa industri pertambangan seperti pertambangan emas, tembaga, perak dan juga pertambangan minyak.

Di hubungan luar negeri, Papua Nugini yang memiliki nama lengkap Negara Independen Papua Nugini (Independent State of Papua New Guinea) ini merupakan negara anggota PBB dan lembaga-lembaga lainnya yang berada dibawah PBB. Papua Nugini juga merupakan Negara anggota APEC, AOSIS (Alliance of Small Island States), ACP (African, Caribbean and Pacific Group of States) dan ADB (Asian Development Bank).

Profil Negara Papua Nugini (Papua New Guinea)

Berikut ini adalah profil negara Papua Nugini (Papua New Guinea).

  • Nama Lengkap : Negara Independen Papua Nugini (Independent State of Papua New Guinea)
  • Nama Lokal : Papuaniugini
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional (Commonwealth Realm)
  • Kepala Negara : Ratu ELIZABETH II (sejak 6 February 1952) yang diwakili oleh Gubernur Jenderal Sir Bob DADAE (sejak 28 February 2017)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Peter Paire O’NEILL (sejak 2 August 2011)
  • Ibukota : Port Moresby
  • Luas Wilayah : 462.840 km2
  • Jumlah Penduduk : 6.909.701 jiwa (estimasi di Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 1,7% (2017)
  • Angka Kelahiran : 23,7 bayi per 1000 penduduk
  • Suku Bangsa/Etnis : Melanesia, Papua, Negrito, Micronesia dan Polynesia
  • Bahasa Resmi : Bahasa Tok Pisin, Bahasa Inggris dan Bahasa Hiri Motu
  • Agama : Kristen 96,4% (Protestan 69,4%, Katolik Roma 27%), Baha’i 0,3% dan agama lainnya 3,3%
  • Mata Uang : Kina Papua Nugini (PGK)
  • Hari Nasional : 16 September 1975 (Hari Kemerdekaan)
  • Hari Kemerdekaan : 16 September 1975 (merdeka dari Australia)
  • Lagu Kebangsaan : “O Arise All You Sons”
  • Kode Domain Internet : .pg
  • Kode Telepon : 675
  • Pendapatan Per Kapita : US$3.500,-
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$28,01 miliar
  • Lokasi : Benua Australia dan Oseania

 

Pembagian Wilayah Administrasi di Papua Nugini

Secara Administratif, Papua Nugini terbagi atas 20 Provinsi, 1 wilayah otonomi dan 1 Kota distrik. Berikut ini adalah daftar 20 Provinsi, 1 wilayah otonomi dan 1 Kota distrik di Papua Nugini.

No.

Nama Divisi

Ibukota

1 Provinsi Central Port Moresby
2 Provinsi Chimbu (Simbu) Kundiawa
3 Provinsi Eastern Highlands Goroka
4 Provinsi East New Britain Kokopo
5 Provinsi East Sepik Wewak
6 Provinsi Enga Wabag
7 Provinsi Gulf Kerema
8 Provinsi Madang Madang
9 Provinsi Manus Lorengau
10 Provinsi Milne Bay Alotau
11 Provinsi Morobe Lae
12 Provinsi New Ireland Kavieng
13 Provinsi Northern (Oro Province) Popondetta
14 Provinsi Southern Highlands Mendi
15 Provinsi Western Province (Fly) Daru
16 Provinsi Western Highlands Mount Hagen
17 Provinsi West New Britain Kimbe
18 Provinsi West Sepik (Sandaun) Vanimo
19 Provinsi Hela Tari
20 Provinsi Jiwaka Banz
21 Kota Otonomi Bougainville Buka
22 Kota Distrik National Capital Port Moresby

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Papua Nugini ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*